Cara Mengonversi Lembar Excel ke Google Spreadsheet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda dapat mengonversi spreadsheet Excel menjadi file Google Spreadsheet dengan mengunggahnya ke Google Drive. Setelah Anda memilikinya, buka dengan Google Sheets dan pilih File > Save as Google Sheets.

Ingin dapat mengerjakan spreadsheet Anda di web? Jika demikian, konversikan semua spreadsheet Microsoft Excel Anda ke Google Spreadsheet. Setelah Anda menyelesaikan proses sederhana ini, orang lain dapat mengedit spreadsheet Anda dan Anda dapat menggunakan fungsi eksklusif Spreadsheet. Begini caranya.

Yang Harus Diketahui Saat Mengonversi Spreadsheet Anda

Karena Excel dan Google Spreadsheet adalah dua prosesor spreadsheet yang berbeda, fungsinya bervariasi. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum konversi:

Anda tidak dapat mengonversi spreadsheet Excel yang dilindungi kata sandi.Tautan ke buku kerja lain di spreadsheet Excel Anda akan diabaikan.Makro Excel Anda tidak akan berfungsi.Grafik yang disematkan tidak akan berfungsi.

Anda dapat mengonversi spreadsheet Excel Anda dalam berbagai format, seperti XLSX, XLSM, CSV, dan lainnya, ke format Google Spreadsheet.

Ada dua cara untuk melakukan konversi ini. Anda dapat menggunakan Google Spreadsheet atau Google Drive. Kami akan menunjukkan keduanya kepada Anda.

Mengubah Spreadsheet Excel ke Google Spreadsheet melalui Google Drive

Untuk menggunakan metode Google Drive, luncurkan browser web di komputer Anda dan buka Drive. Masuk ke akun Anda jika Anda belum melakukannya.

Setelah masuk, dari sisi kiri Drive, pilih Baru > Unggah File.

Jendela “Buka” standar komputer Anda akan terbuka. Di sini, navigasikan ke folder tempat file Excel Anda disimpan, dan klik dua kali file untuk mengunggahnya ke Drive.

Setelah file Excel Anda diunggah, di Drive, klik kanan file dan pilih Buka Dengan > Google Spreadsheet.

Dalam Jendela Google Sheets, dari bilah menu di bagian atas, pilih File > Save as Google Sheets.

Sheets akan mengonversi file Excel Anda ke format Spreadsheet, dan secara otomatis membuka file yang dihasilkan di tab browser baru.

Sekarang Anda dapat menghapus file Excel asli yang Anda unggah sebelumnya untuk menghindari duplikat. Untuk melakukannya, klik kanan pada file asli Anda dan pilih “Hapus.”

Dan hanya itu. Versi Spreadsheet baru Anda sekarang siap untuk Anda kerjakan. Manfaatkan semua fitur produktivitas yang ditawarkan Spreadsheet.

Konversikan Spreadsheet Excel ke Google Spreadsheet melalui Spreadsheet

Jika Anda ingin menggunakan Google Spreadsheet untuk konversi, buka browser web di komputer dan luncurkan Spreadsheet. Kemudian, masuk ke akun Anda.

Setelah masuk, dari sudut kanan atas daftar spreadsheet Anda, pilih “Buka Pemilih File” (yang merupakan ikon folder).

Pada jendela “Buka File”, di bagian atas, pilih tab “Unggah”. Kemudian, pilih “Jelajahi.”

Anda akan melihat jendela “Buka” standar komputer Anda. Di sini, pilih file Excel yang ingin Anda ubah menjadi format Spreadsheet.

Saat file Anda diunggah, Spreadsheet akan membukanya di tab browser baru.

Untuk mengonversi file ini ke format Spreadsheet, dari bilah menu di bagian atas, pilih File > Simpan sebagai Google Spreadsheet.

Google Spreadsheet akan mengonversi file Anda dan membuka versi baru di tab browser terpisah.

Anda sekarang dapat menghapus file Excel asli dengan memilih File > Pindahkan ke Sampah.

Dan hanya itu untuk membuat spreadsheet Excel Anda dapat dilihat dan dapat diedit secara online.

Mengubah Excel Spreadsheet ke Google Spreadsheet Secara Otomatis di Google Drive

Untuk membuatnya semua spreadsheet Excel yang Anda unggah ke Google Drive otomatis dikonversi ke format Spreadsheet, aktifkan opsi di menu setelan Google Drive.

Untuk melakukannya, luncurkan Google Drive dan pilih ikon roda gigi diikuti oleh “Pengaturan” di sudut kanan atas.

Dalam “Pengaturan”, aktifkan “Konversi File yang Diunggah ke Google D Opsi Format Editor .os”. Kemudian, di pojok kanan atas, pilih “Selesai.”

Semua unggahan dokumen Office Anda yang akan datang sekarang akan dikonversi ke format Google yang sesuai.

Ingin melakukan kebalikan dari hal di atas, yaitu mengonversi Google Sheet ke Microsoft Excel? Jika demikian, ada cara mudah untuk melakukannya.`

Itulah berita seputar Cara Mengonversi Lembar Excel ke Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.