Cara Menginstal Lingkungan Desktop KDE di Ubuntu

KDE adalah tim internasional yang bekerja sama dalam pengembangan perangkat lunak sumber terbuka untuk komputasi desktop. K Desktop Environment (KDE) didirikan pada tahun 1996 oleh Matthias Ettrich. Komunitas KDE memproduksi seperangkat aplikasi lintas platform terintegrasi yang dirancang untuk berjalan di Linux, FreeBSD, Solaris, OS X dan sistem Microsoft Windows.

Kubuntu hadir dengan lingkungan Desktop KDE yang telah dimuat sebelumnya, yang merupakan kombinasi dari Ubuntu + KDE Plasma Desktop.

KDE Editions

Anda mungkin ingin tahu tentang edisi KDE yang tersedia. Berikut adalah deskripsi singkat dari 3 edisi utama KDE yang tersedia untuk instalasi.

  • KDE full: Ini hadir dengan paket lengkap KDE dengan semua aplikasi default. Standar KDE: Versi ini hadir dengan beberapa aplikasi pilihan saja.
  • KDE Plasma: Ini adalah versi minimal KDE yang dilengkapi dengan aplikasi dasar seperti pengelola file, browser, dan editor teks, dll.

Tutorial ini akan membantu Anda untuk menginstal lingkungan desktop KDE Plasma yang ringan pada sistem Linux Ubuntu. sistem Ubuntu Anda dan jalankan perintah berikut untuk memperbarui cache Apt dan memperbarui semua paket yang saat ini diinstal.

sudo apt update && sudo upgrade

Instalasi KDE Desktop di Ubuntu

Anda dapat menginstal paket K Desktop Environment dari default repositories.

Sekarang Anda harus memilih salah satu dari tiga opsi yang tersedia untuk instalasi KDE.
KDE Plasma (Disarankan) – Gunakan perintah berikut untuk menginstal lingkungan Desktop KDE Plasma pada sistem Ubuntu.

sudo apt install kde-plasma-desktop

Anda juga dapat menginstal edisi standar KDE untuk mendapatkan lebih banyak fitur.

Sudo apt install kde-standard

Untuk menggunakan semua fitur KDE, instal Versi KDE lengkap. Ukurannya yang besar, akan memakan lebih banyak ruang disk dan waktu yang lebih lama untuk instalasi.

sudo apt install kde-full

Proses instalasi ini akan memakan waktu lebih lama, tergantung pada kecepatan internet. Sejumlah besar paket akan diinstal pada system andaBagaimana untuk Menginstal KDE Plasma di UbuntuMenginstal K DE Plasma di Ubuntu Linux

Selama instalasi, sistem akan meminta untuk memilih pengelola tampilan. KDE menggunakan sddm sebagai pengelola tampilan default. Gunakan tombol panah ATAS + BAWAH untuk memilih sdda dan tekan TAB untuk memilih OK dan tekan Enter.

Ganti Pengelola Tampilan

Dalam hal ini, Anda memilih opsi yang salah. Tidak perlu khawatir, biarkan instalasi selesai. Manajer tampilan default akan menampilkan layar login dari lingkungan desktop sebelumnya. Pada layar login, Anda dapat memilih, desktop mana yang harus dimuat setelah pengguna login.

Selanjutnya dalam artikel ini, kita akan membahas, bagaimana mengubah pengelola tampilan di sistem Ubuntu.

Sekarang reboot sistem Anda

sudo reboot

Setelah me-reboot sistem Anda, Anda akan melihat layar login KDE.

Cara Pasang Layar Login Plasma KDE

Setelah login ke sistem, Anda dapat menemukan versi desktop KDE Plasma di bawah pengaturan sistem.

Buka Pengaturan Sistem >> Pilih “Tentang sistem ini” di bawah Sistem Bagian administrasi di sidebar.
Cara Memasang KDE Desktop di Ubuntu

Selamat, Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas. Anda akan berhasil menginstal KDE Plasma Desktop pada sistem Ubuntu Anda.

Mengubah Manajer Tampilan di Ubuntu

Anda juga dapat mengatur manajer tampilan kapan saja dengan menjalankan perintah berikut:

sudo dpkg-reconfigure sddm

Pilih manajer tampilan Anda pilihan di pop-up dan tekan tombol Ok.

Referensi tecadmin.com