Cara Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Google Chrome

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
AndroidiPhoneMacWindowsDevice Missing?
Salah satu manfaat Chrome adalah seberapa sering Chrome diperbarui secara otomatis untuk memastikan keamanan online pengguna melalui program yang disebut Omaha. Meskipun pembaruan ini berguna, beberapa pengguna mungkin ingin menonaktifkannya.

Jika Anda tertarik mempelajari cara menonaktifkan pembaruan otomatis di Chrome, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara untuk mematikan pembaruan menggunakan semua perangkat teknologi utama.

Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Chrome di Mac

Anda dapat menggunakan beberapa metode berbeda untuk menonaktifkan pembaruan di Mac.

Menonaktifkan dengan Mengganti Nama Folder Pembaruan

Yang pertama cara untuk menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis di Mac Anda adalah dengan mengganti nama folder pembaruan. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Tekan “Go” di menu atas. Jika Anda tidak melihat opsi ini, klik di manapun pada desktop Anda, atau pilih “Finder”, dan tombol akan muncul. Pilih “Library” dari menu drop-down. Gulir ke bawah dan buka “Google.” Pilih “GoogleSoftwareUpdate ” folder. Pilih “File” dari menu atas. Tekan “Get info”, pilih nama folder, dan ganti namanya. Kami menyarankan menggunakan “Tidak ada pembaruan” atau yang serupa. Ingatlah bahwa Anda mungkin perlu memilih ikon kunci di sudut kiri bawah dan memasukkan kata sandi Anda untuk dapat mengganti nama folder. Pilih “Kembali” di keyboard Anda. Mulai ulang perangkat Mac Anda dengan memilih ikon apel di kiri atas pojok dan pilih “Mulai ulang.”
Setelah Mac Anda dimulai ulang, pembaruan otomatis untuk Chrome Anda akan dinonaktifkan. Berikut cara mengujinya:
Buka browser Anda dan ketik “chrome://settings/help” di bilah alamat. Browser akan mencoba mengunduh pembaruan secara otomatis. Jika Anda melihat pesan kesalahan yang mengatakan browser tidak dapat mengunduhnya, Anda telah berhasil menonaktifkan pembaruan otomatis. Namun, jika Anda melihat bahwa Chrome telah mengunduh pembaruan, coba salah satu metode lain yang akan kita bahas.
Menonaktifkan dengan Mengubah URL Pembaruan Otomatis

Cara lain untuk menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis di perangkat Mac adalah dengan mengubah URL pembaruan otomatis. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Buka “Finder.” Ini adalah ikon biru-putih yang menampilkan wajah tersenyum di bagian bawah layar Anda. Pilih “Aplikasi” di menu di sebelah kiri Anda. Temukan “Google Chrome.app” dan klik kanan. Jika Anda menggunakan trackpad atau Magic Mouse, klik dua kali ikon menggunakan dua jari atau tekan tombol Control sambil mengeklik ikon. Daftar drop-down akan muncul. Pilih “Show Package Contents.” Temukan “Info.plist” dan buka di editor kode XML. Anda dapat membukanya di editor kode default Anda dengan mengklik dua kali file tersebut. Anda juga dapat mengklik kanan file, tekan “Buka dengan,” dan pilih editor. Klik dua kali “KSUpdateURL” dan ubah ke apa pun yang Anda inginkan. Tekan “File” di bagian atas dan pilih “Simpan.”
Pembaruan Chrome otomatis sekarang harus dinonaktifkan. Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa apakah metode ini berhasil untuk Anda:
Luncurkan Chrome dan buka chrome://settings/help.Jika Anda melihat pesan kesalahan yang memberi tahu Anda bahwa pembaruan tidak mungkin dilakukan, Anda telah berhasil menonaktifkannya. Namun, jika Chrome mengunduh pembaruan terbaru, metode ini jelas tidak berfungsi. Ini tidak berarti metode lain tidak akan berfungsi, jadi jangan ragu untuk mencobanya.
Menonaktifkan dengan Memodifikasi Interval Pembaruan

Pengguna Mac dapat menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis dengan mengubah interval pembaruan. Berikut cara melakukannya:
Launch Finder (ikon biru-putih di bagian bawah). Pilih “Go” dan kemudian pilih “Go to Folder.” Ketik “~/Library/Preferences” dan tekan enter. Temukan “com .google.Keystone.Agent.plist” dan buka dengan editor XML.Ubah keystring dari 1800 menjadi 0 dan simpan dan tutup file.Tekan ikon kaca pembesar di sudut kanan atas.Mulai ketik “Terminal” dan buka. Ketik perintah ini di Terminal: “defaults write.com.google.Keystone.Agent checkInterval 0”.
Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa apakah pembaruan Chrome otomatis sekarang dinonaktifkan:
Buka Chrome dan kunjungi chrome://settings/help .Jika Anda melihat pesan kesalahan, metode ini berhasil, dan pembaruan otomatis dinonaktifkan. Jika Chrome mengunduh pembaruan, Anda akan mengetahui bahwa metode ini tidak berhasil.
Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Chrome pada Windows PC

Pengguna Windows dapat menggunakan empat metode berbeda untuk menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis. Pilih salah satu metode di bawah ini dan ikuti bersama.

Menonaktifkan Pembaruan Otomatis dengan Menonaktifkan Layanan Pembaruan

Metode pertama untuk menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis di Windows melibatkan penonaktifan layanan pembaruan. Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, ingatlah untuk menyimpan semua pekerjaan yang terbuka karena Anda harus me-restart komputer Anda pada langkah terakhir.

Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menonaktifkan layanan pembaruan:
Luncurkan menu Start (tekan logo Windows di bagian bawah- sudut kiri). Ketik “Jalankan” di bilah pencarian dan buka aplikasi. Masukkan “msconfig” di kotak teks dan tekan “OK” untuk meluncurkan jendela Konfigurasi Sistem Windows. Buka tab “Layanan”. Tandai kotak centang berikutnya ke “Sembunyikan semua layanan Microsoft.” Temukan “Layanan Pembaruan Google (gupdate)” dan “Layanan Pembaruan Google (gupdatem)” dan hapus centang pada kedua kotak. Tekan “Terapkan” lalu pilih “OK.” Mulai ulang komputer Anda.
Setelah memulai ulang komputer Anda , Anda dapat memeriksa apakah pembaruan telah dinonaktifkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka browser Chrome dan masukkan “chrome://settings/help” di bilah alamat. Jika Anda melihat pesan yang mengatakan terjadi kesalahan saat memeriksa pembaruan, itu berarti Anda telah berhasil menonaktifkan pembaruan. Jika browser mulai memeriksa pembaruan, lanjutkan untuk mencoba metode berikutnya.
Menonaktifkan dengan Mengganti Nama Folder Pembaruan

Metode lain untuk menonaktifkan pembaruan otomatis di Chrome adalah mengganti nama folder pembaruan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Luncurkan File Explorer. Ini adalah ikon folder di bagian bawah layar Anda. Akses folder drive C: dan buka “Program Files.” Jika Anda memiliki versi 64-bit, buka “Program Files (x86)” sebagai gantinya. Buka folder “Google”. Temukan folder “Perbarui” dan klik kanan. Pilih “Ganti nama” dan masukkan nama baru untuk map. Sebaiknya gunakan “Tidak Ada Pembaruan” atau yang serupa.
Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah ini, saatnya untuk memeriksa apakah metode ini berhasil. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Luncurkan Chrome dan buka chrome://settings/help.Jika metode ini berhasil, Anda akan melihat pesan kesalahan yang memberi tahu Anda bahwa browser tidak dapat menemukan pembaruan. Jika browser terus mengunduh pembaruan, Anda harus mencoba metode lain.
Menonaktifkan dengan Mengedit Registri

Pengguna Windows dapat menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis dengan mengedit registri. Jika Anda ingin menggunakan metode ini, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka menu Start dengan menekan ikon Windows di sudut kiri bawah.Mulai ketik “Run” di bilah pencarian dan luncurkan aplikasi. Ketik “regedit” di kotak teks dan klik “OK” untuk membuka Registry Editor. Anda mungkin diminta untuk mengizinkan Peninjau Suntingan Registri membuat perubahan pada sistem Anda. Ingatlah bahwa mengedit file menggunakan editor dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada sistem Anda, jadi pastikan untuk melanjutkan dengan hati-hati. Akses folder “HKEY_LOCAL_Machine”. Buka “SOFTWARE,” lalu klik kanan folder “Policies”. Arahkan kursor ke di atas “Baru” dan pilih “Kunci”.Klik kanan kunci dan ganti namanya menjadi “Google.”
Setelah Anda membuat folder baru, inilah yang harus Anda lakukan:
-Klik kanan folder “Google” yang baru saja Anda buat. Arahkan kursor ke “Baru” dan pilih “Kunci.” Klik kanan kunci baru dan beri nama “Perbarui.” Buka folder “Perbarui” dan klik kanan di mana saja. Pilih “Baru” dan pilih “DWORD (32-bit) value.” Beri nama DWORD “Updatedefault.” Klik dua kali “Updatedefault” untuk mengakses jendela Edit. Masukkan “0” di bawah “Value data” dan tekan “OK.” Perintah ini memberi tahu Chrome untuk tidak mengunduh update.
Jika Anda ingin memeriksa ulang apakah metode ini berfungsi, buka browser Chrome Anda, dan buka chrome://settings/help. Tanda seru dan pesan kesalahan yang memberi tahu Anda bahwa browser tidak dapat menemukan pembaruan adalah pertanda baik. Ini berarti Anda telah menonaktifkan update.

Menonaktifkan dengan Menggunakan Windows Services Manager

Metode terakhir untuk menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis di Windows Anda melibatkan penggunaan Windows Services Manager. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencoba metode ini:
Luncurkan menu Start, mulailah mengetik “Run,” dan buka aplikasi. Masukkan “services.msc” di kotak teks dan pilih “OK.” Gulir ke bawah dan cari “Layanan Pembaruan Google ( gupdate)” dan “Layanan Pembaruan Google (gupdatem).” Klik dua kali “Layanan Pembaruan Google (gupdate)” dan pastikan “Dinonaktifkan” dipilih di bawah “Jenis startup.” Ulangi langkah ini untuk “Layanan Pembaruan Google (gupdatem).” Mulai ulang Windows.
Anda Setelah sistem aktif dan berjalan, periksa apakah metode ini berhasil. Luncurkan Chrome dan kunjungi chrome://settings/help. Jika Anda melihat pesan kesalahan yang mengatakan pembaruan tidak mungkin dilakukan, selamat. Anda telah menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis.

Menonaktifkan Pembaruan Otomatis untuk Chrome di iPhone

Kabar baiknya adalah menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis di iPhone dimungkinkan. Berita buruknya adalah satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menonaktifkan pembaruan untuk setiap aplikasi yang diinstal. Anda dapat melakukan ini, tetapi perlu diingat bahwa ini dapat memengaruhi kinerja dan keamanan perangkat Anda.

Berikut cara menonaktifkan pembaruan otomatis di iPhone Anda:
Buka menu Anda dan buka Pengaturan. Ketuk “App Store.” Ganti tombol sakelar di sebelah “ Pembaruan Aplikasi.” Setelah Anda mengganti sakelar, tidak ada aplikasi Anda yang akan diperbarui secara otomatis. Anda dapat memperbarui setiap aplikasi secara manual dengan membuka App Store, memeriksa pembaruan yang tertunda, dan mengetuk “Perbarui” di sebelah aplikasi yang ingin Anda perbarui.
Menonaktifkan Pembaruan Otomatis di Chrome pada Perangkat Android

Banyak pengguna Android menikmati Chrome di perangkat mereka. Jika Anda tidak ingin browser diperbarui secara otomatis, Anda dapat menonaktifkannya dalam beberapa klik. Namun, ingatlah bahwa perangkat Android tidak mengizinkan Anda menonaktifkan pembaruan otomatis untuk masing-masing aplikasi. Anda hanya dapat menonaktifkan pembaruan otomatis untuk semua aplikasi yang diinstal. Jika Anda memutuskan untuk melakukan ini, Anda harus menyadari potensi risikonya. Seiring waktu, kinerja dan keamanan perangkat Anda dapat terancam.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis di perangkat Android Anda:
Luncurkan menu dan buka Play Store.Pilih gambar profil atau inisial Anda di sudut kanan atas.Buka “Pengaturan.” Pilih “Preferensi jaringan.” Ketuk “Perbarui aplikasi secara otomatis.” Pilih “Jangan perbarui aplikasi secara otomatis.”
Setelah melakukannya, Anda harus memperbarui aplikasi secara manual. Berikut cara melakukannya:
Buka Play Store.Ketuk gambar profil atau inisial Anda.Pilih “Kelola aplikasi & perangkat.” Pilih “Pembaruan tersedia.” Gulir melalui pembaruan yang tersedia dan pilih aplikasi mana yang akan diperbarui.
FAQ
Menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis berisiko ?

Menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis dapat berisiko. Banyak pembaruan menyertakan patch keamanan yang menjaga perangkat Anda tetap aman. Menonaktifkan pembaruan otomatis dapat mengekspos perangkat Anda dan membahayakan keamanannya di internet. Ingatlah bahwa meskipun Anda menonaktifkan pembaruan Chrome otomatis, Google mungkin masih mendorong pembaruan tertentu, yang tidak dapat dicegah.

Untuk Menonaktifkan atau Tidak Menonaktifkan

Banyak orang menganggap pembaruan Chrome otomatis mengganggu dan memutuskan untuk menonaktifkannya. Meskipun Chrome memungkinkan Anda untuk memilih apakah Anda ingin memperbaruinya secara otomatis atau manual, penting untuk menyadari risikonya. Memilih untuk tidak memperbarui browser Chrome menempatkan Anda pada risiko serangan siber dan membahayakan keamanan seluruh jaringan Anda.

Metode mana untuk menonaktifkan pembaruan otomatis yang berhasil untuk Anda? Apakah Anda tahu metode lain? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.