Cara Mengunduh Video Dengan Gumpalan di URL

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mengunduh video bisa jadi menyebalkan, terutama ketika situs web yang kita gunakan tidak ingin membuatnya mudah. Untuk mencegah orang mengunduh video mereka, beberapa situs web bahkan menggunakan Objek Besar Biner, atau “gumpalan”, untuk mengenkripsinya. Blob digunakan untuk menyimpan jenis informasi tertentu, seperti gambar dan file multimedia. Mereka juga biasanya membutuhkan lebih banyak ruang daripada jenis data lainnya.

Blob URL berisi protokol semu yang dapat membuat URL sementara ke file audio dan video. Jenis URL ini pada dasarnya bertindak sebagai sumber palsu untuk media di situs web, sehingga Anda tidak dapat mengunduhnya secara langsung.

Sebaliknya, Anda harus menggunakan alat konversi pihak ketiga. Namun, pertama-tama, Anda harus menemukan URL gumpalan itu sendiri. Berikut panduan lengkap tentang cara kerja proses ini:

Bagaimana Saya Dapat Mengunduh Video Dari Blob?

Sebelum kita masuk ke perangkat lunak mana yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi URL blob menjadi video dan mengunduhnya di perangkat Anda, Anda harus tahu caranya temukan alamat URL gumpalan.

Anda harus mengakses DevTools di halaman web yang berisi video yang ingin Anda unduh. Berikut langkah-langkahnya:
Klik kanan pada halaman web dan klik “Periksa” di menu. Ketika panel DevTools terbuka, klik tiga titik vertikal di sudut kanan atas dan pilih “Undock into a terpisah jendela.” Tekan Ctrl + F pada Windows atau Cmd + F pada perangkat Mac untuk menemukan URL blob.Masukkan “blob:HTTP” untuk menemukan tautan video.Sekarang klik tab “Network” di dok DevTools.Cari “m3u8” ( yang merupakan ekstensi video yang Anda butuhkan).Klik tautan dan pastikan untuk menyalin URL Permintaan dari halaman.
Ingat bahwa Anda tidak dapat membuka tautan ini dari browser web karena halaman sumber tidak ada. Untuk mendapatkan video, Anda harus menggunakan converter.

VLC Media Player

Pemutar media ini mungkin bukan perangkat lunak video paling populer akhir-akhir ini, tetapi masih memiliki fitur luar biasa yang berguna.

Misalnya, ia dapat mengonversi URL gumpalan menjadi File MP4, yang dapat Anda simpan ke komputer Anda. Jadi, pastikan untuk menginstal VLC player versi terbaru, lalu ikuti langkah berikut:
Luncurkan VLC player di komputer Anda. Klik “Media” pada toolbar di bagian atas. Dari menu drop-down, pilih “Open Network Streaming.” Saat jendela baru terbuka, tempel URL gumpalan yang disalin di ruang di bawah “Silakan masukkan URL jaringan.” Klik panah yang mengarah ke bawah di sebelah tombol “Mainkan”. Dari menu tarik-turun, pilih “Konversi .”Ketika jendela konversi muncul, pilih kualitas keluaran dan folder tujuan untuk file tersebut. Terakhir, klik tombol “Mulai”.
Ketika pemutar media VLC mengonversi URL gumpalan ke MP4, Anda dapat menemukan video di tujuan folder.

Cisdem Video Converter

Jika Anda pengguna Mac dan tidak memiliki VLC (atau tidak tertarik untuk mengunduhnya), ada solusi lain yang dapat Anda coba. Cisdem Video Converter adalah utilitas perangkat lunak konversi yang sangat efisien dengan banyak fitur penting, dan salah satunya adalah mengunduh blob URL. Jika Anda belum menggunakannya, pastikan untuk menginstal Cisdem di komputer Mac Anda terlebih dahulu. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka Cisdem di PC Mac Anda. Halaman konverter terbuka secara default. Klik tombol “Unduh” untuk pindah ke halaman unduhan. Tempelkan URL gumpalan ke bidang yang tersedia dan klik tombol unduh. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan video yang disimpan untuk memverifikasi prosesnya works.

SaveFrom.net

Mungkin ide menginstal perangkat lunak pihak ketiga tidak menarik bagi Anda. Jika Anda tidak menggunakan komputer pribadi atau tidak ingin menggunakan penyimpanan, Anda dapat menggunakan alat pengunduhan berbasis web sebagai gantinya.

SaveFrom.net dapat mengonversi video dari berbagai situs yang berisi berkas multimedia dan mengunduhnya dalam format keluaran yang berbeda. Berikut adalah cara menyimpan video blob Anda dengan alat yang efisien ini:
Buka halaman SaveFrom.net dan tempel URL blob ke bidang yang ditentukan. Situs web akan menampilkan thumbnail video, dan Anda dapat memilih kualitas video yang diinginkan. Kemudian, pilih tombol “Unduh”. Anda akan diminta untuk menyimpan file di lokasi tertentu.
Pengunduhan memakan waktu beberapa saat, tetapi kemudian Anda dapat menemukan video Anda di lokasi yang disimpan. Menggunakan SaveFrom.net cukup nyaman, tetapi perlu diingat bahwa Anda akan mengalami iklan yang mengganggu dan tidak ada cara untuk mengunduh video gumpalan 4K dengan alat ini.

Selain itu, jumlah format output yang tersedia terbatas dibandingkan dengan konversi video yang diinstal dan download software.

Selalu Memiliki Akses ke Video Favorit Anda

Menggunakan salah satu metode download URL blob di atas, Anda dapat menyimpan video dari Facebook, Twitter, dan banyak situs web lainnya. Ini adalah cara yang bagus untuk mengunduh video YouTube dan menontonnya secara offline juga.

Menemukan URL gumpalan pada halaman yang berisi video adalah langkah pertama. Dengan beberapa klik, Anda akan dapat menyalin URL dan menggunakannya untuk mengunduh video tersebut menggunakan salah satu dari banyak alat gratis yang tersedia.

Kemudian Anda harus memutuskan apakah akan memasang pemutar media VLC, Cisdem (jika Anda pengguna Mac pengguna,) atau menggunakan alat berbasis web seperti SaveFrom.net. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan terserah Anda untuk menemukan mana yang paling cocok untuk Anda.

Dengan cara apa Anda akan mengunduh blob URL? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.