Cara Mengubah Shell Default ke Bash di macOS

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Run “chsh -s /bin/bash” di Jendela Terminal untuk mengganti shell Anda dari Zsh ke Bash, lalu restart Terminal Anda. Jendela terminal baru akan terbuka menggunakan Bash. Anda juga dapat mengubah shell login ke Bash di halaman opsi lanjutan pengguna.

Apple sekarang menggunakan Zsh sebagai shell default di macOS. Kami menyukai Zsh, tetapi shell Bash lama yang tepercaya masih disertakan dengan macOS, dan Anda dapat dengan cepat beralih kembali ke Bash jika Anda mau. Zsh menjadi default di macOS Catalina.

Zsh hanya shell default pada akun pengguna yang baru dibuat, jadi akun apa pun yang Anda miliki di Mac yang ditingkatkan masih akan menggunakan Bash secara default kecuali Anda mengubahnya. Setiap akun pengguna memiliki preferensi shell defaultnya sendiri.

Dari Terminal

Untuk mengubah shell default akun pengguna di macOS, cukup jalankan perintah chsh -s (ubah shell) di jendela Terminal.

Ubah shell default ke Bash dengan menjalankan perintah berikut:

chsh -s /bin/bash

Anda harus memasukkan kata sandi akun pengguna Anda. Terakhir, tutup jendela Terminal dan buka kembali. Anda akan menggunakan Bash alih-alih Zsh.

Ubah shell default kembali ke Zsh dengan menjalankan perintah ini:

chsh -s /bin/zsh

Masukkan kata sandi Anda saat diminta. Setelah Anda menutup jendela terminal dan membukanya kembali, Anda akan menggunakan Zsh.

Anda dapat melihat daftar shell yang disertakan yang dapat Anda pilih dengan menjalankan perintah berikut:

cat /etc/shells

Dari System Preferences

Anda juga dapat mengubah opsi ini secara grafis dari System Preferences jika Anda lebih suka.

Buka Preferensi Sistem > Pengguna & Grup di Mac Anda. Klik ikon kunci dan masukkan kata sandi Anda. Tahan tombol Ctrl, klik nama akun pengguna Anda di panel kiri, dan pilih “Opsi Lanjutan.”

Klik kotak tarik-turun “Login Shell” dan pilih “/bin/bash” untuk menggunakan Bash sebagai shell default Anda atau “/bin/ zsh” untuk menggunakan Zsh sebagai shell default Anda. Klik “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

Bash di macOS Masih Kedaluwarsa

Perhatikan bahwa versi Bash (Bourne Again SHell) yang disertakan dengan macOS masih cukup ketinggalan jaman. Jika Anda menjalankan bash –version  di macOS Catalina, misalnya, Anda akan melihat bahwa Catalina menyertakan Bash 3.2.57 saat Bash 5.0 adalah versi terbaru. Versi yang lebih baru dilisensikan di bawah lisensi GPLv3, sementara Apple masih mendistribusikan versi yang dilisensikan di bawah GPLv2.

Sebaliknya, versi Zsh (Z shell) yang disertakan dengan macOS (periksa dengan zsh –version ), adalah Zsh 5.7.2, yaitu versi terbaru pada saat Catalina rilis.

Jika Anda menginginkan Bash versi terbaru, Anda dapat menginstalnya sendiri melalui Homebrew.

Disadur dari HowToGeek.com.