Cara Mengunci Rumus di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk menghindari rumus Anda kacau, Anda dapat mengunci sel yang berisi rumus sambil menjaga semua sel lain tidak terkunci di spreadsheet Microsoft Excel Anda. Kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Bagaimana Mengunci Sel yang Mengandung Rumus di Excel?

Secara default, saat Anda melindungi lembar kerja, Excel mengunci semua sel di lembar Anda dan bukan hanya yang mengandung formula. Untuk menyiasatinya, Anda harus terlebih dahulu membuka kunci semua sel, memilih sel yang berisi rumus, lalu mengunci sel ini dengan rumus.

Dengan cara ini, pengguna dapat mengedit nilai semua sel di lembar kerja Anda kecuali yang memiliki rumus di dalamnya.

Kunci Sel Rumus di Excel

Untuk menghindari sel rumus diubah, pertama, luncurkan spreadsheet dengan Microsoft Excel.

Dalam spreadsheet, pilih semua sel dengan menekan Ctrl+A (Windows) atau Command+A (Mac). Kemudian klik kanan salah satu sel dan pilih “Format Cells.”

Pada jendela “Format Cells”, dari atas, pilih tab “Protection”. Kemudian nonaktifkan opsi “Terkunci” dan klik “OK.”

Semua sel di lembar kerja Anda sekarang tidak terkunci. Untuk sekarang mengunci sel yang berisi rumus, pertama, pilih semua sel ini.

Untuk melakukannya, di pita Excel di bagian atas, klik tab “Beranda”. Kemudian, dari bagian “Pengeditan”, pilih Temukan & Pilih > Buka Spesial.

Di kotak “Pergi Ke Spesial”, aktifkan opsi “Rumus” dan klik “OK.”

Dalam spreadsheet Anda, Excel telah menyorot semua sel yang berisi rumus. Untuk sekarang mengunci sel-sel ini, klik kanan salah satu sel ini dan pilih “Format Sel.”

Pada jendela “Format Sel”, akses tab “Perlindungan”. Kemudian aktifkan opsi “Terkunci” dan klik “OK.”

Sel yang berisi rumus di lembar kerja Anda sekarang terkunci. Untuk mencegah modifikasi mereka, dari pita Excel di bagian atas, pilih tab “Tinjau”.

Di tab “Tinjau”, klik opsi “Lindungi Lembar”.

Anda akan melihat kotak “Lindungi Lembar”. Di sini, secara opsional, masukkan kata sandi di bidang “Kata Sandi untuk Membuka Proteksi Lembar”. Kemudian klik “OK.”

Jika Anda menggunakan kata sandi pada langkah sebelumnya, maka di kotak “Konfirmasi Kata Sandi” yang terbuka, masukkan kembali kata sandi itu dan klik “OK.”

Dan hanya itu. Semua sel yang berisi rumus di lembar kerja Anda sekarang terkunci. Jika Anda atau orang lain mencoba mengubah konten sel ini, Excel akan menampilkan pesan kesalahan.

Later, untuk mengizinkan pengguna mengedit sel rumus ini, kemudian buka proteksi lembar kerja Anda dengan mengakses tab “Tinjau” dan memilih “Buka proteksi Lembar.”

Dan begitulah cara Anda menghindari kesalahan rumus di spreadsheet Excel Anda. Sangat berguna!

Tidak ingin grafik Anda berpindah-pindah di Excel? Jika demikian, ada cara untuk mengunci posisi grafik Anda di program spreadsheet ini. Lihat panduan kami untuk mempelajari cara menggunakannya.

Itulah berita seputar Cara Mengunci Rumus di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.