Cara Menonaktifkan Kamera di Perangkat Android

Salah satu fungsi smartphone yang penting bagi banyak pengguna adalah kamera. Ini memungkinkan kita untuk mengambil gambar momen spesial tanpa membawa alat berat. Namun terkadang, Anda mungkin ingin mematikan kamera Anda. Karena aplikasi Kamera Android sudah terpasang di dalam perangkat, Anda tidak dapat menghapusnya begitu saja.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara menonaktifkan kamera di perangkat Android Anda, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah terperinci tentang cara mematikan kamera Anda. Selain itu, kami akan memberi tahu Anda cara menghapus aplikasi Kamera dari layar kunci dan menonaktifkan suara rana.

Menonaktifkan Kamera Android

Anda mungkin ingin menonaktifkan aplikasi Kamera di perangkat Android Anda dalam beberapa kasus. Misalnya, Anda dapat melakukannya karena alasan privasi atau keamanan. Mematikan kamera Anda dapat mencegah penyusup meretasnya.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menonaktifkan aplikasi Kamera di Android Anda:
Buka Pengaturan. Gulir ke bawah dan ketuk “Aplikasi.” Ketuk “Kamera.” Tekan “Nonaktifkan.” Jika opsi ini tidak tersedia, ketuk “Izin” dan alihkan tombol sakelar di sebelah “Kamera.”
Perlu diingat bahwa setelah Anda menonaktifkan aplikasi Kamera, beberapa fungsi mungkin tidak berfungsi di perangkat Anda.

Nonaktifkan Kamera Android 12

Saat ini menulis artikel ini, versi Android 12 Beta hanya tersedia untuk beberapa perangkat. Ini menawarkan banyak fitur baru dan menarik untuk semua pengguna, dan salah satunya adalah kemungkinan untuk mematikan akses kamera menggunakan menu Pengaturan Cepat. Menu ini muncul saat Anda menggesek layar dari atas ke bawah.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan kamera di Android 12:
Gesek ke bawah dari atas layar Anda.Gesek ke bawah lagi untuk membuka semua opsi.Temukan “Akses kamera” di antara opsi dan ketuk. Ikon harus menjadi abu-abu gelap, yang berarti diblokir. Jika Anda ingin mengaktifkannya kembali, ketuk lagi.
Nonaktifkan Kamera untuk Aplikasi Individual di Android

Jika Anda mematikan aplikasi Kamera sepenuhnya, Anda mungkin kehilangan beberapa fungsi penting perangkat Anda. Untuk mencegahnya, Anda dapat menonaktifkan opsi kamera hanya untuk aplikasi tertentu. Berikut cara melakukannya:
Buka menu Anda dan buka Pengaturan. Tekan “Aplikasi.” Temukan aplikasi untuk menonaktifkan kamera dan ketuk. Gulir ke bawah dan ketuk “Izin.” Ganti tombol sakelar di sebelah “Kamera.” Ulangi ini proses untuk setiap aplikasi yang tidak ingin Anda akses kamera Anda.
Nonaktifkan Layar Kunci Android Kamera

Aplikasi Kamera dapat ditemukan di sebagian besar layar kunci Android, biasanya di pojok kanan bawah. Banyak yang menganggap opsi ini berguna karena Anda dapat dengan cepat mengambil foto tanpa membuka kunci layar dan meluncurkan aplikasi Kamera.

Namun, beberapa pengguna tidak menyukai opsi ini. Yaitu, karena Anda dapat mengakses aplikasi Kamera saat layar terkunci, Anda dapat meluncurkannya secara tidak sengaja dan mengambil gambar saat ponsel ada di saku. Hal ini dapat menguras baterai Anda dan menghabiskan ruang. Selain itu, jika suara rana kamera diaktifkan dan suara Anda aktif, semua orang dapat mendengarnya, sehingga sangat canggung jika Anda berada di tempat yang sunyi.

Untungnya, Anda dapat menghapus aplikasi Kamera dari layar kunci kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
Luncurkan menu Anda dan masuk ke pengaturan. Tekan “Kunci layar.” Gulir ke bawah dan ketuk “Pintasan aplikasi.” Pilih pintasan Kamera. Ganti tombol sakelar untuk menonaktifkan pintasan atau pilih aplikasi lain yang ingin Anda gunakan.
Tergantung pada versi Android yang Anda jalankan, langkah-langkahnya mungkin terlihat sedikit berbeda:
Buka menu Anda dan masuk ke pengaturan. Ketuk “Keamanan & Privasi.” Pilih “Kunci layar.” Pilih “Kunci pintasan layar.” Tekan ikon Kamera dan matikan pintasan atau pilih aplikasi lain.
Nonaktifkan Suara Kamera Android

Setiap kamera Android dilengkapi suara rana. Suaranya mirip dengan kamera profesional dan membantu Anda mengetahui bahwa Anda mengambil gambar meskipun Anda tidak melihat ke layar. Tapi, suara ini terkadang bisa mengganggu. Atau Anda mungkin menemukan diri Anda berada di museum, teater, atau suasana sunyi lainnya di mana Anda tidak menginginkan suara rana kamera.

Untungnya, semua ponsel Android memungkinkan Anda mematikan suara kamera. Namun, langkah-langkahnya tergantung pada model dan versi Android Anda. Kami akan membahas langkah-langkah untuk perangkat berbasis Android paling populer.

Menonaktifkan Suara Kamera di Stock Android

Stock Android, atau Android murni, adalah versi OS asli yang dirilis oleh Google. Ini berarti pabrikan tidak mengubah atau menyesuaikan opsi apa pun. Perangkat seperti Google Pixel memiliki versi ini, dan berikut ini cara menonaktifkan suara kamera:
Luncurkan aplikasi Kamera. Ketuk panah yang mengarah ke bawah di bagian atas layar Anda. Pilih ikon roda gigi di menu yang muncul di layar Anda. Beralih tombol sakelar di sebelah “Suara kamera.”
Juga, Anda selalu dapat menggunakan tombol volume untuk mematikan suara.

Menonaktifkan Suara Kamera di Samsung

Perangkat Samsung yang lebih baru memungkinkan Anda mematikan suara kamera di dalam aplikasi. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk melakukannya:
Buka aplikasi Kamera.Tekan ikon roda gigi untuk mengakses pengaturan.Buka “Suara rana” dan nonaktifkan.
Perlu diingat bahwa perangkat Samsung yang lebih lama mungkin tidak memiliki opsi ini. Gunakan tombol volume untuk menonaktifkan suara rana kamera jika Anda tidak melihatnya. Matikan volume sepenuhnya atau matikan hanya suara Sistem. Dengan begitu, suara untuk media, notifikasi, dan nada dering akan tetap menyala.

Nonaktifkan Suara Kamera di Xiaomi

Berikut cara mematikan suara rana kamera di Xiaomi:
Buka aplikasi Kamera.Tekan tiga garis di pojok kanan atas .Tekan “Pengaturan.” Ganti tombol sakelar di sebelah “Suara rana.”
Nonaktifkan Suara Kamera di Huawei

Jika Anda memiliki perangkat Huawei, berikut cara menonaktifkan suara rana kamera:
Luncurkan aplikasi Kamera.Gesek ke kiri untuk mengakses pengaturan. Alihkan tombol sakelar di sebelah “Bungkam.”
Nonaktifkan Suara Kamera di perangkat LG

LG tidak memiliki opsi untuk mematikan suara rana kamera dalam aplikasi. Satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan tombol volume dan menempatkan perangkat Anda dalam mode senyap, getar, atau “jangan ganggu”.

Menonaktifkan Kamera Depan di Android

Ponsel Android tidak menawarkan opsi untuk menonaktifkan kamera depan tanpa menonaktifkan yang utama. Jika Anda ingin mematikan kamera depan Anda, inilah yang perlu Anda lakukan:
Luncurkan menu Anda dan buka Pengaturan. Gulir ke bawah dan pilih “Aplikasi.” Tekan “Kamera.” Ketuk “Nonaktifkan.” Jika opsi ini berwarna abu-abu, pilih “Izin” lalu alihkan sakelar di sebelah “Kamera.”
Ingat bahwa ini akan mencegah Anda menggunakan kamera depan dan belakang.

Matikan Kamera Android Dengan Mudah

Sebagian besar perangkat Android tidak memiliki penutup kamera privasi, sehingga beberapa pengguna mungkin merasa perlu menonaktifkan kamera untuk menjaga keamanan mereka. Karena kamera adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan, Anda dapat menonaktifkannya untuk sementara dan mengaktifkannya kembali setelah Anda siap. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan izin setiap aplikasi dan menonaktifkan akses ke kamera untuk meningkatkan keamanan.

Apakah menurut Anda terkadang perlu menonaktifkan kamera di Android? Apa alasannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.