Cara Mengubah Zona Waktu di Kalender Google

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak orang dapat merencanakan acara dan melacak kejadian di masa mendatang dengan bantuan Google Kalender. Tetapi dengan orang-orang yang tersebar di seluruh dunia dalam zona waktu yang berbeda, ini mungkin membingungkan. Bahkan jika Google Kalender secara otomatis mengubah zona waktu, terkadang Anda perlu melakukannya sendiri, misalnya, jika Anda tinggal di bagian Arizona yang tidak mengubah jamnya menjadi Waktu Musim Panas.

Bagi mereka yang ingin mengubah zona waktu di Google Kalender secara manual, tidak perlu mencari lagi. Prosesnya sederhana, dan tidak memakan waktu sama sekali. Anda bahkan dapat melakukannya untuk acara individu.

Mengubah Zona Waktu untuk Semua Kalender

Jika Anda ingin mengganti zona waktu untuk seluruh aplikasi, Anda dapat melakukannya dengan sangat cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya.
Ke Google Kalender.Klik ikon roda gigi di sudut kanan atas.Pilih “Pengaturan.”Pilih zona waktu utama dari daftar.
Di perangkat seluler, coba rangkaian kiat ini.
Luncurkan Aplikasi Google Kalender. Ketuk ikon bilah tiga di dekat bagian atas. Dari menu, buka bagian Pengaturan. Pilih “Umum.” Matikan “Gunakan Zona Waktu Perangkat” dan ketuk “Zona Waktu.” Pilih zona waktu baru .Aplikasi Anda sekarang seharusnya mencerminkan perubahan.
Setelah melakukan tindakan ini, zona waktu Google Kalender Anda akan beralih, meskipun Anda tidak berada di lokasi yang ditentukan. Bertukar zona waktu sangat membantu ketika Anda ingin mengatur acara di negara lain. Anda dapat menghindari kebingungan dengan cara ini.

Mengubah Zona Waktu untuk Satu Kalender

Anda dapat menambahkan kalender yang dibuat oleh pengguna Google Kalender lain ke kalender Anda sendiri. Melakukannya memungkinkan Anda menampilkan semua yang ada di antarmuka. Jika Anda bertanya-tanya apakah kalender individu dapat disesuaikan, jawabannya adalah ya.
Buka Google Kalender.Di sisi kiri layar, cari “Kalender Saya.”Pilih kalender yang ingin Anda edit.Klik pada titik tiga icon.Buka ke “Pengaturan Dan Berbagi.” Setelah Anda berada di menu, klik “Zona Waktu” dan pilih yang Anda inginkan.
Setelah melakukan ini untuk satu kalender, Anda dapat mengulanginya untuk yang lain, bahkan mengatur masing-masing menjadi di zona waktu yang berbeda-beda. Google tidak membatasi berapa banyak zona waktu yang dapat Anda pilih sekaligus.

Mengubah Zona Waktu untuk Acara

Jika sesuatu yang Anda hadiri diadakan di zona waktu yang berbeda, tidak perlu mengubah semuanya untuk perjalanan singkat. Pengguna dapat dengan mudah melakukannya untuk satu acara Google Kalender. Dengan begitu, Anda dapat mempertahankan zona waktu asli saat Anda kembali.
Buka Google Kalender di PC Anda.Cari acara apa pun.Klik dan pilih “Edit”. Di sebelah waktu acara, buka “Zona Waktu”.Pilih a zona waktu baru untuk acara.Simpan kemajuan Anda.
Pengguna seluler juga dapat melakukannya.
Pada aplikasi seluler Google Kalender, pilih acara apa pun.Ketuk acara, lalu pilih “Edit Acara.”Cari zona waktu di bawah tanggal dan waktu.Ketuk di atasnya dan beralih ke yang baru.Simpan pengaturan Anda dengan mengetuk tombol di sudut kanan atas.
Karena metode ini tidak mengganggu zona waktu Anda yang biasa, ini sangat baik untuk acara langka di tempat lain.

Menambahkan Zona Waktu Sekunder

Terkadang mengubah zona waktu dapat membawa lebih banyak kerugian daripada kebaikan, tetapi Anda juga ingin memiliki lebih dari satu. Untungnya, Kalender Google mendukung zona waktu sekunder yang dapat ditampilkan di samping zona waktu utama. Anda perlu menggunakan versi browser web untuk melakukan ini.
Buka Google Kalender.Buka menu Pengaturan.Di bawah “Zona Waktu” di sebelah kiri, pilih “Zona Waktu Sekunder.”Pilih yang Anda inginkan.Pastikan “Tampilkan Zona Waktu Sekunder.” ” dicentang.Kembali ke halaman utama, dan Anda akan melihat zona waktu sekunder di samping zona waktu utama.
Google Kalender di Perangkat Seluler

Meskipun banyak langkah di atas dapat diikuti di PC, aplikasi seluler tidak mengizinkan Anda mengatur zona waktu sekunder. Oleh karena itu, kami menyarankan untuk menangani tugas-tugas ini di komputer, dengan memanfaatkan rangkaian fitur yang lengkap. Menggunakan perangkat seluler harus dicadangkan saat Anda berada di luar.

Anda juga dapat menggunakan zona waktu perangkat di seluler, yang dapat berubah jika Anda mengaktifkannya di setelan ponsel. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, perangkat seluler Anda akan beralih zona waktu saat memiliki koneksi internet. Namun, Anda tidak akan dapat mengatur zona waktu khusus dengan cara ini.

Itulah Rencana

Karena Google Kalender gratis dan cukup untuk banyak orang, Anda akan menemukan banyak organisasi yang menggunakannya. Anda dapat melakukan banyak hal dengan fungsi aplikasi, bahkan menggabungkan beberapa zona waktu. Dan kemampuan untuk mengubah zona waktu untuk satu acara bisa sangat berguna.

Bagaimana Anda suka menggunakan Google Kalender? Berapa banyak kalender yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.