Cara Menginstal Linux di VirtualBox

Jika Anda ingin mencoba distribusi Linux, Anda mungkin ingin melakukannya di mesin virtual (VM) sebelum boot ganda atau menimpa sistem Anda sepenuhnya. Pilih distribusi dan jalankan di VM menggunakan VirtualBox.

Apa itu VirtualBox?

VirtualBox adalah program yang memungkinkan Anda menginstal dan menjalankan berbagai sistem operasi (OS) di dalam sistem operasi yang ada menggunakan konsep mesin virtual. Seperti namanya, VM adalah komputer virtual yang dapat menjalankan program dan sistem operasi. Anggap saja sebagai komputer di dalam komputer.

RELATEDGeek Pemula: Cara Membuat dan Menggunakan Mesin Virtual Sebelum kita mulai, perhatikan bahwa komputer Anda perlu memiliki sumber daya sistem yang cukup untuk menangani VM dan sistem operasi reguler Anda untuk membuat dan menjalankan virtual dengan lancar mesin. Jika tidak, Anda cenderung memiliki pengalaman yang lambat dan bermasalah. Inilah yang kami rekomendasikan sebagai spesifikasi minimum untuk menjalankan VM dengan lancar:

8GB RAM10GB penyimpanan yang tersedia untuk setiap prosesor VMA dengan setidaknya empat intiMenginstal VirtualBox di Windows, Linux, dan Mac

Menginstal VirtualBox sendiri di Windows, Linux, dan macOS cukup mudah. menginstal OS di VirtualBox akan membutuhkan sedikit waktu, tetapi jangan khawatir! Kami akan membahas setiap langkah. Saat kami menginstal dan mengatur VirtualBox.

Untuk menginstal VirtualBox di Windows, buka halaman unduhan VirtualBox resmi dan klik “Windows Hosts” untuk mengunduh penginstal untuk Windows.

Advertisement

Klik dua kali pada file penginstal untuk meluncurkannya dan ikuti langkah-langkahnya untuk menginstal VirtualBox di Windows. Anda tahu, cara khas Windows.

Untuk menginstal VirtualBox di Mac, Anda harus membuka halaman unduhan dan mengklik “host OS X.” Setelah file DMG terdownload, buka dan drag isinya ke dalam folder Applications.

Instal VirtualBox di berbagai distro Linux juga cukup mudah. Anda perlu membuka halaman Unduhan Linux dan mengunduh paket penginstal untuk distribusi Anda.

Ubuntu dan Debian menggunakan file DEB, sedangkan Fedora, OpenSUSE, RedHat Enterprise Linux, dan CentOS menggunakan file RPM. Unduh paket yang relevan dan klik dua kali untuk menginstal VirtualBox. Jika Anda buntu, pelajari cara menginstal file DEB dan file RPM di Linux.

TERKAIT:Debian vs. Ubuntu Linux: Distro Mana yang Harus Anda Pilih?

Menginstal Linux di VirtualBox

Langkah-langkah untuk menginstal Linux di VirtualBox hampir sama di Windows, Linux, dan macOS. Jika Anda belum melakukannya, pilih distro dan mulai unduh ISO agar siap pada saat kita mencapai langkah di mana kita memuatnya ke dalam VM.

TERKAIT:Distribusi Linux Terbaik untuk Pemulas

Luncurkan VirtualBox dari menu aplikasi.

Klik pada “New.”

Masukkan nama untuk Mesin Virtual Anda, pilih lokasi penyimpanannya, ubah jenisnya menjadi “Linux”, dan atur versi ke distro yang Anda gunakan. Jika distro Anda tidak terdaftar, pilih distro terdekat, atau yang menjadi basisnya. Misalnya, pilih Ubuntu untuk distro berbasis Ubuntu seperti Pop!_OS atau Linux Mint.

Saat Anda siap, klik “Berikutnya.”

Advertisement

Alokasikan RAM menggunakan penggeser atau masukkan nilai di kotak teks. Jika Anda menginstal Ubuntu atau distro berbasis Ubuntu, kami sarankan untuk memilih setidaknya 4GB RAM. Kemudian, klik “Selanjutnya.”

Periksa tombol radio “Buat Hard Disk Virtual” dan klik “Buat.”

Periksa opsi “VDI (VirtualBox Disk Image)” dan klik “Selanjutnya.”

Terakhir, centang “Dialokasikan Secara Dinamis ” jika Anda ingin menjaga konsumsi penyimpanan Anda serendah mungkin, lalu klik “Buat.”

TERKAIT: Cara Mengonversi Antara Disk Tetap dan Dinamis di VirtualBox

Gunakan penggeser atau kotak teks untuk mengalokasikan penyimpanan untuk VM. Jika tujuan Anda hanya untuk mencoba distro, 15GB sudah cukup.

Setelah selesai, Anda akan melihat VM Ubuntu di beranda VirtualBox. Klik pada VM dan klik “Mulai.”

Advertisement

Jendela VM akan muncul di samping popup “Pilih disk mulai”. Klik ikon “File” kecil untuk memilih ISO.

Klik ikon “Tambah” dan pilih file ISO distro dari lokasi unduhan. Jika Anda sudah memiliki USB Linux yang dapat di-boot, Anda juga dapat melakukan booting dari drive USB di VirtualBox.

Terakhir, klik “Pilih” dan mulai VM.

VM kemudian akan boot ke distro Linux yang Anda pilih. Anda mungkin akan disambut oleh layar penginstalan, di mana Anda biasanya memiliki opsi untuk mencobanya atau menginstalnya di VM. Setelah Anda menginstalnya, Anda tidak perlu mem-boot ISO lagi dan cukup meluncurkan VM dari konsol VirtualBox.

Menginstal Paket Ekstensi VirtualBox

Ingin fitur tambahan dan kontrol atas VM Anda? Menginstal Paket Ekstensi VirtualBox menambahkan dukungan untuk USB, webcam, dan lainnya. Berikut cara mengunduh dan menginstalnya di VirtualBox.

Unduh Paket Ekstensi VirtualBox dari halaman unduhan.

Buka VirtualBox dan klik “Tools,” lalu klik “Preferences.”

Buka tab “Ekstensi”.

” yang terletak di sudut paling kanan jendela.

Advertisement

Pilih Paket Ekstensi VirtualBox dari lokasi unduhan dan klik “buka.”

Akhirnya, klik “Instal.”

Sekarang mesin virtual Linux Anda aktif dan berjalan, berikut adalah beberapa tips dan trik VirtualBox yang perlu Anda ketahui.

TERKAIT:10 Trik VirtualBox dan Fitur Lanjutan yang Harus Anda Ketahui Tentang

Itulah berita seputar Cara Menginstal Linux di VirtualBox, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.