Cara Meningkatkan Kecepatan VPN di Perangkat Apa Pun

Jika Anda menggunakan layanan VPN untuk menutupi alamat IP Anda, melindungi identitas dan informasi pribadi Anda, atau mengamankan koneksi Anda dari orang yang tidak berwenang dan peretas jahat, Anda akan melihat bahwa kecepatan Anda menjadi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan tidak menggunakan VPN sama sekali .

Ini berarti Anda perlu waktu lebih lama untuk mengunduh file, mengakses situs web, dan streaming video. Baca terus selagi kami mencantumkan praktik terbaik untuk meningkatkan kecepatan VPN di perangkat apa pun tanpa mengorbankan keamanan dan identitas Anda.

Mengapa Kecepatan Koneksi Menjadi Lebih Lambat dengan VPN

A VPN melindungi data Anda melalui enkripsi. Proses ini dilakukan untuk mengamankan data di dalam pengguna dan terowongan server VPN sehingga tidak ada yang dapat mengeksploitasi informasi Anda — bahkan penyedia layanan internet (ISP) atau pemerintah Anda.
Penawaran Terbatas: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari

Semua aktivitas internet Anda melewati terowongan terenkripsi ke server eksternal. Paket internet ini, bagaimanapun, membutuhkan waktu untuk melakukan perjalanan dari ujung Anda ke penerima setiap kali permintaan koneksi Anda dienkripsi sebelum dikirim ke server. Setelah dikirimkan ke penerima yang berwenang, data kemudian diubah kembali ke format yang dapat dibaca.

Banyak penyedia layanan VPN seperti ExpressVPN telah meningkatkan kemampuan kecepatan mereka untuk memperbaiki masalah ini. Namun jika koneksi VPN Anda masih mengalami pelambatan, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Yang Mempengaruhi Kecepatan Koneksi VPN Anda

Kecepatan koneksi VPN memiliki dua komponen, yaitu throughput atau jumlah data yang dikirimkan dalam periode tertentu , dan latensi, atau jumlah waktu yang diperlukan untuk meminta dan menerima tanggapan dari server.
Penawaran Terbatas: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari

Throughput dan latensi dapat dipengaruhi oleh:
Jarak Anda ke server VPN pilihan AndaJenis protokol VPN yang digunakanJumlah pengguna aktif pada server VPN tertentuKualitas kabel dan nirkabel Anda connection
Ada beberapa cara untuk memperbaiki kecepatan koneksi Anda yang lambat saat menggunakan VPN.

10 Praktik Terbaik Cara Membuat Kecepatan VPN Anda Jauh Lebih Cepat

Kesepuluh metode ini terbukti dapat meningkatkan kecepatan VPN Anda. Anda mungkin juga perlu melakukan beberapa praktik terbaik untuk mendapatkan kecepatan ideal yang Anda butuhkan. Penawaran Terbatas
: GRATIS 3 bulan! Dapatkan ExpressVPN. Aman dan ramah streaming.Jaminan uang kembali 30 hari
1. Ubah protokol VPN Anda.
Dengan protokol VPN, perangkat lunak mengikuti serangkaian kode saat enkripsi VPN mengubah data Anda menjadi format yang tidak dapat dibaca sehingga tidak dapat diuraikan. Protokol VPN yang menggunakan enkripsi bit yang lebih tinggi sangat ideal untuk mendapatkan keamanan terbaik, namun, juga akan ada trade off dalam kecepatan Anda.

Sebagian besar penyedia VPN saat ini akan menghubungkan pengguna ke protokol yang paling sesuai dengan jaringan yang ada. Tetapi jika Anda memutuskan untuk mengontrol protokol VPN, Anda dapat mengaturnya berdasarkan opsi yang tersedia dari penyedia layanan VPN Anda.

Salah satu koneksi yang andal adalah ExpressVPN Lightway, yang memiliki lebih sedikit baris kode sekitar 2.000 baris saja. Ini relatif lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit daya pada perangkat Anda. Jika koneksi Anda tiba-tiba terputus, itu akan menghubungkan Anda kembali secara otomatis, sedangkan protokol VPN lain membutuhkan waktu setidaknya 15 detik untuk menjalankan proses yang sama. Pengujian independen kami juga mengungkapkan bahwa ini jauh lebih cepat daripada WireGuard dan protokol lainnya dengan perbedaan sekitar 2 Mbps untuk mengunduh dan 3 Mbps untuk mengunggah.

Jika Anda menggunakan perangkat seluler dan ingin memuat lebih cepat tanpa menguras baterai, Anda dapat memilih ChaCha20, yang merupakan sandi yang jauh lebih cepat daripada AES-128 GSM.
2. Mulai ulang perangkat, modem, dan/atau router Anda.
Jika Anda terlalu sibuk di depan komputer, perangkat Anda mungkin hanya perlu melakukan boot ulang sesekali untuk menyegarkan dan mengosongkan RAM. Ini juga akan memperbaiki beberapa masalah sistem internal yang menyebabkan koneksi VPN Anda melambat.

Rute Anda juga memerlukan restart atau siklus daya untuk membersihkan cache-nya. Ini juga akan membantu router Anda untuk memilih saluran yang tidak terlalu ramai.

Terakhir, jika tujuan Anda adalah mengembalikan kinerja puncak perangkat, Anda mungkin perlu mengatur ulang ke pengaturan pabrik. Perlu diingat bahwa hal itu akan menghapus semua yang ada di system.
3. Beralih ke Koneksi Berkabel.
Jalankan uji kecepatan pada koneksi nirkabel Anda dan periksa apakah koneksi berjalan lambat. Kemudian, alihkan ke koneksi kabel atau ethernet untuk mendapatkan bandwidth khusus. Sambungan kabel memberikan kecepatan lebih cepat karena tidak mengalami gangguan lebih lanjut dan Anda tidak akan berbagi bandwidth jaringan nirkabel dengan pengguna lain yang menambah lalu lintas.
4. Perbarui perangkat lunak perangkat Anda.
Perangkat lunak lama perangkat Anda memerlukan pembaruan terus-menerus untuk mengatasi masalah kinerja dan juga membantu memperbaiki bug dan kesalahan yang dapat menyebabkan lambatnya kecepatan koneksi Anda. Ini juga akan memungkinkan perangkat Anda memiliki pembaruan keamanan terbaru untuk menambal vulnerabilities.
5. Sambungkan ke server yang lebih dekat dengan lokasi Anda.
Mengubah server ke lokasi yang lebih dekat dengan Anda dapat meningkatkan kecepatan pemuatan. Jika server VPN yang Anda pilih secara signifikan jauh dari lokasi fisik Anda, akan memakan waktu lebih lama untuk mengirimkan paket data karena lebih banyak jaringan yang harus dilalui. Selain itu, beberapa paket mungkin tersesat dan latensi dapat dipengaruhi oleh batas bandwidth di luar negeri.

Satu-satunya saat kami menyarankan Anda untuk memilih server VPN yang jauh dari lokasi Anda adalah saat Anda melakukan geo-spoofing ke mengakses konten yang tidak ditawarkan untuk streaming atau diunduh di tempat Anda berada di.
6. Pilih server yang tidak kelebihan beban.
Saat Anda terhubung ke server VPN, Anda juga membagikannya dengan ribuan pengguna lain. Periksa beban server saat ini sebelum menghubungkan sehingga Anda dapat beralih ke opsi lain yang tidak terlalu ramai. Jika ini tidak memungkinkan, coba sambungkan ke server lain untuk menguji server mana yang memberi Anda kecepatan tercepat.
7. Nonaktifkan antivirus atau firewall Anda sejenak.
Perangkat lunak antivirus dan firewall Anda memeriksa dan memfilter paket data sebelum mengizinkannya melewati jaringan Anda. Proses ini dapat secara signifikan menurunkan transmisi data dan kecepatan internet Anda.

Jika Anda mengunduh dari situs web tepercaya, Anda dapat menonaktifkan antivirus dan firewall untuk sementara untuk meningkatkan kecepatan koneksi Anda. Namun, pastikan untuk mengaktifkannya kembali setelah Anda selesai untuk menghindari virus dan worm mengganggu sistem Anda.
8. Kurangi jumlah aplikasi aktif yang berjalan di latar belakang.
Mungkin sulit bagi kecepatan yang Anda inginkan untuk memenuhi tuntutan Anda saat Anda menjalankan beberapa aplikasi yang menghabiskan terlalu banyak bandwidth.

Periksa apakah ada aplikasi yang dapat ditutup sehingga kecepatan koneksi Anda dapat ditingkatkan, hanya menyisakan program yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas Anda.
9. Aktifkan tunneling terpisah.
Jika Anda tidak dapat menghindari penggunaan beberapa aplikasi secara bersamaan, periksa apakah penyedia VPN Anda menawarkan fitur tunneling terpisah sehingga Anda dapat mengalokasikan sebagian bandwidth ke aplikasi tertentu.

Melakukan hal tersebut dapat membantu Anda memilih situs web yang dapat dijalankan terowongan VPN sambil menyerahkan sisanya ke koneksi biasa Anda.
10. Beralih ke penyedia VPN lain seperti ExpressVPN.
Tidak semua penyedia layanan VPN memberikan kecepatan yang sama. Misalnya, selama pengujian independen kami, kami menyimpulkan bahwa di antara VPN terkemuka saat ini, ExpressVPN menyediakan beberapa kecepatan tercepat. koneksi non-VPN. Menghubungkan ke server internasional seperti di Eropa juga hanya mengurangi kecepatan secara minimal.