Cara Mengubah Ponsel Android Anda menjadi Hotspot Wi-Fi Seluler

Ponsel cerdas dengan koneksi internet konstan memang bagus, tetapi bagaimana dengan perangkat Anda yang lain? Kami akan menunjukkan cara berbagi data Anda dengan laptop atau tablet dengan mengubah ponsel Android Anda menjadi hotspot Wi-Fi seluler.

Wi-Fi publik gratis adalah pilihan yang bagus hampir sepanjang waktu, tetapi tidak tersedia di mana-mana dan dilengkapi dengan masalah-masalahnya sendiri. Terkadang, koneksi terbaik yang Anda miliki ada di saku Anda. Jika Anda bepergian tanpa Wi-Fi atau mati di rumah, ponsel Anda dapat menjadi penyelamat.

Catatan: Langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat yang Anda miliki. Namun, proses dasarnya harus serupa di sebagian besar ponsel Android.

Mengonfigurasi Hotspot Wi-Fi Seluler Ponsel Anda

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah mengonfigurasi Wi-Fi Pengaturan hotspot fi. Geser ke bawah sekali atau dua kali—bergantung pada ponsel Anda—dan ketuk ikon roda gigi untuk membuka Pengaturan.

Selanjutnya, buka “Connections” atau “Network & Internet.”

Pilih “Mobile Hotspot and Tethering” atau cukup “Hotspot & Tethering.”

Sekarang untuk mengkonfigurasi hotspot, ketuk “Mobile Hotspot” atau “Wi-Fi Hotspot.”

Di sinilah Anda dapat mengedit nama dan kata sandi untuk hotspot. Beberapa perangkat juga memungkinkan Anda mengonfigurasi pita—2.4GHz atau 5GHz—dan keamanannya. Ketuk “Konfigurasi” atau elemen apa pun yang ingin Anda edit.

Sekarang kita semua siap menggunakan hotspot!

Aktifkan Hotspot Wi-Fi Seluler Android

Ada beberapa cara berbeda untuk mengaktifkan hotspot Wi-Fi. Pertama, cukup aktifkan dari pengaturan di bagian sebelumnya di Pengaturan > Koneksi > Hotspot Seluler dan Tethering.

Metode kedua berguna jika Anda sering menggunakan fitur hotspot. Kami dapat menambahkan sakelar ke panel Pengaturan Cepat. Mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan kami untuk menyesuaikan Pengaturan Cepat Android, temukan sakelar “Hotspot Seluler” dan tambahkan ke panel.

Sekarang Anda memiliki akses cepat untuk mengaktifkan hotspot Wi-Fi dari mana saja! Cari nama hotspot Anda di pengaturan Wi-Fi di PC atau tablet Anda dan sambungkan ke sana seperti jaringan lainnya.

Batasan Tethering dan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat membuat Wi -Fi hotspot dengan aplikasi pihak ketiga tersedia di Google Play Store, tetapi kebanyakan orang tidak perlu repot dengan ini. Metode hotspot Android bawaan mudah dan didukung oleh banyak perangkat dan operator.

Namun, jika operator Anda tidak mengizinkan Anda untuk menambatkan perangkat lain ke ponsel Anda, metode hotspot Android standar mungkin tidak tersedia. Operator Anda mungkin juga membatasi penggunaan data untuk perangkat yang terhubung melalui hotspot.

Aplikasi seperti PdaNet+ menawarkan solusi, tetapi Anda mungkin memerlukan ponsel yang di-root untuk mengabaikan pembatasan tethering di ponsel Android Anda sepenuhnya. Dan perlu diingat ini mungkin melanggar syarat dan ketentuan operator Anda.

Itulah berita seputar Cara Mengubah Ponsel Android Anda menjadi Hotspot Wi-Fi Seluler, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.