Cara Mengubah Ukuran Semua Kolom dan Baris di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda mungkin perlu mengubah ukuran kolom agar sesuai dengan lebar data Anda atau baris untuk tampilan yang lebih baik. Namun bagaimana jika Anda ingin mengubah ukuran semua kolom dan baris dalam spreadsheet Excel?

Kami akan menunjukkan beberapa cara mudah untuk mengubah ukuran kolom dan baris sekaligus. Selain itu, kami akan menjelaskan cara menyesuaikan ukuran default semua kolom baru dalam satu lembar.

Mengubah Ukuran Semua Kolom dan Baris dalam Lembar

Apakah Anda ingin mengubah ukuran semua kolom, semua baris, atau keduanya, Anda dapat melakukannya hanya dalam beberapa klik.

Mulai dengan memilih seluruh lembar. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik segitiga Pilih Semua di sudut kiri atas spreadsheet.

Seret Header untuk Menyesuaikan Ukuran

Untuk melihat ukuran kolom atau baris daripada memasukkan pengukuran yang tepat, cukup klik dan seret. Untuk kolom, seret tajuk surat untuk kolom mana pun di lembar. Untuk baris, seret tajuk angka untuk setiap baris.

Anda akan segera melihat semua kolom atau baris diperbarui ke ukuran baru.

Lakukan Klik Kanan untuk Ukuran Tepat

Cara lain untuk mengubah semua ukuran kolom dan baris adalah dengan memasukkan pengukuran yang tepat. Ukuran default adalah lebar 8,43 poin untuk kolom, tinggi 15 poin untuk baris. Anda dapat menyesuaikan kolom hingga 255 poin dan baris hingga 409 poin.

Dengan seluruh lembar dipilih, klik kanan kolom dan pilih “Lebar Kolom.”

Masukkan pengukuran dalam poin dan klik “OK.”

Untuk baris, kanan- klik dan pilih “Row Height,” masukkan pengukuran, dan klik “OK.”

Anda kemudian akan melihat semua kolom dan/atau baris diatur ke pengukuran titik baru.

Gunakan Tombol Format untuk Ukuran Tepat

Satu cara lagi untuk mengubah ukuran semua kolom dan baris ke ukuran yang tepat menggunakan opsi Format pada tab Beranda. Di bagian Sel pada pita, pilih panah drop-down Format dan pilih “Lebar Kolom” atau “Tinggi Baris.”

Masukkan pengukuran dalam poin untuk kolom atau baris dan klik “OK.”

Gunakan Tombol Format untuk AutoFit

If Anda tidak selalu ingin semua kolom atau baris menjadi ukuran tertentu, tetapi lebih suka mereka menyesuaikan agar sesuai dengan data Anda, ini adalah satu lagi opsi.

Dengan lembar yang dipilih, gunakan tombol Format di Beranda tab. Pilih “Paskan Otomatis Lebar Kolom”, “Pastikan Otomatis Tinggi Baris”, atau keduanya.

Anda akan melihat lembar memperbarui kolom dan/atau baris untuk mengakomodasi ukuran data dalam sel. Perlu diingat bahwa jika Anda memiliki kolom atau baris kosong, ukuran tersebut tetap pada ukuran default.

Menyetel Ukuran Default untuk Semua Kolom dalam Lembar

Opsi lain untuk mengubah lebar semua kolom dalam lembar adalah menyetel lebar default. Ini hanya opsi untuk kolom karena tinggi baris bergantung pada ukuran font yang Anda gunakan.

Pilih seluruh lembar seperti dijelaskan di atas dan buka tab Beranda. Klik panah tarik-turun Format dan pilih “Lebar Default.”

Masukkan pengukuran dalam poin dan klik “OK.”

Semua kolom yang ada dan yang baru yang Anda tambahkan ke lembar akan sesuai dengan ukuran ini.

Ukuran Kolom dan Baris untuk Buku Kerja Baru

Ketika Anda mengubah ukuran kolom dan baris dalam lembar Excel, perubahan hanya berlaku untuk lembar saat ini. Ini tidak memengaruhi lembar lain di buku kerja atau buku kerja dan lembar baru yang Anda buat.

Jika Anda ingin mengubah ukuran kolom dan baris untuk semua buku dan lembar baru, pertimbangkan untuk membuat templat. Anda dapat mengatur ukuran untuk lembar menggunakan salah satu metode di atas, menyimpan buku kerja sebagai templat, lalu membuka templat tersebut untuk setiap buku kerja baru yang Anda buat.

Opsi lain saat Anda membuat templat adalah membukanya satu per satu saat Anda meluncurkan Excel. Ikuti cara kami untuk selalu membuka buku kerja tertentu di Excel jika Anda tertarik dengan opsi ini.

Mengubah ukuran semua kolom dan baris di lembar Excel memungkinkan Anda menghindari kesalahan #####, memastikan bahwa data Anda cocok dengan baik, dan memberikan tampilan yang konsisten.

Itulah berita seputar Cara Mengubah Ukuran Semua Kolom dan Baris di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.