Cara Mengontrol Lampu dengan Android atau iPhone

Tautan Perangkats
AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Pencahayaan rumah pintar sering kali merupakan langkah pertama yang dilakukan pemilik rumah dalam perjalanan untuk mengotomatisasi rumah mereka. Saat ini, Anda tidak perlu bangun untuk menyalakan atau mematikan lampu. Bahkan, Anda bahkan tidak harus berada di rumah untuk melakukannya. Berkat ponsel Anda, Anda dapat mengontrol pencahayaan bahkan saat Anda berada bermil-mil jauhnya.

Jika Anda tertarik mempelajari cara mengontrol lampu dengan ponsel, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan apa yang Anda perlukan untuk memulai.

Cara Mengontrol Lampu dengan Ponsel Android

Jika Anda memiliki ponsel Android, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda dapat menggunakannya untuk mengontrol pencahayaan di rumah Anda. Namun, Anda memerlukan perangkat lunak khusus yang memungkinkan Anda melakukan ini.

Memulai

Berikut adalah faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan:
Technology
Komponen terpenting dari sistem pencahayaan rumah pintar adalah teknologinya. Berikut adalah yang paling populer:
Wi-Fi smart lighting systems – Lampu pintar tersebut menggunakan router Wi-Fi Anda untuk beroperasi, yang berarti Anda dapat mengontrolnya dari jarak jauh. Namun, perlu diingat bahwa jika internet Anda mati, Anda tidak akan dapat mengontrol lampu. Sistem pencahayaan berbasis Bluetooth – Lampu pintar ini beroperasi secara lokal dan menggunakan smartphone yang mendukung BLE. Lampu rumah pintar Bluetooth juga dapat dikontrol dari jarak jauh, tetapi hanya jika Anda memiliki hub Bluetooth yang menghubungkan lampu ke internet. Sistem pencahayaan yang menggunakan ZigBee atau Z-Wave – Lampu ZigBee atau Z-Wave menggunakan jaringan nirkabel lokal untuk mengoperasikan dan biasanya membutuhkan hub yang terhubung ke router Anda. Sebagian besar lampu tersebut dilengkapi dengan hub versinya sendiri. Aplikasi Ponsel Jika Anda ingin mengontrol lampu dari jarak jauh, kemungkinan besar Anda memerlukan aplikasi yang dirancang untuk ponsel Android Anda. Aplikasi tersebut dibagi menjadi dua jenis: aplikasi tugas tunggal dan multitugas.

Aplikasi tugas tunggal hanya mengontrol lampu pintar Anda, sementara aplikasi multitugas mengelola semua perangkat rumah pintar.

Berikut adalah aplikasi Android paling populer untuk pencahayaan pintar:
Smart Life – Generik ini aplikasi memungkinkan Anda mengontrol pencahayaan dan perangkat rumah pintar lainnya.Philips Hue – Aplikasi ini dirancang untuk mengelola lampu dan aksesori pintar Philips Hue. Selain menyalakan dan mematikan lampu, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan kecerahan, suhu, warna, menyesuaikan jadwal, dll. Hue Disco – Jika Anda ingin mengubah ruangan Anda menjadi lantai dansa, aplikasi ini adalah semua yang Anda perlukan. Ini menghubungkan lampu ke musik, sehingga warna berubah tergantung pada irama. Ecobee – Aplikasi ini sangat bagus untuk mengontrol suhu dan pencahayaan rumah pintar di rumah Anda.
Cara Mengubah Pencahayaan Rumah Biasa Anda menjadi Pencahayaan Cerdas

Jika Anda ingin memiliki sistem pencahayaan cerdas, Anda harus berinvestasi setidaknya pada salah satu dari berikut ini:
Lampu Lampu Cerdas
Bohlam pintar dirancang untuk menggantikan bohlam biasa Anda tanpa modifikasi atau perbaikan apa pun. Mereka akan cocok dengan perlengkapan yang ada. Sebagian besar bola lampu pintar dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, jadi Anda tidak perlu membeli hub. Opsi lain, seperti bola lampu yang beroperasi di ZigBee, memang memerlukan hub.

Bola lampu pintar tersedia dalam berbagai ukuran, warna, bentuk, dan konfigurasi, memberi Anda banyak pilihan untuk menemukan yang sempurna untuk rumah Anda.
Smart Switches
Anda dapat menikmati pencahayaan rumah pintar dengan bola lampu biasa. Namun, Anda harus mengganti sakelar di dinding dengan sakelar pintar. Sakelar ini terintegrasi ke dalam sistem kelistrikan rumah Anda. Memasang sakelar pintar dapat menjadi solusi yang lebih hemat biaya daripada bola lampu pintar jika Anda memiliki lampu tersembunyi yang dikendalikan oleh satu sakelar.
Smart Dimmers
Tidak seperti sakelar pintar biasa, peredup pintar menawarkan fitur peredupan. Mereka juga dapat dikontrol oleh ponsel Android Anda.
Smart Plugs
Stik pintar mengubah perlengkapan lampu mandiri biasa menjadi perangkat pintar, sehingga memungkinkan kontrol atas telepon.
Hubs
Tergantung pada teknologi yang Anda pilih, Anda mungkin perlu membeli hub. Tanpa itu, Anda mungkin tidak dapat mengontrol lampu menggunakan ponsel Android Anda.

Cara Mengontrol Lampu dengan iPhone

Mengendalikan lampu rumah pintar dengan iPhone biasanya sangat mudah. Namun, sebelum melakukannya, penting untuk memahami dasar-dasarnya sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat mengenai teknologi yang cocok untuk Anda.

Memulai

Saat memutuskan sistem pencahayaan rumah pintar, penting untuk mempertimbangkan teknologi dan aplikasi seluler yang sesuai untuk Anda. sistem operasi.
Technology
Sistem penerangan rumah pintar dapat menggunakan teknologi yang berbeda untuk pengoperasiannya. Berikut adalah yang populer:
Wi-Fi smart lighting – Lampu pintar tersebut terhubung ke internet menggunakan router Wi-Fi Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrolnya dari jarak jauh. Lampu berbasis Bluetooth – Lampu pintar ini menggunakan teknologi Bluetooth, memungkinkan Anda untuk mengontrolnya secara lokal. Lampu tersebut juga dapat dikontrol dari jarak jauh, tetapi Anda harus menggunakan hub Bluetooth untuk menghubungkannya ke internet. Lampu yang terhubung ke ZigBee atau Z-Wave – Beberapa lampu pintar terhubung ke jaringan mesh berdaya rendah. Seperti lampu Bluetooth, ini memerlukan hub jika Anda ingin mengontrolnya dari jarak jauh. Aplikasi Ponsel Jika Anda ingin mengontrol lampu dengan iPhone, Anda memerlukan aplikasi. Saat ini, Anda dapat menemukan banyak aplikasi dengan fitur berbeda di pasaran. Yang mana yang akan Anda pilih akan bergantung pada apa yang Anda inginkan dari sistem, tetapi juga pada jenis pencahayaan yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa aplikasi iPhone paling populer:
Smart Life – Smart Life adalah aplikasi luar biasa untuk mengontrol semua perangkat rumah pintar Anda. Ini menawarkan banyak opsi penyesuaian dan memungkinkan Anda membuat jadwal yang sesuai dengan rutinitas Anda. iConnectHue – Aplikasi ini ideal untuk mengatur lampu Philips Hue. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat grup dan daftar warna favorit, mengatur timer, pengingat, dll. Hue Disco – Hue Disco memungkinkan Anda untuk menghubungkan lampu Philips Hue ke musik dan menyelaraskan dengan irama. Aplikasi ini sangat bagus untuk pesta.Wemo – Aplikasi ini mengontrol lampu dan peralatan rumah pintar lainnya. Ini fitur opsi “Away mode” yang secara acak menyalakan dan mematikan lampu saat Anda tidak di rumah. Fitur ini dapat mencegah penyusup potensial dan melindungi properti Anda.
Cara Mengubah Pencahayaan Rumah Biasa Anda menjadi Pencahayaan Cerdas

Selain teknologi dan aplikasi, Anda perlu mempertimbangkan jenis lampu yang Anda inginkan. Ada beberapa pilihan:
Smart Light Bulbs
Smart light bulbs adalah pilihan paling populer untuk mengubah lampu biasa Anda menjadi lampu pintar. Mereka dipasang ke perlengkapan yang ada dan tidak memerlukan modifikasi, membuatnya mudah diatur untuk semua orang. Anda dapat menemukannya dalam berbagai ukuran, warna, dan bentuk.

Sebagian besar bola lampu pintar beroperasi di jaringan Wi-Fi Anda, sehingga tidak memerlukan hub. Namun, jika Anda membeli bola lampu yang menggunakan standar nirkabel berenergi rendah seperti ZigBee, Anda memerlukan hub untuk mentransfer sinyal tersebut ke sinyal jaringan Wi-Fi.
Smart Switches
Anda tidak perlu mengganti setiap bola lampu di rumah Anda untuk nikmati pencahayaan cerdas. Dengan memasang sakelar pintar, Anda dapat tetap menggunakan bola lampu tradisional dan menikmati fitur pintar. Sakelar pintar dihubungkan ke sistem kelistrikan rumah Anda dan mengganti sakelar yang ada.

Kapan sakelar pintar merupakan pilihan yang lebih baik? Jika Anda memiliki lampu tersembunyi yang dikendalikan oleh satu sakelar lampu, memasang sakelar pintar adalah solusi yang lebih nyaman dan hemat biaya.
Smart Dimmers
Peredup pintar mirip dengan sakelar pintar, kecuali mereka menawarkan fitur peredupan. Mereka juga dapat diprogram sebelumnya dan dikendalikan dari jarak jauh.
Smart Plugs
Jika Anda ingin mengontrol lampu yang berdiri sendiri (misalnya, lampu) dengan iPhone, Anda dapat menggunakan smart plug. Mereka memungkinkan Anda untuk mengontrol perlengkapan tanpa mengganti bola lampu atau switch.
Hubs
Hub yang memungkinkan Anda untuk mengontrol lampu dengan iPhone Anda mungkin diperlukan, tergantung pada teknologi yang Anda pilih. Tentu saja, Anda selalu dapat memilih lampu yang tidak memerlukan hub.

Biarkan Cahaya Masuk

Pencahayaan cerdas nyaman dan mudah digunakan, jadi tidak heran banyak pemilik rumah mempertimbangkan untuk memasangnya. Selain biaya, ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli sistem.

Kami harap artikel ini menjelaskan apa yang Anda perlukan untuk mengontrol lampu dengan telepon. Jika Anda tidak yakin apa pilihan terbaik untuk rumah Anda, bicarakan dengan para ahli, dan mereka akan merekomendasikan sebuah solusi.

Opsi pencahayaan rumah pintar apa yang Anda pertimbangkan? Sudahkah Anda mencoba salah satu aplikasi rumah pintar yang kami sebutkan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.