Cara Mengubah Warna Taskbar di Windows 10

Bosan dengan bilah tugas lama yang sama? Windows 10 memungkinkan Anda menyesuaikan tampilannya, termasuk mengubah warna bilah tugas. Metodenya tidak jelas, tetapi mudah dengan perjalanan ke Pengaturan. Berikut cara melakukannya.

Untuk memulai, luncurkan aplikasi Pengaturan Windows dengan menekan Windows+i pada keyboard Anda. Atau Anda dapat membuka menu Mulai dan memilih ikon roda gigi kecil di sebelah kiri.

  • Dalam “Pengaturan”, klik “Personalisasi.”
  • Dalam pengaturan “Personalisasi”, pilih “Warna” di bilah sisi.
  • Dalam pengaturan “Warna”, klik tombol ” Pilih menu tarik-turun warna Anda dan pilih “Kustom.”
  • Ketika Anda memilih “Kustom” di menu “Pilih Warna Anda”, dua pilihan baru akan muncul di bawah. Pada pilihan di bawah “Choose your default Windows mode,” pilih “Dark.” Ini memungkinkan Anda untuk menerapkan warna tema ke bilah tugas.
  • (Anda dapat memilih “Terang” atau “Gelap” untuk “mode aplikasi default” tergantung pada preferensi Anda, dan itu tidak akan memengaruhi pilihan warna bilah tugas.)
  • Setelah itu, gulir ke bawah ke bagian “Pilih warna aksen Anda”. Jika “Secara otomatis memilih warna aksen dari latar belakang saya” dipilih, Windows akan secara otomatis memilih warna yang cocok dengan wallpaper desktop Anda.
  • Untuk memilih warna secara manual, hapus centang “Pilih warna aksen dari latar belakang saya secara otomatis” dan klik warna di kisi kotak berwarna yang terletak tepat di bawahnya. (Untuk memilih warna khusus yang belum ada di kisi, klik tombol “Warna Kustom” di bawah kisi.)
  • Untuk membuat warna yang Anda pilih berlaku ke bilah tugas, temukan “Tampilkan warna aksen pada permukaan berikut” dan beri tanda centang di samping “Mulai, bilah tugas, dan pusat tindakan.”
  • (Jika Anda menemukan opsi ini berwarna abu-abu, pastikan Anda memilih “Gelap” sebagai “mode Windows default” Anda seperti yang ditunjukkan pada langkah sebelumnya di atas. Warna bilah tugas khusus tidak berfungsi dalam mode “Cahaya”.)

Segera, Anda akan melihat warna yang Anda pilih berlaku untuk bilah tugas.

 

Anda juga telah mewarnai menu Mulai dan pusat tindakan dengan warna aksen yang sama. Untuk menerapkan warna ke bilah judul jendela juga, beri tanda centang di samping “Bilah judul dan batas jendela.”

Jika Anda berubah pikiran nanti dan ingin beralih kembali ke tema standar Windows 10, buka Pengaturan dan navigasikan ke Personalisasi > Warna , lalu pilih “Cahaya” di menu tarik-turun “Pilih warna Anda”. Selamat bersenang-senang!

Itulah berita seputar Cara Mengubah Warna Taskbar di Windows 10, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.