Cara Menonaktifkan Kamera di iPhone

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menonaktifkan kamera iPhone Anda? Mungkin Anda ingin mencegah penggunaan yang tidak sah atau mencegah diri Anda menghabiskan begitu banyak waktu di ponsel Anda. Atau mungkin Anda ingin memastikan anak-anak Anda tidak menghabiskan seluruh waktu luang mereka menatap layar mereka. Apa pun alasannya, iPhone adalah perangkat yang mudah digunakan dan menawarkan beberapa cara untuk menonaktifkan fitur kamera.

Terus membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menonaktifkan Kamera di iPhone

Meskipun Anda mungkin yakin ingin menonaktifkan kamera iPhone, Anda harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut.
Setelah Anda menonaktifkan kamera, itu akan menjadi tidak tersedia untuk perangkat Anda, dan aplikasi seperti WhatsApp dan FaceTime tidak akan dapat mengaksesnya.Anda tidak akan dapat menggunakan FaceTime karena aplikasi akan menjadi tidak tersedia . IPhone Anda akan menyembunyikan ikon aplikasi dan tidak mengizinkan Anda melakukan panggilan video dan audio dari aplikasi. Membatasi kamera akan menonaktifkan kamera depan dan belakang. Setelah mengaktifkan kembali fitur kamera, tata letak layar beranda iPhone Anda mungkin terlihat berbeda.
Bagaimana untuk Menonaktifkan Kamera di iPhone

Menonaktifkan kamera iPhone menggunakan Durasi Layar relatif cepat dan mudah.

Sebelum memulai, Anda harus mengaktifkan Durasi Layar terlebih dahulu.
Luncurkan Pengaturan dan pilih opsi “Waktu Layar”. Tekan “Aktifkan Layar”. Time” dan klik “Lanjutkan.” Tekan “Ini iPhone Saya” jika Anda mengaktifkan Durasi Layar di perangkat Anda. Pilih “Ini adalah Ponsel Anak Saya” jika Anda mengaktifkan fitur untuk anak atau anggota keluarga Anda. Gulir ke bagian bawah antarmuka dan ketuk “Bagikan di Seluruh Perangkat” untuk mengaktifkan Durasi Layar di semua perangkat Apple Anda.
Setelah mengaktifkan Durasi Layar, Anda dapat melanjutkan untuk menonaktifkan kamera Anda. Ikuti petunjuk di bawah untuk melakukannya:
Buka aplikasi Pengaturan dan tekan “Waktu Layar.” Jika Anda mengubah pengaturan kamera perangkat Anda, pilih “Pembatasan Konten & Privasi.” Klik “Aplikasi yang Diizinkan.” Temukan opsi “Kamera” dan matikan fitur.
Pintasan geser kamera sekarang akan menghilang dari layar kunci.

Jika Anda berubah pikiran dan ingin menggunakan kamera lagi, membatalkan tindakan hanya membutuhkan beberapa klik.
Tekan aplikasi Pengaturan dan ketuk “Waktu Layar ” option.Pilih “Content & Privacy Restrictions” jika mengaktifkan kamera di iPhone Anda. Pilih “Allowed Apps” dan ketuk penggeser di sebelah opsi “Camera”.
Cara Tambahan untuk Menonaktifkan Kamera di iPhone

Menggunakan Waktu Layar untuk menonaktifkan kamera mungkin tidak berfungsi untuk semua pengguna karena sepenuhnya memblokir akses kamera. Untungnya, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengaktifkan Downtime.

Menyetel Waktu Henti

Downtime memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal yang mengatur kapan Anda atau anak Anda tidak dapat dan dapat menggunakan iPhone. Otomatis aktif dari jam 10 malam. hingga pukul 7 pagi. Namun, Anda dapat menyesuaikan jangka waktu agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saat Waktu Henti berjalan, tombol jam pasir muncul di samping semua ikon aplikasi. Jika anak Anda mencoba meluncurkan aplikasi, mereka tidak akan dapat menggunakannya, dan sebuah pesan akan memberi tahu mereka bahwa Waktu Henti aktif. Hal yang sama berlaku untuk Kamera. Anak hanya dapat menggunakannya di luar jangka waktu Henti.

Berikut yang perlu Anda lakukan untuk menetapkan Waktu Henti untuk anak Anda atau anggota keluarga lainnya:
Tekan aplikasi Pengaturan di perangkat dan pilih “Waktu Layar”. Arahkan ke bagian “Keluarga” dan pilih anggota keluarga yang akses kameranya ingin Anda batasi. Ketuk opsi “Waktu Henti” dan masukkan kode Durasi Layar jika diminta. Klik penggeser di sebelah “Jadwal” dan pilih waktu kapan Waktu Henti akan aktif.
Ketika Anda memutuskan untuk menonaktifkan Waktu Henti, langkah-langkah di bawah ini akan membantu Anda melakukannya.
Ketuk aplikasi Pengaturan dan tekan “Waktu Layar”. Buka bagian “Keluarga” dan pilih nama anak atau anggota keluarga Anda untuk memulihkan akses kamera mereka. Pilih “Waktu Henti” dari daftar opsi. Ketik kode Waktu Layar Anda jika diminta. Temukan opsi “Terjadwal” dan ketuk penggeser di sebelahnya untuk menonaktifkan fitur.
App Limits

Cara lain Anda dapat menonaktifkan kamera pada iPhone adalah melalui App Limits. Ini dapat membantu memastikan anak Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakan aplikasi tertentu, termasuk kamera. Batas Aplikasi akan mengunci kamera, dan Anda dapat membuka kuncinya dan menambahkan lebih banyak waktu pengguna ke aplikasi.

Menyiapkan Batas Aplikasi relatif mudah. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk membatasi akses kamera:
Tarik aplikasi Pengaturan dan ketuk opsi “Waktu Layar”. Buka bagian “Keluarga” dan pilih nama anggota keluarga yang akses kameranya ingin Anda nonaktifkan. Tekan “Batas Aplikasi.” Pilih “Kreativitas” dan pilih “Kamera.” Tekan “Berikutnya” dan atur waktu kapan anak atau anggota keluarga Anda dapat menggunakan kamera di perangkat mereka. Anda dapat menyesuaikan menit, jam, atau hari. Temukan opsi “Blokir di Akhir Batas” dan aktifkan. Anda mungkin perlu memasukkan kode Waktu Layar Anda. Tekan tombol “Tambah”.
Ketika Anda memutuskan tidak perlu lagi menggunakan Batas Aplikasi, Anda dapat menonaktifkannya dengan mengikuti petunjuk di bawah.
Buka aplikasi Pengaturan dan tekan “Waktu Layar”. anggota keluarga yang ingin Anda hapus batasannya. Klik “Batas Aplikasi.” Jika perlu, masukkan kode Durasi Layar Anda. Ketuk tombol “Hapus Batas” di jendela pop-up untuk mengonfirmasi keputusan Anda.
Restrictions

Anda dapat mengaktifkan fitur Pembatasan jika Anda tidak ingin menggunakan Durasi Layar untuk menonaktifkan kamera Anda. Opsi ini memblokir siapa pun tanpa kata sandi Pembatasan Anda untuk mengakses kamera. Ini berguna ketika Anda tidak ingin orang lain memiliki akses ke perangkat Anda. Berikut cara mengaktifkan fitur ini:
Luncurkan aplikasi Pengaturan dan pilih “Umum.” Gulir ke bagian bawah layar dan pilih opsi “Pembatasan”. Pilih “Aktifkan Pembatasan” untuk melihat jendela “Setel Kode Sandi”. kode sandi empat digit.Masukkan kembali kode untuk membuka jendela “Pembatasan”.
Ingat bahwa menonaktifkan kamera memblokir aplikasi FaceTime.

Izin Kamera

Anda juga dapat menghapus izin kamera.
Buka Pengaturan dan ketuk opsi “Privasi”. Pilih “Kamera” untuk lihat semua aplikasi yang dapat mengakses kamera perangkat Anda. Buka daftar aplikasi hingga Anda melihat “Kamera” dan ketuk penggeser di sebelahnya untuk menonaktifkannya.
Anda tidak akan dapat membuka kamera dari layar kunci. Anda dapat dengan cepat mengaktifkannya kembali dengan menuju ke “Privasi” dan mengaktifkannya.

Lights, Camera, No Action

Kamera iPhone Anda mengambil foto berkualitas tinggi, tetapi terkadang Anda mungkin ingin menonaktifkannya untuk menghentikannya agar tidak menjadi gangguan. Mengubah pengaturan “Privasi” perangkat Anda juga memungkinkan Anda mengubah izin dan batasan kamera sehingga Anda dapat mengakses aplikasi hanya dengan kode sandi. Durasi Layar membatasi akses kamera Anda dan membantu orang tua memastikan anak-anak mereka tidak terlalu sering menggunakan aplikasi “Kamera”. Saat Anda perlu menggunakan kamera lagi, Anda dapat mengaktifkannya dalam waktu kurang dari lima menit.

Apakah Anda pernah menonaktifkan kamera di iPhone sebelumnya? Manakah dari metode di atas yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.