Cara Meningkatkan RAM Video Khusus

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
Windows 11Windows 10Windows 7Device Missing?
Jumlah RAM video yang baik sangat penting untuk game atau tugas PC yang intensif visual. Jika komputer Anda mengalami kesulitan di departemen ini akhir-akhir ini, Anda mungkin berpikir mengupgrade kartu video Anda adalah satu-satunya solusi.

Meskipun kartu grafis baru pasti akan memberikan dorongan pada komputer desktop Anda, itu tidak selalu menjadi pilihan untuk laptop. Kartu video juga bisa agak mahal, jadi mendapatkan hasil maksimal dari apa yang Anda miliki saat ini dapat menghemat uang Anda untuk saat ini. Solusi yang tidak mengharuskan Anda untuk meningkatkan perangkat keras Anda adalah meningkatkan RAM video khusus PC Anda. Baca terus untuk mengetahui tentang solusi ini dan cara menerapkannya sendiri.

Meningkatkan Video Khusus RAM

Video RAM (atau VRAM) adalah RAM yang didedikasikan untuk media ini. Berbeda dengan RAM biasa, VRAM bekerja sama dengan GPU Anda untuk menyimpan data terkait grafik jangka pendek. VRAM bukan satu-satunya faktor yang menentukan seberapa lancar pengalaman Anda saat mengedit video, merender model 3D, atau menjalankan game dengan grafis intensif. Namun, sejumlah VRAM diperlukan untuk operasi ini. Meskipun Anda tidak dapat mengubah VRAM secara fisik tanpa mengubah GPU, Anda dapat memberikan instruksi ke PC untuk memastikan PC menggunakan kapasitas maksimal yang Anda miliki.

Meningkatkan VRAM tidak menjamin meningkatkan pengalaman Anda, tetapi dapat membantu Anda melewati beberapa rintangan. Coba solusi berikut di PC Windows Anda.

Cara Meningkatkan RAM Video Khusus di Windows 11

Sebelum memulai perjalanan Anda untuk meningkatkan RAM video khusus, memeriksa seberapa banyak yang digunakan PC Windows 11 Anda saat ini adalah ide yang bagus. Ikuti langkah-langkah ini untuk menemukan informasi itu.
Klik ikon Windows dan buka Pengaturan Anda. Di tab “Sistem”, temukan “Tampilan lanjutan” di bawah “Pengaturan terkait.” Klik “Properti adaptor tampilan untuk Tampilan (angka).” Anda’ akan melihat memori video khusus Anda di jendela yang muncul.
Jika Anda merasa nomor ini tidak mencukupi, coba sesuaikan di BIOS.
Mulai ulang komputer Anda dan tekan tombol BIOS khusus Anda berulang kali saat PC Anda boot. Temukan menu “Fitur lanjutan” di BIOS Anda. Cari pengaturan grafis Anda (opsi ini mungkin disebut “Pengaturan Grafik,” “Ukuran Memori Berbagi VGA,” “Pengaturan Video,” atau yang serupa). Pilih jumlah ruang yang ingin Anda alokasikan ke VRAM Anda. Simpan perubahan, restart PC Anda, dan periksa apakah VRAM Anda telah ditingkatkan dengan menggunakan petunjuk di atas.
Cara lain untuk mengubah RAM video khusus Anda adalah melalui Registry Editor Anda. Meskipun secara teknis ini tidak akan meningkatkan VRAM Anda, itu akan membuat program percaya bahwa mereka memiliki lebih banyak jus untuk digunakan.
Klik ikon Windows Anda, ketik “regedit” di bilah pencarian, dan buka Registry Editor. Arahkan ke lokasi berikut: ” HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareIntel.” Klik kanan “Intel” di sidebar dan pilih “Key” di bawah “New.” Beri nama kunci baru Anda “GMM” dan buka. Klik kanan di dalam panel sisi kanan dan pilih “Dword (32-bit) Value” di bawah “New.” Beri nama “DedicatedSegmentSize” dan klik dua kali. Pilih “Hexadecimal” di sisi kanan dan masukkan jumlah VRAM yang Anda inginkan dalam megabyte. Simpan perubahan dan restart komputer Anda.
Cara Meningkatkan Dedicated Video RAM di Windows 10

Langkah-langkah untuk meningkatkan VRAM Anda di Windows 10 sangat mirip. Pertama, periksa VRAM Anda saat ini dengan cara berikut.
Ketik “Pengaturan tampilan” di bilah pencarian Windows 10 Anda dan pilih hasil terbaik. Temukan “Pengaturan tampilan lanjutan” di bagian bawah. Klik “Properti adaptor tampilan untuk Tampilan (nomor )” di bawah “Informasi Tampilan.” Lihat nomor di samping “Memori Video Khusus” untuk mengetahui jumlah VRAM Anda saat ini. Ada dua cara untuk meningkatkan jumlah ini tanpa peningkatan perangkat keras. Yang pertama menggunakan BIOS Anda:
Nyalakan kembali komputer Anda dan tekan tombol BIOS Anda berulang kali saat sistem melakukan booting. Temukan menu yang disebut “Pengaturan Video,” “Pengaturan Grafik,” atau “Ukuran Memori Berbagi VGA” di bawah “Lanjutan.” Tingkatkan VRAM yang telah dialokasikan sebelumnya.Simpan perubahan dan restart PC Anda lagi.
Mengedit BIOS Anda bukanlah pilihan untuk semua orang. Untungnya, Anda juga dapat mengubah VRAM Anda menggunakan Windows 10 Registry Editor. Meskipun ini tidak mengubah kinerja PC Anda, itu akan menipu program yang menolak untuk beroperasi karena VRAM Anda saat ini rendah. Tekan tombol Windows dan “R” Anda secara bersamaan untuk membuka kotak dialog Run. Ketik “regedit” dan tekan “OK.” Arahkan ke “HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareIntel.” Klik kanan “Intel” di panel sisi kiri dan pilih “Kunci” di bawah “Baru.” Beri nama kunci baru “GMM.” Pilih “GMM” dan klik kanan di dalam panel di sebelah kanan. Klik “Dword (32-bit) Value” di bawah “New,” dan ketik “DedicatedSegmentSize.” Buka “DedicatedSegmentSize,” pilih “Desimal,” dan ketik nilai antara 0 dan 512 .Klik “OK” dan restart PC Anda untuk melihat perubahan yang diterapkan.
Cara Meningkatkan RAM Video Khusus di Windows 7

Sebelum Anda mengubah jumlah VRAM khusus di Windows 7, verifikasi VRAM Anda saat ini di Pengaturan Tampilan.
Klik kanan pada desktop dan pilih “Resolusi Layar.” Temukan “Pengaturan Lanjut.” VRAM yang saat ini dialokasikan akan ditampilkan di sebelah “Video Khusus Memori.”
Untuk menambah jumlah ini dan menjalankan perangkat lunak yang memerlukan minimum yang lebih tinggi untuk memulai, buka Registry Editor Anda.
Klik ikon Windows.Masukkan “regedit” di bilah pencarian dan buka hasil pertama. Di jendela baru, klik “ Edit,” lalu “Temukan.” Ketik “INCREASEFIXEDSEGMENT” dan tekan “Find Next.” Klik dua kali file “IncreaseFixedSegment”. Ketik “1” di bawah “Value data” dan tekan “OK.” Mulai ulang PC Anda dan periksa VRAM Anda di Pengaturan Tampilan untuk melihat apakah Anda percobaan berhasil.
Pasang Kacamata HD Anda

RAM video yang tidak cukup dapat dengan mudah menyebabkan kelambatan dan macet, yang tidak hanya mengganggu tetapi juga dapat sangat menghambat pekerjaan Anda. Jika membeli kartu video baru bukanlah pilihan, Anda dapat mencoba meningkatkan RAM video khusus PC Anda menggunakan petunjuk di atas.

Pernahkah Anda melihat peningkatan dalam cara PC menangani grafik setelah meningkatkan VRAM Anda? Apakah Anda memiliki tip untuk mereka yang masih mencoba mengubah pengaturan mereka? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.