Cara Mengubah Jenis File di Windows 10 dan 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mosquito/Shutterstock.com

Mengubah jenis file pada dasarnya berarti mengubah ekstensi file, dan Windows 10 dan 11 menawarkan beberapa opsi untuk melakukan ini. Kami akan menunjukkan kepada Anda opsi mana yang akan digunakan dan kapan Anda dapat berhasil mengubah format file Anda.

TERKAIT:Apa Itu Ekstensi File?

Apa yang Harus Diketahui Saat Mengubah Jenis File

Di Windows 10 dan 11, Anda memiliki “Ganti Nama” dan “Simpan As” untuk mengubah jenis file Anda. Setiap opsi bekerja secara berbeda, jadi Anda harus menggunakan salah satu yang cocok untuk jenis file Anda.

RELATEDJPG vs. JPEG: Apakah Mereka Hal yang Sama?

Secara umum, Anda tidak boleh menggunakan opsi Ganti Nama untuk mengubah ekstensi file. Ini karena Anda hanya mengubah jenis file tanpa mengonversinya ke format target. Misalnya, cukup mengganti nama file DOCX menjadi TXT tidak akan menjadikannya file teks biasa. Mengubah ekstensi file dapat berfungsi dalam kasus tertentu, seperti mengonversi JPG ke JPEG, atau TXT ke CSV. Itu tergantung pada situasi Anda.

Save As, di sisi lain, memastikan file Anda benar-benar dikonversi agar sesuai dengan format target. Misalnya, Anda dapat menyimpan gambar PNG sebagai GIF menggunakan aplikasi Paint Windows, dan ini akan memastikan file yang dihasilkan berfungsi sebagaimana mestinya.

Kecuali Anda tahu file Anda akan berfungsi dengan baik bahkan setelah mengubah ekstensinya, tetap gunakan opsi Simpan Sebagai untuk mengonversi file Anda dari satu format ke format lainnya.

Gunakan Save As untuk Mengubah Jenis File di Windows

Save As pada dasarnya mengubah file Anda dari satu format ke format lainnya. Karena ini melakukan konversi yang tepat, Anda yakin bahwa file yang dihasilkan akan berfungsi seperti yang diharapkan.

Advertisement

Untuk menggunakan metode ini, Anda akan membuka file dengan aplikasi yang mendukung format sumber dan target Anda. Misalnya, Excel dapat membuka dan menyimpan dalam format XLSX dan CSV. Atau, untuk mengonversi gambar PNG ke GIF, gunakan aplikasi Paint karena mendukung kedua format ini. Kami akan menggunakan contoh ini dalam langkah-langkah berikut.

Mulai dengan membuka jendela File Explorer dan mencari file PNG Anda. Klik kanan file ini, dan dari menu yang terbuka, pilih Open With > Paint.

Saat file PNG Anda terbuka di Paint, dari pojok kiri atas Paint, pilih File > Save As. Kemudian, di panel kanan, pilih format yang dihasilkan untuk file Anda. Kami akan memilih “Gambar GIF.”

Jendela “Save As” PC Anda akan terbuka. Di sini, pilih folder untuk menyimpan file GIF Anda, masukkan nama file Anda di bidang “Nama File”, dan klik “Simpan.”

Dan Anda telah berhasil mengubah jenis file Anda. Anda akan menemukan proses serupa di banyak aplikasi lain.

Mengubah Ekstensi File Menggunakan Ganti Nama di Windows

Dengan opsi Ganti Nama Windows, Anda dapat mengubah nama file serta ekstensinya. Seperti disebutkan di atas, ini mungkin tidak selalu bekerja dengan baik.

Advertisement

Untuk menggunakan opsi ini, pertama, aktifkan Windows untuk menampilkan ekstensi file jika opsi dinonaktifkan. Kemudian, luncurkan jendela File Explorer dan cari file yang jenisnya ingin Anda ubah.

Ketika Anda menemukan file, klik kanan dan pilih “Ganti nama”.

Di bidang nama file yang dapat diedit, hapus ekstensi saat ini (tiga huruf setelah titik “.” pada nama file). Kemudian ketik ekstensi file baru Anda dan tekan Enter.

Misalnya, untuk mengubah gambar JPEG menjadi file JPG, hapus “jpeg” dari bidang nama file dan masukkan “jpg” tanpa tanda kutip.

Windows akan menampilkan prompt yang menanyakan apakah Anda benar-benar menginginkannya. untuk mengubah jenis file Anda. Pilih “Ya” jika Anda yakin mengganti nama tidak akan menyebabkan masalah.

Advertisement

Dan itu saja. Jenis file Anda telah berhasil diubah.

Mengubah Jenis File Lain di Windows

Di sini di How-To Geek, kami telah menulis beberapa panduan yang mengajarkan Anda cara mengubah format file di komputer Anda. Anda dapat mengunjungi setiap panduan untuk mempelajari cara melakukan proses konversi tertentu.

Berikut adalah tautan ke beberapa panduan yang mungkin menarik bagi Anda:

Mengonversi File Audio dan Video dengan VLC dan Command PromptMengubah Dokumen Microsoft Word ke PDFMengonversi Gambar HEIC ke JPEGMengubah Google Documents menjadi Format Microsoft OfficeKonversi PDF ke Format Microsoft WordKonversi File JSON ke Format Microsoft Excel

Nikmati ubah jenis file Anda!

Itulah berita seputar Cara Mengubah Jenis File di Windows 10 dan 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.