Cara Mengisi Daya Ponsel Android Anda Secepat Mungkin

Bahkan ponsel Android dengan daya tahan baterai terbaik hampir tidak dapat mengisi daya selama dua hari. Saat ponsel Anda mati, Anda tidak ingin menunggu selamanya untuk mengisi ulang. Berikut cara mengisi daya ponsel Anda secepat mungkin.

Matikan Ponsel Anda

Satu trik sederhana yang mungkin belum pernah Anda pikirkan adalah dengan mematikan ponsel saat sedang diisi dayanya. Dengan mengurangi jumlah tugas yang dilakukan ponsel Anda secara bersamaan, Anda akan memungkinkan pengisian daya berlangsung lebih cepat.

Menarik kereta penuh batu bata ke atas bukit akan sangat memperlambat Anda. Semakin banyak batu bata yang Anda keluarkan, semakin cepat Anda bisa bergerak. Logika yang sama berlaku di sini. Hilangkan sebagian beban kerja ponsel Anda dan ponsel tidak perlu terlalu banyak beban untuk mengisi daya dengan cepat.

Dengan kata lain: Saat Anda mematikan ponsel saat sedang diisi daya, semua daya dapat langsung digunakan untuk mengisi daya daripada digunakan untuk daya telepon dan isi daya pada saat yang sama.

Colokkan ke Stopkontak

Untuk memastikan bahwa Anda memiliki arus yang paling mungkin melalui kabel pengisi daya, Anda harus menggunakan stopkontak. Menggunakan port USB pada laptop atau komputer desktop dapat mengisi daya ponsel Anda, tetapi sering kali melakukannya jauh lebih lambat.

Bahkan, jika Anda menggunakan port USB di komputer, Anda bahkan mungkin melihat pemberitahuan yang mengatakan “Perangkat Mengisi Perlahan. ” Jika Anda ingin memaksimalkan potensi keluaran daya dari kabel pengisi daya, stopkontak selalu akan menjadi pilihan yang lebih cepat.

Jangan Gunakan Pengisian Daya Nirkabel

Pengisi daya nirkabel sangat nyaman, dan bagus untuk pengisian daya semalaman, tetapi mereka tidak menawarkan kecepatan tercepat. Hal ini karena mereka jauh kurang efisien dibandingkan pengisi daya yang diisi dengan kabel.

Yang membuat pengisian daya nirkabel lebih lambat adalah energi yang hilang karena panas. Ini diperburuk ketika gulungan di ponsel Anda tidak sejajar dengan gulungan di pengisi daya nirkabel. Tidak hanya metode ini lebih lambat, tetapi juga menggunakan lebih banyak listrik juga.

Itu mungkin tidak masalah bagi Anda ketika ponsel Anda duduk di nakas selama delapan jam, tetapi itu tidak bagus untuk jus cepat di tengah hari. Pilih kabel sebagai gantinya. Ada pengisi daya nirkabel yang lebih cepat di luar sana, tetapi menemukan pengisi daya yang mendukung perangkat Anda adalah cerita lain.

Gunakan Kabel Pengisian Cepat yang Didukung

Samsung Adaptive Fast Charging

Adaptive Fast Charging adalah standar pengisian cepat Samsung berdasarkan Qualcomm Quick Charge. Itu berarti kabel Quick Charge akan bekerja dengan perangkat yang mendukung Adaptive Fast Charging dan sebaliknya.

Seperti halnya Quick Charge, ada beberapa iterasi Adaptive Fast Charging. Samsung biasanya menyertakan kabel yang mendukung Pengisian Cepat di dalam kotak dengan ponsel, tetapi Anda harus membelinya secara terpisah untuk beberapa kabel yang lebih baru dan lebih cepat.

OnePlus Dash Charge

Dash Charge adalah standar eksklusif lainnya yang juga dikenal sebagai Oppo VOOC atau Dart Charge. Yang penting untuk diketahui tentang standar ini adalah bahwa mereka tidak dapat dioperasikan dengan Qualcomm Quick Charge.

Seperti dengan standar lainnya, ada beberapa versi Dash Charge. Untuk memaksimalkan kemampuan pengisian daya perangkat, Anda dapat menggunakan kabel yang disertakan atau mencari versi yang Anda miliki.

Pengiriman Daya USB

Pengiriman Daya USB (USB-PD) adalah standar pengisian cepat yang dapat ditemukan di keduanya smartphone dan laptop. Ini tidak sepopuler Qualcomm Quick Charge, tetapi ada beberapa kelebihannya.

Pertama, USB-PD hanya berfungsi dengan kabel USB Type-C. Artinya, dimungkinkan untuk mendapatkan kabel yang dapat mengisi daya dengan cepat baik laptop maupun smartphone Android Anda. Ponsel cerdas Google Pixel menggunakan standar USB-PD, dan perangkat Samsung Galaxy juga mendukungnya.

Cara Memeriksa Standar Pengisian Cepat Mana yang Digunakan

OK, jadi itu banyak pembicaraan tentang standar pengisian cepat, dan sebenarnya ada cukup banyak beberapa detail lainnya. Tapi apa arti semua ini bagi Anda? Bagaimana Anda dapat menemukan standar yang didukung perangkat Anda dan kabel pengisi daya yang harus Anda gunakan?

Berikut kabar baiknya: Anda tidak perlu khawatir memilih standar yang salah, setidaknya dalam hal merusak ponsel Anda. Memasukkan kabel dengan standar yang tidak kompatibel tidak akan meledakkan ponsel Anda. Perangkat ini memiliki tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa mereka mengisi daya dengan aman.

Karena itu, Anda memerlukan kabel yang benar jika Anda ingin mengisi daya perangkat Android Anda secepat mungkin. Aturan praktis yang baik adalah cukup menggunakan kabel yang disertakan dengan perangkat Anda. Jika Anda melihat pesan di layar kunci atau pemberitahuan yang mengatakan “Pengisian Cepat”, Anda sudah siap.

Beberapa perangkat Android yang lebih baru, termasuk beberapa dari Samsung, tidak dikirim dengan pengisi daya cepat di dalam kotak. Dalam situasi ini, Anda akan ingin langsung ke sumbernya untuk menemukan kabel dan pengisi daya yang kompatibel.

Misalnya, jika Anda memiliki ponsel Samsung, Anda dapat pergi ke toko online perusahaan dan memilih perangkat Anda dari menu. Kemudian, Anda dapat dengan mudah menemukan Pengisi Daya Cepat Adaptif yang tepat untuk digunakan pada ponsel Anda.

Hal yang sama berlaku untuk perangkat Android apa pun. Buka situs web produsen dan temukan aksesori yang secara khusus terdaftar sebagai kompatibel dengan ponsel Anda.

Jika Anda berbelanja di Amazon, Anda harus lebih berhati-hati. Katakanlah Anda ingin menemukan opsi yang lebih murah untuk “Pengisi Daya Dinding Pengisian Super Cepat” 45W Samsung. Ini pengisi daya dari Anker yang juga 45W dan yang secara khusus mengatakan “kompatibilitas dengan Samsung Super Fast Charging.” Itulah yang ingin Anda lihat.

Moral dari cerita di sini adalah melakukan riset sederhana sebelum keluar dan membeli pengisi daya. Anda mungkin sudah memiliki apa yang Anda butuhkan, dan jika belum, pastikan untuk merujuk ke situs web produsen sebelum melakukan pembelian.

Itulah berita seputar Cara Mengisi Daya Ponsel Android Anda Secepat Mungkin, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.