Cara Mengunci Layar di

Jika Anda sering menggunakan komputer di lingkungan bersama, baik di rumah, kantor, atau di tempat umum, ada baiknya untuk mengunci layar Anda. Mungkin Anda sedang bekerja dengan informasi sensitif atau menulis novel Anda.

Bagaimanapun, melindungi layar Anda akan mencegah orang lain mengaksesnya dan membebaskan Anda dari stres tentang hal itu. Jika Anda pengguna Windows 11, layar kunci adalah fitur bawaan yang dapat Anda manfaatkan dalam beberapa cara berbeda.

Pengembang Windows 11 telah memastikan bahwa pengguna dapat mengandalkan menu Mulai, pintasan keyboard, Prompt Perintah, dan opsi lainnya untuk mengunci layar mereka dengan cepat. Berikut adalah semua solusi layar kunci di Windows 11.

Cara Mengunci Layar di Windows 11 Menggunakan Pintasan Keyboard

Salah satu cara paling efisien untuk mengunci layar di Windows 11 adalah dengan mengandalkan pintasan keyboard yang nyaman. Ada lebih dari satu cara untuk menggunakan keyboard Anda untuk melindungi layar Anda dari mata-mata, tetapi mari kita mulai dengan opsi yang paling mudah.

Untuk mengunci layar Anda di Windows 11, tekan tombol Win + L secara bersamaan.

Anda akan melihat layar kunci di depan Anda secara instan. Untuk membuka kunci layar dan masuk, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan PIN 4 digit.

Juga, jika Anda pengguna PC Windows 11, ada kemungkinan keyboard eksternal Anda memiliki tombol layar kunci khusus. Banyak merek aksesori PC seperti HP, Logitech, dan lainnya menggabungkan fungsi ini untuk mempermudah proses penguncian layar Anda. Satu-satunya downside adalah bahwa Anda kadang-kadang dapat menekan tombol di tengah pekerjaan.

Akhirnya, Anda dapat menggunakan pintasan Ctrl + Alt + Delete Windows 11 untuk mengunci layar Anda. Menekan tombol-tombol ini secara bersamaan akan membuka menu dengan beberapa opsi.

Biasanya, pengguna mengambil tindakan ini ketika mereka perlu menutup aplikasi yang tidak responsif dengan “Task Manager” atau mengganti akun pengguna. Tapi inilah cara Anda dapat menggunakan pintasan Ctrl + Alt + Delete untuk mengunci layar:
Tekan Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Pilih “Kunci” dari daftar opsi.
Opsi kunci layar ada di bagian atas list, dan setelah Anda mengkliknya, layar Anda akan segera beralih ke mode login.

Cara Mengunci Layar di Windows 11 Dengan Task Manager

Seperti yang kami buat, pintasan Ctrl + Alt + Del di Windows 11 digunakan karena beberapa alasan, tetapi paling umum untuk membuka “Task Manager” Windows, yang membantu Anda menutup aplikasi yang bermasalah, seperti browser yang tidak responsif. Tetapi Anda juga dapat menggunakan “Task Manager” untuk mengaktifkan layar kunci.

Berikut cara kerjanya:
Tekan tombol Ctrl + Alt + Del atau klik kanan pada menu Start.Pilih “Task Manager.” Ketika jendela baru muncul, alihkan ke tab “Pengguna”. Pilih akun pengguna saat ini. Klik “Putuskan sambungan” di sudut kanan bawah jendela.
Ini adalah taktik yang berguna saat menangani masalah Windows 11 atau jika komputer macet dan membuat Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan melakukan. Anda dapat mengunci layar sementara melalui “Task Manager” sampai Anda menemukan cara untuk memecahkan masalah.

Cara Mengunci Layar di Windows 11 dari Menu Mulai

Menu Mulai Windows 11 diatur dengan baik dan mudah digunakan. Anda memiliki semua opsi daya yang tersedia dan akses cepat ke pengaturan sistem dan dokumen. Tetapi Anda juga dapat menggunakannya untuk beralih ke layar kunci dalam beberapa klik cepat.

Berikut ini cara Anda menemukan fitur layar kunci di menu Mulai:
Tekan tombol Win pada keyboard Anda atau klik ikon Windows di kiri bawah layar corner.Klik nama pengguna atau gambar profil Anda. Menu singkat akan muncul. Klik “Kunci,” yang merupakan opsi tengah.
Seketika, layar Anda akan mengunci, hanya menampilkan halaman login dan bidang yang ditentukan untuk kode PIN akun Windows 11 Anda.

Cara Mengunci Layar di Windows 11 Menggunakan Pengaturan Screen Saver

Pada hari-hari awal Windows komputer, fitur screen saver digunakan untuk mencegah potensi kerusakan pada monitor jadul. Saat ini, fungsi utamanya adalah menjaga privasi pengguna saat mereka jauh dari komputer. Screen saver

A akan muncul setelah periode tidak aktif yang telah ditentukan sebelumnya, meskipun Anda dapat menonaktifkannya sama sekali. Namun, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengunci layar jika seseorang mencoba menghentikan screen saver dan melihat layar Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan pengaturan dengan preferensi Anda.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mempelajari caranya:
Buka Menu Mulai Windows 11 dan cari “screen saver.” Pilih opsi “Aktifkan atau Nonaktifkan Screen Saver” dari hasil. jendela baru diluncurkan, navigasikan ke bidang “Screen Saver”. Dari menu tarik-turun, pilih jenis screen saver yang Anda inginkan. Itu juga bisa menjadi halaman kosong. Di sebelah opsi “Tunggu”, pilih periode tidak aktif sebelum screen saver dimulai. Centang kotak “On resume, display logon screen”. Klik “Apply” diikuti dengan “Ok.”
Note : Anda juga dapat mengakses pengaturan screen saver dengan mengklik kanan di mana saja di desktop Anda dan memilih “Personalisasi” dari menu.

Lain kali Anda bangun dari komputer Windows 11 untuk minum kopi atau keluar sebentar, screen saver akan dimulai setelah masa tunggu yang telah ditentukan. Jika seseorang lewat dan menggerakkan mousepad atau menekan sembarang tombol pada keyboard, layar kunci akan muncul.

Cara Mengunci Layar di Windows 11 Menggunakan Command Prompt

Jika Anda terbiasa bekerja dengan antarmuka baris perintah, Anda mungkin akan menghargai kemampuan untuk mengunci layar di Windows 11 melalui Command Prompt. Hanya perlu beberapa menit, dan inilah semua yang perlu Anda lakukan:
Cari “Command Prompt” dari Start Menu Windows 11 Anda. Masukkan baris berikut “rundll32.exe user32.dll, LockWorkStation” saat aplikasi diluncurkan. Tekan “Enter .”
Komputer Windows 11 Anda akan langsung terkunci.

Penting juga untuk dicatat bahwa Anda dapat menggunakan perintah ini di aplikasi otomatisasi tugas PowerShell–Windows, atau Terminal Windows, emulator terminal Windows.

Membuat Pintasan Baris Perintah

Bahkan jika Anda penggemar menggunakan aplikasi baris perintah, tidak perlu mengetik atau bahkan menyalin dan menempelkan baris setiap kali Anda ingin mengunci layar.

Anda dapat membuat pintasan desktop dan menggunakannya saat Anda ingin melindungi layar Anda. Ini adalah proses yang sederhana. Begini cara kerjanya:
Klik kanan pada ruang kosong di desktop Windows 11 Anda. Klik opsi “Baru” dan “Pintasan” dari menu yang diperluas. Jendela “Buat Pintasan” akan muncul. Di bawah “Ketik lokasi item,” rekatkan baris perintah “rundll32.exe user32.dll,LockWorkStation”. Klik “Berikutnya.” Masukkan nama pintasan. Misalnya, “Kunci Layar.” Klik “Selesai.”
Pintasan akan muncul di desktop Anda, dan Anda dapat memindahkannya, mengubah ikonnya, atau mengganti namanya jika Anda mau.

Cara Mengunci Layar di Windows 11 Menggunakan Fitur Dynamic Lock

If Anda ingin mengambil pendekatan komprehensif untuk mengunci layar Windows 11 Anda, maka Anda harus tahu tentang fitur “Kunci Dinamis” bawaan.

Ini secara otomatis mengunci layar segera setelah Anda menjauh dari komputer. Namun, fungsionalitas fitur tergantung pada Anda menghubungkan perangkat seluler Anda dengan komputer melalui Bluetooth.

Jika Anda belum memasangkan ponsel cerdas Anda dengan komputer Windows 11, itulah langkah pertama yang harus Anda lakukan:
Pastikan Bluetooth di ponsel cerdas Anda diaktifkan masuk. Masuk ke “Pengaturan” dengan masuk ke menu Mulai Windows 11. Pilih opsi “Bluetooth & perangkat” di panel sebelah kiri. Pindahkan sakelar sakelar Bluetooth dari “Mati” ke “Aktif.” Klik “Tambah perangkat” dan temukan ponsel Anda.Klik “Connect.”Ketuk “Pair” pada ponsel cerdas Anda.Klik “Selesai” saat pemasangan selesai.
Mengatur Fitur Dynamic Lock

Saat ponsel cerdas dan komputer Windows 11 Anda terhubung melalui Bluetooth, Anda dapat mengatur Fitur “Kunci Dinamis”. Hanya perlu beberapa menit lagi, dan inilah yang harus Anda lakukan:
Klik menu Start dan pilih “Pengaturan.” Pilih “Akun” dari panel sisi kiri. Pilih bagian “Opsi masuk”. Gulir ke bawah dan arahkan ke bagian “Pengaturan tambahan”. Klik bagian “Kunci Dinamis” untuk memperluasnya. Centang kotak “Izinkan Windows untuk secara otomatis mengunci perangkat Anda saat Anda pergi”.
Windows 11 akan memindai perangkat yang dipasangkan dan menunjukkan bahwa ponsel cerdas Anda berhasil terhubung.

Jika Anda ingin memastikan fitur ini berfungsi, menjauhlah dari komputer Windows 11 Anda dan kembali untuk memeriksa apakah itu mengaktifkan layar kunci.

Penting juga untuk menunjukkan bahwa Anda perlu membawa ponsel saat Anda pindah dari komputer. Itulah yang memicu layar kunci. Tetapi kebanyakan orang sudah membawa ponsel mereka ketika mereka bangun dari meja mereka, jadi fitur ini mungkin berguna.

Mengunci Layar di Komputer Windows 11 Anda Seperti Pro

Pengguna Windows yang berpengalaman sudah familiar dengan banyak fitur yang berguna, tetapi layar kunci hanya memiliki sudah ada sejak Windows 8. Windows 10 dan 11 membawa beberapa solusi dalam hal mengunci layar dan menjaga keamanan data pribadi atau bisnis Anda.

Beberapa orang akan tetap menggunakan pintasan keyboard yang nyaman dan “Task Manager.” Orang lain akan menggunakan baris perintah, memanfaatkan pengaturan screen saver dan fitur “Kunci Dinamis”. Either way, mengunci layar Windows 11 Anda sebagian besar mudah.

Apa cara pilihan Anda untuk mengunci layar di Windows 11? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.