Cara Mengunduh Gambar dari Google Doc

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google Documents adalah salah satu alternatif perangkat lunak cloud terbaik untuk pengolah kata desktop. Ini adalah aplikasi cloud tempat Anda dapat membuat draf dokumen yang mencakup tabel, bagan, hyperlink, video YouTube, gambar, dan banyak lagi. Tentu, mungkin masih memiliki lebih sedikit opsi dan alat pemformatan teks daripada MS Word, tetapi Google Documents semakin baik setiap saat. Namun, masih ada satu opsi penting yang hilang dari menu konteks gambarnya. Di mana opsi “Simpan gambar sebagai” di Google Documents?

Sayangnya, Google Documents tidak memiliki opsi “Simpan gambar sebagai” untuk mengunduh gambar yang dipilih setiap kali Anda mengeklik kanannya karena sedang dalam mode pengeditan. Oleh karena itu, Anda mendapatkan “Salin”, “Potong”, “Simpan di Keep”, dll. Dengan demikian, tampaknya tidak ada cara untuk memilih dan mengunduh beberapa gambar langsung dari dokumen. Opsi itu tentu akan menjadi tambahan yang berguna untuk menu konteks aplikasi cloud. Namun demikian, masih ada beberapa cara agar Anda dapat mengunduh gambar yang dipilih dari dokumen yang dibuka di Google Documents.

Mengunduh Gambar Documents dengan Memublikasikan ke Web

Google Documents memang memiliki opsi “Publikasikan ke web” yang memungkinkan Anda membuka dokumen di browser tab. Fitur ini memungkinkan Anda mengunduh gambar langsung dari halaman dokumen. Begini caranya.
Klik “File -> Share -> Publish to the web,” yang kemudian membuka menu publishing.Klik tombol biru “Publish”. Pilih “OK” untuk mengonfirmasi kiriman Anda. Tekan “Ctrl + C” (Windows) atau “tombol perintah (⌘) + V” (Mac) di atas tautan yang disorot, lalu pilih “Salin.” Biarkan tab browser penerbitan terbuka dan luncurkan tab baru. Tempel tautan, lalu tekan tombol “Enter/Return”. Halaman yang baru diterbitkan dimuat. Jangan khawatir, tidak ada yang memiliki tautan kecuali Anda. Arahkan kursor ke gambar yang ingin Anda simpan. “Klik kanan” (Windows) atau “ketuk dua jari” (Mac) di atas gambar dan pilih “Simpan Gambar Sebagai…” Opsional: Anda dapat membatalkan publikasi Dokumen setelah selesai. Kembali ke tab Google Dokumen tempat opsi publikasi Anda masih muncul. Klik “Konten dan pengaturan yang diterbitkan”, lalu pilih “Hentikan penerbitan.”
Simpan Gambar ke Google Keep

Google Keep adalah aplikasi pencatat praktis yang kini terintegrasi dengan Google Documents. Ini berarti Anda dapat membuka bilah sisi “Catatan dari Keep”. Selain itu, itu juga berarti Anda dapat menyimpan gambar Google Documents langsung ke Keep dan mengunduhnya! Berikut cara melakukannya.
“Klik kanan” (Windows) atau “ketuk dua jari” (Mac) di atas gambar yang ingin Anda simpan, lalu pilih “Lihat tindakan lainnya -> Simpan ke Simpan” dari menu konteks. “Klik kanan” (Windows) atau “ketuk dua jari” (Mac) pada gambar di bilah samping “Notes from Keep” dan pilih “Save image as.”
Unduh Massal Gambar dari Google Documents menggunakan Format HTML

Jika Anda perlu mengunduh banyak gambar, mungkin lebih baik mengunduh dokumen dalam format HTML. Opsi ini secara otomatis menyimpan gambar dalam folder zip. Ekstrak file dan buka subfolder gambar yang menyertakan semua gambar dalam dokumen.
Untuk mengunduh Google Doc sebagai HTML, pilih “File > Download -> Web Page (.html, zip).” Klik ikon unduhan browser, lalu pilih untuk membuka lokasi file. Buka zip file, lalu telusuri dan pilih folder “gambar”. Jelajahi gambar dan hapus semua yang tidak Anda inginkan.
Ekstrak Gambar dari Dokumen dengan Pengaya

Anda dapat memasang add-on browser Chrome seperti sebagai “Shift Click Image Extractor“ yang mengunduh gambar dari dokumen terbuka di Google Documents dan laman web lainnya.

Pengaya dari Google Workspace Marketplace tidak menyertakan penangkap gambar apa pun untuk Documents.