Cara Mengirim Video di Facebook Messenger

Facebook Messenger memiliki hampir satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia, menjadikannya salah satu aplikasi perpesanan paling populer. Ini serbaguna dan mudah digunakan, karena memungkinkan Anda mengirim teks, emoji, GIF, pesan suara, dan video.

Namun, jika Anda tidak memiliki banyak pengalaman dengan Messenger dan belum pernah mengirim video sebelumnya, Anda mungkin tidak tahu bagaimana itu bekerja. Ini adalah proses yang sangat mudah yang akan kami jelaskan secara rinci.

Selanjutnya, kami akan berbicara tentang cara mengirim video Messenger ke WhatsApp atau di aplikasi perpesanan default perangkat Anda. Terakhir, artikel ini akan menunjukkan cara menemukan solusi untuk ukuran video Facebook Messenger 25MB cap.

Cara Mengirim Video di Messenger

Anda dapat menggunakan Messenger di komputer, melalui browser, atau di perangkat seluler Anda. Jika Anda sedang berbicara dengan salah satu kontak Facebook Anda dan ingin berbagi video yang menyenangkan atau informatif, inilah yang perlu Anda lakukan.

Mengirim video di Messenger di komputer Anda:
Buka Facebook dan luncurkan Messenger.Pilih percakapan yang Anda inginkan kirim video.Ketika jendela obrolan terbuka, klik ikon “Pengaturan” di sudut kanan atas dan buka klien desktop Messenger.Klik ikon foto di sisi kiri kotak obrolan.Pilih video dari komputer Anda.Klik send icon.
Mengirim video di Messenger di perangkat seluler Anda:
Luncurkan aplikasi Messenger di perangkat iOS atau Android Anda.Ketuk kontak atau percakapan yang ada di Messenger.Jika Anda sudah memiliki video di perangkat seluler, ketuk ikon foto di sebelah kotak obrolan.Pilih video dari galeri Anda.Jika Anda ingin merekam video terlebih dahulu, pilih ikon kamera.Tekan dan tahan tombol rana dan rekam video.Ketuk “Kirim.”
Itu saja – video Anda sedang dalam proses .

Catatan: Dukungan Messenger s mengirim file media berukuran hingga 25MB.

Cara Mengirim Video di Messenger ke Teks

Terkadang Anda menerima video dari kontak di Messenger, tetapi Anda ingin membaginya dengan seseorang yang tidak memiliki Facebook.

Mungkin metode komunikasi pilihan mereka adalah aplikasi perpesanan asli di ponsel Anda. Namun masalahnya adalah aplikasi Messenger tidak mendukung penerusan video ke aplikasi lain secara langsung.

Yang perlu Anda lakukan, sebaliknya, adalah mengunduh video dari Messenger terlebih dahulu dan mengirimkannya ke aplikasi pesan teks.

Berikut cara mengunduh video dari aplikasi Messenger:
Luncurkan Messenger di perangkat seluler Anda.Buka percakapan tunggal atau grup dan cari video yang ingin Anda bagikan.Ketuk video dan pilih tiga titik di sudut kiri bawah layar.Ketuk tombol unduh di pojok kanan bawah untuk menyimpan video.
Video yang dipilih akan otomatis disimpan ke galeri.

Mengirim Video ke Teks Menggunakan iPhone

Jika Anda pengguna iPhone, Anda mungkin sudah tahu cara mengirim media dari ponsel ke teks, tapi mari kita lihat seperti apa saat mengirim video:
Buka galeri Anda dan buka video yang ingin Anda bagikan. Ketuk ikon bagikan. Anda akan melihat daftar aplikasi tempat Anda dapat mengirim video. Pilih aplikasi “Pesan” dan pilih percakapan yang menjadi tujuan pengiriman video.
Jika Anda mengirim ke pengguna iPhone lain dan terhubung ke internet, video akan dikirim melalui layanan iMessage, dan tidak akan dikenakan biaya tambahan. Tetapi jika Anda mengirim ke pengguna Android atau tidak terhubung ke internet, video akan dikonversi menjadi Pesan Multimedia (MMS), dan mungkin dikenakan biaya.

Mengirim Video ke Teks Menggunakan Ponsel Android

Aplikasi perpesanan bawaan pada Android mungkin berbeda tergantung pada produsennya. Namun, prosesnya kira-kira sama, apa pun merek ponsel yang Anda gunakan.

Jadi, berbagi video yang telah Anda unduh dari aplikasi Messenger ke ponsel Anda dengan kontak mungkin terlihat seperti ini:
Buka galeri ponsel atau foto di ponsel Android Anda. Pilih video Messenger yang diunduh. Ketuk ikon bagikan dan pilih aplikasi SMS default dari daftar.
Aplikasi perpesanan Android akan mengonversi video ke MMS, yang juga berarti video akan dikompres secara otomatis. Akibatnya, kualitas video akan menurun. Beberapa aplikasi pesan Android akan menyarankan pemangkasan video untuk menghindari kehilangan kualitas.

Cara Mengirim Video di Messenger ke WhatsApp

Facebook Messenger dan WhatsApp keduanya merupakan anak perusahaan Meta. Terlepas dari itu, Anda masih tidak dapat mengirim video dari Messenger langsung ke WhatsApp.

Meskipun itu mungkin berubah di masa mendatang, untuk saat ini, Anda harus terlebih dahulu mengunduh video ke perangkat seluler Anda dan membagikannya dengan WhatsApp.

Ini mungkin tampak rumit proses, tetapi pada kenyataannya, pengguna dapat mengunduh video dan meneruskannya ke WhatsApp dalam waktu kurang dari satu menit, terutama jika perangkat dan koneksi internet mereka cepat.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengunduh video dari aplikasi Messenger ke ponsel Anda:
Buka Messenger di perangkat iOS atau Android Anda.Ketuk percakapan tunggal atau grup dan temukan video yang ingin Anda bagikan.Buka video.Ketuk tombol unduh di pojok kanan bawah untuk menyimpan video.
Setelah video disimpan ke perangkat Anda, Anda dapat membagikannya dengan kontak WhatsApp. Prosesnya sangat mudah. Inilah yang Anda lakukan:
Buka video di galeri ponsel Anda.Ketuk ikon bagikan setelah memilih video.Temukan WhatsApp dari daftar aplikasi.Pilih kontak WhatsApp untuk berbagi video.Ketuk ikon kirim.
Perlu diingat bahwa Anda dapat memangkas dan mengedit video atau menambahkan keterangan di WhatsApp sebelum mengirimnya.

Cara Mengirim Video di Messenger Melebihi 25MB

Mengirim video melalui Messenger bisa menyenangkan dan praktis tetapi hanya memiliki 25MB untuk bekerja mungkin tampak agak membatasi. Saat merekam video langsung dari aplikasi Messenger, Anda mendapatkan 15 detik yang sesuai dengan 25MB tersebut.

Tapi mungkin Anda ingin mengirim apa yang telah Anda buat sebelumnya dengan ponsel Anda atau yang telah diunduh dari lokasi lain, dan itu jauh di atas batas 25MB . Jika Anda mencoba mengirimnya melalui Messenger, Anda hanya akan mendapatkan pesan kesalahan.

Oleh karena itu, Anda harus menemukan solusi solusinya. Ini mungkin tidak ideal, tetapi jika Anda ingin mengirim video ke kontak di Messenger dan bukan aplikasi perpesanan lain, Anda harus mengompres video. Untungnya, ada banyak aplikasi kompresi video luar biasa yang tersedia secara gratis.

Jika Anda perlu mengompresi video menggunakan komputer, Media.io adalah solusi yang bagus. Anda dapat mempertimbangkan aplikasi Kompres Video jika Anda adalah pengguna Android atau iPhone.

Tetapi opsi lain tidak perlu menggunakan alat pengeditan video pihak ketiga. Anda dapat mengunggah video langsung ke Facebook dan membagikan tautan ke video tersebut dengan kontak di aplikasi Messenger.

Berikut cara membagikan tautan video Facebook kepada siapa pun di daftar teman Messenger Anda dari komputer:
Di bawah video yang diunggah, pilih bagikan ikon di sudut kanan bawah.Dari menu, pilih “Kirim di Messenger.”Pilih kontak di Messenger.
Prosesnya sangat mirip saat menggunakan aplikasi seluler Messenger:
Temukan video yang diunggah dan ketuk ikon bagikan.Pilih ” Kirim di Messenger.”Pilih percakapan atau kontak Messenger.
Orang yang Anda kirimi video akan menerima tautan ke kiriman di feed Facebook Anda.

Memiliki Semua Solusi untuk Mengirim Video di Facebook Messenger

Mengirim video di Messenger tidak memerlukan terlalu banyak usaha, terutama jika Anda merekam langsung dari aplikasi. Tetapi jika Anda mengirim video dari ponsel Anda, itu menjadi sedikit lebih rumit karena batas ukuran file media.

Anda mungkin perlu menggunakan alat pengeditan video pihak ketiga atau mengunggah video ke umpan Facebook Anda terlebih dahulu sebelum berbagi. Jika Anda ingin meneruskan video dari Messenger ke WhatsApp atau aplikasi pesan teks di ponsel Anda, Anda harus menyimpannya ke perangkat Anda terlebih dahulu.

Bagaimanapun, setelah Anda menguasainya, tindakan ini akan cepat dan otomatis.

Seberapa sering Anda berbagi video di Facebook Messenger? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.