Cara Mengunduh Google Dokumen

Dengan opsi unduhan Google Documents, Anda dapat mengunduh beberapa atau semua dokumen dari awan ke desktop dan perangkat seluler Anda dalam berbagai format. Format ini termasuk yang populer seperti PDF dan Microsoft Word (DOCX). Kami akan menunjukkan cara melakukannya.

Di Google Documents di desktop dan ponsel Android, Anda dapat mengunduh dokumen dalam format pilihan Anda. Namun, di iPhone atau iPad, Anda hanya dapat membuat dokumen Anda tersedia untuk penggunaan offline. Ini pada dasarnya berarti Anda tidak dapat mengunduh file secara teknis, tetapi membuatnya tersedia untuk dilihat secara offline di aplikasi Google Documents.

Mengunduh Google Documents di Desktop

Untuk mengunduh dokumen Anda ke desktop, pertama, luncurkan browser web pilihan Anda di komputer dan buka Google Documents. Masuk ke akun Anda jika Anda belum melakukannya.

Di situs Documents, buka dokumen yang ingin Anda simpan ke komputer Anda.

Saat dokumen diluncurkan, dari bilah menu, pilih File > Unduh. Kemudian pilih format di mana Anda ingin mengunduh dokumen Anda.

Jendela “simpan” standar komputer Anda akan terbuka. Di sini, pilih folder tempat Anda ingin menyimpan dokumen, lalu klik “Simpan.”

Google Doc Anda telah berhasil diunduh ke komputer Anda untuk penggunaan offline. Anda sudah siap.

Unduh Beberapa atau Semua Google Documents

Jika Anda ingin mengunduh banyak dokumen sekaligus, buka Google Drive, pilih dokumen yang akan diunduh, klik kanan salah satu dokumen, dan pilih “Unduh.” File Anda akan diunduh dalam format Microsoft Word (DOCX).

Itu saja. Selamat menikmati!

Menyimpan Google Doc di Android

Di Android, manfaatkan aplikasi Google Docs gratis untuk mengunduh dokumen Anda dalam berbagai format file.

Untuk melakukannya, pertama, luncurkan Google Docs di ponsel Anda. Lalu tap dokumen yang ingin didownload.

Pada layar dokumen, di pojok kanan atas, tap titik tiga.

Dari menu tiga titik yang terbuka, pilih “Share & Export.”

Dalam menu “Share & Export” , ketuk “Save As.”

Menu “Save As” akan membuka daftar semua format tempat Anda dapat mengunduh dokumen. Pilih format lalu ketuk “OK.”

Google Documents akan mengunduh file ke penyimpanan ponsel Anda, dan Anda akan menemukannya di aplikasi pengelola file ponsel Anda.

Buat Google Doc Tersedia Offline di iPhone dan iPad

Di iPhone atau iPad, Anda tidak dapat mengunduh file Google Documents seperti di desktop dan Android. Namun, Anda dapat membuat dokumen Anda tersedia secara offline, yang memungkinkan Anda mengakses file Anda di aplikasi Google Documents bahkan saat Anda tidak terhubung ke internet.

Untuk menggunakan opsi itu, pertama, buka aplikasi Google Documents di ponsel Anda. Kemudian ketuk dokumen yang ingin Anda sediakan secara lokal.

Saat layar dokumen terbuka, di pojok kanan atas, pilih tiga titik.

Dalam menu tiga titik, di bagian bawah, ketuk “Tersedia Offline.”

Google Documents akan membuat dokumen pilihan Anda tersedia secara offline. Saat Anda kembali ke layar utama Documents, semua file offline Anda akan dicantumkan dengan ikon tanda centang di atasnya.

Dan begitulah cara Anda menghadirkan Google Documents hanya-online ke berbagai perangkat Anda untuk penggunaan offline. Sangat berguna!

Seperti ini, Anda juga dapat mengekspor semua file Google Drive ke perangkat Anda. Lihat itu jika Anda tertarik.

Itulah berita seputar Cara Mengunduh Google Dokumen, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.