Cara Mengosongkan Google Drive

Itu terjadi pada kami yang terbaik—Anda membuat beberapa dokumen kata dan mengunggah beberapa gambar berkualitas tinggi dari liburan keluarga Anda, dan voila! Google Drive meneriaki Anda tentang bagaimana tidak ada ruang tersisa. Untungnya, mudah untuk melihat apa yang menghabiskan paling banyak ruang dan bagaimana mengosongkan lebih banyak.

Sebelum Anda mengamuk dan mulai menghapus banyak file acak, sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk mempelajari bagaimana Anda dapat menentukan apa yang memonopoli ruang paling banyak. di akun Drive Anda, serta jenis file apa yang termasuk dalam batas tersebut dan bagaimana Anda dapat membersihkannya. Anda mungkin juga merasa terbantu dengan mempelajari beberapa cara untuk meningkatkan batas penyimpanan digital Anda. Dengan begitu, Anda dapat menjaga Google Drive Anda tetap bersih, teratur, dan siap untuk semua file Anda di masa mendatang.

Berapa Banyak Ruang yang Diberikan Google Drive kepada Anda?

Secara default, semua akun Google Drive pengguna pribadi mendapatkan 15GB gratis. Ini adalah kesepakatan yang cukup bagus, mengingat Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk itu, terutama karena layanan penyimpanan cloud gratis lainnya membatasi tingkatan gratis mereka hanya beberapa gigs (biasanya kurang dari 10GB dan seringkali lebih dekat ke 2GB) . Namun, tidak perlu banyak upaya untuk memenuhi batas 15GB itu, terutama dengan semua hal yang diperhitungkan Google.

Berkas Manakah yang Termasuk dalam Batas Total Anda? menuju batas 15GB itu, bukan Anda (yah, sebagian besar). Banyak file dari perangkat lunak G Suite lainnya yang dihitung, yang dapat membuat Anda menabrak batas itu lebih cepat dari yang Anda inginkan.

Berikut ini yang dilakukan dan tidak diperhitungkan oleh file Google terhadap Batas Google Drive Anda:

Google menghitung hampir semua yang ada di Gmail, begitu juga email dan lampiran. Foto dengan kualitas asli (lebih besar dari 2.048 x 2.048 piksel) dan video yang lebih panjang dari 15 menit juga dihitung, seperti halnya file lain yang Anda unggah secara manual ke store.

Penyebab besar lainnya untuk memudarnya Anda ruang penyimpanan adalah serangkaian file acak yang tidak diinginkan yang dibagikan orang lain kepada Anda. Anda dapat menemukannya di bilah sisi Google Drive, berjudul “Dibagikan dengan saya.” Ini dapat mencakup semua jenis file yang dikirimkan kepada Anda oleh organisasi, rekan kerja, keluarga, teman, dan bahkan spam dari bisnis lain.

Google tidak menghitung dokumen kata apa pun yang Anda buat di Google Documents, spreadsheet apa pun dari Google Spreadsheet , tayangan slide presentasi apa pun dari Google Slide (untungnya), formulir atau survei apa pun dari Google Formulir, atau informasi apa pun untuk Google Sites. Ini juga mengecualikan foto yang lebih kecil dari 2.048 x 2.048 piksel dan video yang berdurasi kurang dari 15 menit di Google Foto.

Cara Melihat Apa yang Paling Banyak Menggunakan Ruang

Salah satu cara untuk membersihkan Google Drive Anda adalah dengan mencari tahu file mana yang terbesar dan menghapus atau memindahkannya . Kebanyakan orang mungkin memiliki beberapa file besar yang sudah lama terlupakan dari tahun lalu yang memakan ruang penyimpanan Anda. Ini akan menjadi cara paling efektif untuk mengosongkan ruang dengan sedikit usaha.

Langkah pertama dan termudah untuk dilakukan adalah membuka Google Drive dan melihat bagian bawah bilah sisi. Di sana, Anda akan melihat logo cloud dengan kata “Penyimpanan” di sebelahnya, dengan bilah tepat di bawahnya menunjukkan berapa banyak batas penyimpanan Anda saat ini yang sedang Anda gunakan (dan opsi untuk membeli lebih banyak tepat di bawahnya). Jika Anda memiliki ruang kosong, Anda mungkin tidak perlu melakukan tindakan lain untuk saat ini. Jika Anda mendekati batas itu, teruslah membaca untuk mengetahui beberapa cara mengelolanya.

Kedua, buka halaman Penyimpanan Google Drive, baik di seluler atau di desktop Anda. Ini secara teknis adalah halaman untuk penyimpanan Google One Anda, tetapi Google Drive adalah bagian dari itu, jadi perusahaan mencantumkan semua informasi itu di halaman ini. Siapa pun yang memiliki akun Gmail secara otomatis mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 15GB, dan penggunaan Anda akan muncul di halaman tersebut terlepas dari aplikasi Google lain yang Anda gunakan (atau berapa batas total penyimpanan Anda).

Anda akan melihat grafik yang menunjukkan berapa banyak batas penyimpanan total yang digunakan di halaman ini. Ini juga memecah penyimpanan itu pada tingkat yang lebih terperinci, menunjukkan berapa banyak ruang yang digunakan secara khusus oleh hal-hal seperti Gmail, Google Foto, atau cadangan perangkat (misalnya, jika Anda memiliki ponsel cerdas Google Pixel 6).

Ketiga, lihat bagian Manajer Penyimpanan Google Drive. Alat bagus ini secara otomatis mencari dan mencantumkan semua file yang mungkin tidak lagi Anda inginkan atau butuhkan, seperti spam dan email yang dihapus, lampiran Gmail berukuran besar, foto dan video yang tidak didukung, atau foto dan video ekstra besar. Item seperti ini dengan cepat mengacaukan penyimpanan Anda dan sebaiknya dibuang meskipun Anda tidak melebihi batas penyimpanan Anda.

Jika Anda ingin mengosongkan lebih banyak ruang di Gmail, jangan khawatir! Ada beberapa cara mudah untuk melakukannya tanpa secara manual membaca semua email Anda satu per satu. Kami merekomendasikan untuk mencari file berdasarkan ukuran terlebih dahulu, yang dapat Anda lakukan dengan mengetikkan “has:attachment large:2MB” (atau ukuran apa pun yang ingin Anda masukkan di sana) di bilah pencarian di bagian atas Gmail Anda. Dari sana, Google akan mengurutkan email apa pun yang melebihi batas itu, dimulai dengan yang terbesar; ini membuatnya cukup mudah untuk melihat pelaku yang cukup besar.

Lebih suka membuang email lama? Kami benar-benar mengerti, dan ada cara mudah untuk melakukannya juga. Kali ini, Anda akan mengetikkan “older_than:2y” (atau kerangka waktu apa pun yang Anda inginkan, gunakan “m” untuk bulan jika Anda tidak ingin terlalu jauh ke belakang). Google kemudian akan menampilkan semua email Anda mulai dari titik itu dan bekerja mundur.

Jika Anda ingin mengosongkan lebih banyak ruang di Google Drive, Anda dapat langsung melihat kuota khusus untuk program tersebut. Halaman itu menunjukkan semua file Anda dan berapa banyak ruang yang digunakan masing-masing, dimulai dengan yang terbesar. Ingatlah bahwa file apa pun yang Anda unggah secara manual akan memakan tempat di sini, begitu juga file yang telah dibagikan dengan Anda. Itu biasanya terlihat di bagian atas halaman kuota, sehingga mudah ditemukan.

Apa Pilihan Penyimpanan Lainnya Anda?

Jika Anda tidak ingin meningkatkan penyimpanan melalui Google Drive atau Google One (atau jika Anda sudah berada di atas -paket kapasitas dan masih membutuhkan lebih banyak ruang), jangan khawatir—Anda memiliki pilihan. Taruhan termudah di sini adalah hanya untuk meningkatkan jumlah penyimpanan yang Anda miliki melalui Google One, karena sudah terintegrasi dengan program yang mungkin Anda gunakan secara teratur.

Anda dapat memulai dengan paket Dasar dan Standar yang sangat terjangkau, yang memberi Anda 100GB dan 200GB penyimpanan, masing-masing, dan hanya berharga beberapa dolar sebulan. Jika Anda masih membutuhkan lebih banyak penyimpanan di luar itu, tidak masalah. Anda memiliki opsi untuk paket 2TB, 5TB, 10TB, 20TB, dan 30TB, dengan harga mulai dari $9,99 yang wajar per bulan dan naik menjadi $149,99 per bulan.

Itulah berita seputar Inilah Cara Anda Dapat Mengosongkan Lebih Banyak Ruang di Google Drive, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.