Cara Menginstal Odoo 16 di Ubuntu 22.04 (Jammy)

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Odoo ERP adalah perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) yang memungkinkan Anda mengelola semua aspek bisnis Anda, mulai dari akuntansi hingga penjualan. Ini memberi Anda kemampuan untuk merampingkan organisasi Anda dan meningkatkan efisiensi. Hasilnya, ini dapat membantu Anda menghemat waktu dan uang sekaligus meningkatkan keuntungan.

Keuntungan utama menggunakan Odoo ERP meliputi:
Ini memungkinkan tampilan lengkap operasi bisnis Anda, memungkinkan Anda mengidentifikasi masalah sejak dini dan mengambil tindakan dengan cepat. Mudah digunakan. Anda dapat mengatur akun ERP Odoo hanya dalam beberapa menit hanya dengan mengisi beberapa formulir. Dan setelah Anda siap, Anda dapat mulai bekerja dalam beberapa menit. Ini dapat diandalkan dan aman. Ini dirancang dengan mempertimbangkan keamanan sejak awal – dengan otentikasi dua faktor untuk pengguna dan beberapa langkah keamanan yang dibangun ke dalam aplikasi itu sendiri. Itu juga dilengkapi dengan sistem audit internal yang memungkinkan Anda melacak setiap transaksi yang terjadi dengan akun dan aset Anda.
Dalam posting blog ini, Anda akan belajar menginstal Odoo 16 di sistem Linux Ubuntu 22.04 Jammy Jellyfish.
Langkah 1 – Menginstal Paket yang Diperlukan

Ada beberapa langkah yang terlibat dalam instalasi. Selain itu, ada beberapa file yang perlu diinstal sebagai prasyarat.

Pertama, perbarui server Anda lalu tingkatkan. Jika meminta kata sandi, berikan:

sudo apt update && sudo apt upgrade 

Perintah akan meningkatkan pembaruan yang tersedia untuk paket yang diinstal. Kemudian instal semua paket yang diperlukan untuk pengaturan Odoo di sistem Ubuntu. Ini akan menginstal paket penting untuk build, Python, dan Node.js di system.

sudo apt install git wget nodejs npm python3 build-essential libzip-dev python3-dev libxslt1-dev python3-pip libldap2- Anda dev python3-wheel libsasl2-dev python3-venv python3-setuptools node-less libjpeg-dev xfonts-75dpi xfonts-base libpq-dev libffi-dev fontconfig 

Juga, instal modul node di bawah ini untuk mengaktifkan RTL support.

sudo npm install -g rtlcss 

Step 2 – Menginstal wkhtmltopdf

Sekarang, Anda juga perlu menginstal paket Debian wkhtmltox, yang menyediakan perintah biner wkhtmltoimage dan wkhtmltopdf yang berguna.

Unduh paket Debian dari Github:

wget //github.com/wkhtmltopdf/packaging/releases/download/0.12.6.1-2/wkhtmltox_0.12.6.1-2.jammy_amd64.deb 

Kemudian instal di sistem Anda.

sudo dpkg -i wkhtmltox_0.12.6.1-2.jammy_amd64.deb ]praLangkah 3 – Buat Akun Sistem Baru

Runn menggunakan layanan Odoo sebagai pengguna terpisah adalah praktik yang baik. Sekarang untuk pembuatan pengguna untuk Odoo yang dapat mengakses Odoo dan dapat membuat perubahan padanya.
sudo adduser --system --group --home=/opt/odoo --shell=/bin /bash odoo 

Ini akan membuat akun baru untuk digunakan untuk layanan Odoo.
Langkah 4 – Menginstal PostgreSQL

Seperti yang kita ketahui bahwa PostgreSQL diperlukan sebagai server database untuk Odoo. Jadi kita akan menginstalnya:

sudo apt install postgresql -y

Sekarang untuk pembuatan pengguna Odoo di PostgreSQL:

sudo su - postgres -c "createuser -s odoo" 

Ini akan menambahkan peran baru odoo di server PostgreSQL.
Langkah 5 – Menginstal Odoo 16 di Ubuntu

Kita dapat mengunduh Odoo dari repositori Github. Jadi kloning di sistem Anda. Pastikan untuk mengkloning cabang yang benar yang perlu Anda instal di sistem Anda. Saat kita menginstal Odoo 14, gunakan nama cabang “14.0”.

cd /opt/odoo git clone https://github.com/odoo/odoo.git --depth 1 --branch 16.0 --single-branch odoo-server 

Ubah kepemilikan file ke odoo user.

sudo chown -R odoo:odoo /opt/odoo/odoo-server 

Ini adalah praktik yang baik untuk membuat Python lingkungan virtual untuk mengisolasi aplikasi. Buat lingkungan virtual dengan perintah berikut:

cd /opt/odoo/odoo-server python3 -m venv venv source venv/bin/activate 

Setelah lingkungan virtual diaktifkan, Anda akan melihat prompt sistem sebagai "(venv) $". Sekarang instal dependensi Python untuk Odoo di bawah lingkungan virtual.

pip3 install wheel pip3 install -r requirements.txt

Setelah menyelesaikan instalasi, nonaktifkan lingkungan virtual dengan perintah berikut.

deactivate

Sekarang kita akan membuat direktori log dan juga mengubah pengaturan izinnya

sudo mkdir /var/log/odoo sudo chown odoo:odoo /var/log/odoo sudo chmod 777 /var/log /odoo ]praLangkah 6 – Buat File Konfigurasi Odoo

Selanjutnya, buat konfigurasi untuk server Odoo. Ini berguna untuk menyesuaikan aplikasi Odoo. Edit file konfigurasi /etc/odoo-server.conf di editor teks favorit Anda:
sudo nano /etc/odoo-server.conf 

Tambahkan konten di bawah ini ke file:

[options] admin_passwd = pass $123 db_user = odoo addons_path = /opt/odoo/odoo-server/addons logfile = /var/log/odoo/odoo-server.log log_level = debug123456[options]admin_passwd = pass$123db_user = odooaddons_path = /opt/odoo/odoo -server/addonslogfile = /var/log/odoo/odoo-server.loglog_level  = debug

Pastikan untuk mengubah nilai admin_passwd dengan sandi yang kuat. Simpan file Anda dan tutup.

Selanjutnya, ubah kepemilikan menjadi oddo user untuk file konfigurasi. Juga, ubah izin file

sudo chown odoo:odoo /etc/odoo-server.conf 

Step 7 – Buat File Unit Sistem Odoo

Buat file unit Systemd untuk manajemen layanan Oddo. Ini akan membantu Anda mengelola layanan Odoo dengan mudah. Juga memungkinkan kami untuk memulai Odoo pada boot sistem. Buat file baru odoo.service dan edit di editor teks:

sudo nano /etc/systemd/system/odoo.service 

Tambahkan konten berikut.
[Unit] Description=Odoo 16.0 Service Requires= postgresql.service After=network.target postgresql.service [Layanan] Type=simple SyslogIdentifier=odoo PermissionsStartOnly=true User=odoo Group=odoo ExecStart=/opt/odoo/odoo-server/venv/bin/python3 /opt/odoo/ odoo-server/odoo-bin -c /etc/odoo-server.conf StandardOutput=journal+console [Install] WantedBy=multi-user.target1234567891011213141516[Unit]Description=Odoo 16.0 ServiceRequires=postgresql.serviceAfter=network.target postgresql. service [Service]Type=simpleSyslogIdentifier=odooPermissionsStartOnly=trueUser=odooGroup=odooExecStart=/opt/odoo/odoo-server/venv/bin/python3 /opt/odoo/odoo-server/odoo-bin -c /etc/odoo-server .confStandardOutput=journal+console [Install]WantedBy=multi-user.target

Simpan file dan tutup.

Sekarang, muat ulang daemon systemd untuk memuat file.
yang baru dibuat

sudo systemctl daemon-reload

Mulai layanan Odoo, Juga aktifkan untuk memulai otomatis pada boot sistem:

sudo systemctl enable --now odoo.service ] pre
Verifikasi status layanan:
sudo systemctl status odoo.service 

Anda akan melihat bahwa layanan Odoo aktif dan berjalan:
Cara Memasang Odoo 16 di Ubuntu 22.04Status Layanan Odoo 16Langkah 8 – Akses Aplikasi Odoo

Odoo default berjalan pada port 8069. Buka a browser web di sistem Anda dan sambungkan ke server Odoo pada port 8069.

http://server-ip-host:8069 

Anda akan menemukan halaman pembuatan database Odoo untuk pertama kalinya. Gunakan kata sandi utama yang dikonfigurasi pada file odoo-server.conf. Tetapkan nama database pilihan Anda. Kemudian atur nama pengguna dan kata sandi, yang akan digunakan untuk login di masa mendatang ke dasbor Odoo. Pilih kotak centang Data demo untuk mengimpornya. Terakhir, klik tombol “Buat Database” untuk menyelesaikan instalasi.
Cara Memasang Odoo di Ubuntu 22.04Odoo 16 Buat atau Pulihkan Database
Setelah berhasil membuat database Odoo, Anda akan diarahkan ke halaman masuk. Gunakan kredensial login yang dibuat di layar sebelumnya:
 Cara Menginstal Odoo 16 di Ubuntu 22.04Halaman Login Odoo Setelah login berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi, di mana Anda dapat menginstal aplikasi pilihan Anda.
Cara Insta ll Odoo 16 di UbuntuHalaman Instalasi Aplikasi OdooKesimpulan:

Setiap orang menginginkan kemudahan dalam hidup, jadi Odoo memenuhinya dengan menyediakan semua departemen yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis di satu tempat. Sekarang Anda tidak perlu merekrut banyak karyawan untuk menangani perusahaan Anda, semua kebutuhan dipenuhi oleh Odoo. Pada artikel ini, kami belajar cara menginstal server ERP Odoo 16 di Ubuntu 22.04 Jammy Jellyfish Linux system.

Referensi tecadmin.com