Cara Mengontrol Kecepatan Kipas di PC Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
Windows 10Windows 11Perangkat Hilang?
Apakah PC Anda bekerja lebih lambat dari biasanya? Ini mungkin tandanya terlalu panas. Ini adalah masalah umum yang akan membuat Anda kurang produktif saat mencoba mencari solusi.

Kecuali Anda memperbaiki masalah panas, komputer Anda akan mulai mati secara tidak terduga, dan komponennya bahkan dapat rusak secara permanen. Selain itu, kipas Anda dapat menjadi berisik seiring waktu, merusak pengalaman pengguna Windows Anda. Namun, mengetahui cara mengontrol kipas dengan benar akan membantu Anda mengatasi masalah ini.

Artikel ini akan membahas cara Anda dapat mengontrol kecepatan kipas pada PC Windows 10 dan Windows 11 sehingga Anda dapat menjaga perangkat tetap aktif dan berjalan.

Cara Mengontrol Kecepatan Kipas di PC Windows 10

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol kecepatan kipas di PC Windows 10. Tetapi penting juga bagi Anda untuk mempelajari lebih banyak informasi tentang kipas Anda.

Cara Mengidentifikasi Jenis Kipas

Sebelum Anda mulai menyesuaikan kontrol kipas, Anda harus memahami jenis kipas yang ada di dalam PC Anda. Berikut cara melakukannya:
Matikan komputer dan cabut kabel daya. Lepaskan panel sisi kiri. Temukan pendingin CPU. Biasanya, itu ada di bagian atas motherboard. Periksa kipas pendingin dan temukan kabel yang terhubung dengannya. Periksa apakah kabel menggunakan konektor PMW 3-pin DC atau 4-pin.
Jika Anda tidak terbiasa dengan kabel komputer, Anda ‘masih dapat menentukan apakah Anda memiliki konektor DC atau PMW. Konektor DC memiliki 3 titik yang masuk ke perangkat keras, sedangkan konektor PMW memiliki kabel keempat tambahan untuk mengirim sinyal ke PC.

Kedua konektor ini dapat dikontrol melalui motherboard, perangkat lunak, atau perangkat keras. Jika Anda menemukan salah satu dari dua yang terpasang pada kipas Anda, Anda dapat menyesuaikan kecepatan kipas Anda.

Cara Mengontrol Kecepatan Kipas Dengan BIOS

Cara tercepat untuk mengontrol kecepatan kipas Anda adalah melalui Basic Input/Output System (BIOS). Karena terpasang di motherboard, Anda tidak dapat mengaksesnya langsung dari Windows.

Untuk masuk ke BIOS, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik ikon roda gigi di menu Mulai untuk membuka Pengaturan PC Anda. Ketuk “Perbarui & Keamanan.” Dari menu di sebelah kiri, pilih “Pemulihan.” Buka “Startup Lanjutan,” lalu pilih “Mulai Ulang Sekarang.” PC Anda akan reboot, dan Anda akan melihat menu baru. Temukan “Troubleshoot” di menu pop-up dan klik “Advanced options.” Pilih “UEFI Firmware Settings.” Jika opsi ini tidak tersedia, lanjutkan dengan “Pengaturan Startup.” Saat PC Anda restart, tekan tombol F1 atau F2 untuk masuk ke BIOS. Tekan “Restart.”
Komputer Anda akan restart lagi dan membawa Anda langsung ke BIOS.

Meskipun setiap BIOS berbeda, langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengontrol kipas Anda umumnya sama.

Berikut petunjuknya:
Cari bagian “Pemantauan Perangkat Keras”. Terkadang muncul “Status Kesehatan PC”.Masuk ke tab “Kipas CPU”.
Setelah Anda berada di pengaturan kipas, Anda akan dapat menyesuaikan elemen berikut:
Memilih jenis kipas (DC atau PMW)Memilih kipas mode. Opsi yang paling umum adalah “Kecepatan penuh,” “Kinerja,” dan “Senyap.” Memilih titik ambang suhu
Jika Anda ingin PC Anda berjalan dengan lancar, CPU tidak boleh melebihi 70 derajat.

Cara Mengontrol Kecepatan Kipas Dengan Speedfan

Cara lain yang bermanfaat untuk mengubah kecepatan kipas Anda adalah dengan menggunakan Speedfan. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol lebih besar atas pengaturan CPU. Untuk menggunakan alat:
Unduh dan instal Speedfan. Anda akan memiliki dua opsi: Jika Anda ingin mengizinkan Speedfan untuk mengontrol pengaturan Anda, pilih “Kecepatan kipas otomatis.” Saat Anda ingin membuat perubahan secara manual, pilih “Konfigurasi.” Kemudian, ketuk “Lanjutan.” Buka menu tarik-turun hingga Anda menemukan jenis CPU Anda. Pilih jenis kipas Anda berdasarkan konektornya (DC atau PMW). Pilih “Manual.” Klik “OK” dan kembali ke beranda Speedfan .
Anda sekarang dapat mengontrol kecepatan kipas dengan menekan ikon panah di beranda aplikasi. Untuk membantu Anda menyesuaikan kecepatan, Anda juga akan melihat pelacak RPM yang menunjukkan kapan kipas bekerja lebih lambat atau lebih cepat. Jika tidak terlalu berisik dan berfungsi dengan baik, maka Anda telah menemukan kecepatan kipas yang optimal.

Cara Mengontrol Kecepatan Kipas di PC Windows 11

Menggunakan versi baru sistem operasi dapat menjadi pembelajaran yang sulit. Namun, itu tidak selalu harus rumit. Jika Anda telah menginstal Windows 11 di PC Anda, ada tiga cara untuk mengontrol kipas Anda. Anda dapat menggunakan perangkat lunak pabrikan PC, BIOS, atau aplikasi pihak ketiga.

Cara Mengontrol Kecepatan Kipas di PC Dengan Perangkat Lunak Pabrikan PC

Produsen komputer Anda membuat perangkat lunak yang sepenuhnya kompatibel dengan perangkat Anda. Ini adalah hal yang sederhana untuk dinavigasi dan bekerja dengan cepat. Untuk mempelajari perangkat lunak mana yang paling cocok untuk PC Anda, lakukan ini:
Identifikasi model komputer Anda dan pabrikannya. Lihat model dan pabrikan motherboard jika Anda memiliki PC khusus. Biasanya ada label dengan informasi ini di bagian belakang PC. Buka situs dukungan pelanggan pabrikan dan pilih model Anda. Masuk ke tab Unduhan, lalu buka tab Utilitas Sistem. Unduh paket utilitas. Instal dan luncurkan paket. Pilih pengaturan kecepatan kipas.
Pengaturan kipas sering menggunakan sistem persentase, dengan 100 sebagai maksimum dan 0 sebagai minimum. Semakin tinggi setpoint Anda, semakin dingin PC Anda. Setpoint yang lebih rendah memicu kipas untuk menghentikan pendinginan dan mengurangi kebisingan.

Cara Mengontrol Kecepatan Kipas di PC Dengan BIOS

Masuk ke BIOS pada Windows 11 relatif mudah dan menyesuaikan kontrol kipas dengan cara itu.
Matikan PC.Nyalakan PC lagi dan cepat tekan tombol pintas BIOS. Ini bisa berupa tombol F1, F12, atau “Hapus”, tergantung pada PC Anda. Temukan bagian pengaturan kipas di menu pop-up. Biasanya di bawah “Kesehatan PC,” “Lanjutan,” atau “Overclocking.”
BIOS juga menggunakan sistem persentase untuk pengaturan kecepatan kipas. Sekali lagi, 100 adalah setpoint tertinggi, sedangkan 0 adalah yang terendah. Setelah Anda membuat perubahan, klik “Simpan”. Kemudian, tekan “Keluar” untuk keluar dari BIOS.

Cara Mengontrol Kecepatan Kipas di PC Dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Banyak aplikasi pihak ketiga yang berbeda akan membantu Anda mengontrol kipas. SpeedFan dan Argus Monitor adalah salah satu yang paling populer. Semuanya beroperasi dengan prinsip yang sama, jadi Anda harus mengikuti instruksi yang sama terlepas dari pilihan aplikasi Anda.

Berikut cara menggunakan Argus Monitor:
Unduh dan instal aplikasi.Luncurkan Argus Monitor.Pilih “Kontrol Kipas” di bagian atas dari sistem program.
Argus Monitor menandai kecepatan tertinggi kipas sebagai 100 dan terendah sebagai 0. Ubah pengaturan sesuai keinginan, lalu simpan perubahan Anda.

Penting untuk dicatat bahwa setpoint kecepatan Anda tidak boleh disetel ke 0, karena kebanyakan pendingin tidak ‘t dirancang untuk menutup secara permanen. Menyetel kipas ke nol dapat menyebabkannya menjadi terlalu panas.

Kendalikan Kipas Anda

Mengetahui cara menyesuaikan kecepatan kipas sangatlah penting. Ini memungkinkan Anda menemukan kisaran suhu terbaik untuk PC Anda dan memastikan daya tahannya. Selain itu, ini akan membantu Anda menciptakan lingkungan yang tidak terlalu bising, sehingga Anda akan meningkatkan konsentrasi dan menjadi lebih produktif.

Terlepas dari apakah Anda menggunakan Windows 10 atau Windows 11 di komputer Anda, artikel ini diharapkan menunjukkan kepada Anda cara mengendalikan dari pengaturan kipas Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengatur kecepatan yang tepat untuk Anda dan PC Anda.

Apakah kebisingan kipas mengganggu alur kerja Anda? Apa pengaturan suhu pilihan Anda? Beri tahu kami di bagian komentar.