Cara Mengirim File Word, Excel, atau PowerPoint sebagai PDF

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda ingin mengirim salinan file Microsoft Office Anda sebagai PDF, jangan buang waktu dengan proses ekspor. Anda dapat mengirimkannya melalui email langsung sebagai lampiran langsung dari Word, Excel, atau PowerPoint.

Sampai saat ini, Anda mungkin meluangkan waktu untuk menyimpan atau mengonversi file ke PDF, membuka program email, menulis pesan, dan melampirkan file yang dikonversi. Tetapi Anda tidak perlu melakukan beberapa langkah tambahan ini. Anda dapat mengirim file sebagai PDF langsung dari aplikasi.

Mengirim File Office sebagai PDF di Windows

Ketika Anda mengirim file dari Word, Excel, atau PowerPoint sebagai PDF, Anda akan melihat dua jendela yang sedikit berbeda tergantung pada apakah Anda telah menyimpan file Anda ke OneDrive atau tidak.

Mulai dengan memilih tombol Bagikan di kanan atas jendela aplikasi.

Jika Anda telah menyimpan file ke OneDrive, Anda akan melihat jendela di bawah. Pilih “Kirim Salinan” di bagian bawah jendela dan pilih “PDF” di kotak pop-up kecil.

Jika Anda hanya menyimpan file Anda secara lokal, Anda akan melihat jendela di bawah sebagai gantinya. Pilih “PDF” di bagian bawah di bawah Lampirkan Salinan Sebagai gantinya. Anda tidak perlu menyimpan file ke OneDrive terlebih dahulu.

Dengan salah satu opsi, Anda akan melihat jendela penulisan email terbuka dengan file PDF yang sudah dilampirkan. Secara default, nama file menjadi baris subjek email Anda, tetapi Anda dapat mengubahnya jika mau. Anda kemudian dapat menambahkan penerima, mengetik pesan, dan mengirimkannya dalam perjalanan.

Mengirim File Office sebagai PDF di Mac

Seperti di Windows, saat Anda mengirim file Office sebagai PDF di Mac, Anda akan melihat dua opsi yang sedikit berbeda .

Pilih tombol Bagikan di kanan atas jendela aplikasi.

Jika Anda telah menyimpan file ke OneDrive, pilih “Kirim Salinan” untuk menampilkan menu pop-out. Klik menu tarik-turun di sebelah Kirim Sebagai dan pilih “PDF.” Pilih “Email sebagai Lampiran.”

Jika Anda hanya menyimpan file secara lokal, Anda akan melihat jendela pop-up yang berbeda. Pilih “Kirim Salinan” di bagian bawah jendela itu.

Klik menu tarik-turun di sebelah Kirim Sebagai dan pilih “PDF.” Pilih “Email sebagai Lampiran.”

Jendela penulisan email kemudian terbuka dengan file PDF terlampir. Tidak seperti Windows, nama file bukan baris subjek secara default. Kolom ini tetap kosong untuk Anda isi sendiri. Lengkapi pesan Anda dan kirimkan saat Anda siap.

Secara opsional, Anda dapat memilih tombol Bagikan untuk salah satu opsi di atas guna mengirim PDF menggunakan menu Bagikan di Mac, bukan email.

Bila Anda ingin mengirim file Office sebagai PDF , tidak perlu langkah ekstra untuk mewujudkannya. Kirim langsung dari Word, Excel, atau PowerPoint di Windows atau Mac.

Itulah berita seputar Cara Mengirim File Word, Excel, atau PowerPoint sebagai PDF, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.