Cara Menonaktifkan Pembaruan Windows 10 Dari Mengunduh Secara Permanen

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Haruskah saya meningkatkan ke Windows 10? 5 Fitur Windows 10 terbaik Cara mengunduh Windows 10 Cara membakar Windows 10 ISO ke disk Tips dan trik Windows 10 yang perlu Anda ketahui Cara memperbaiki Pembaruan Windows jika macet di Windows 10 Cara memperbaiki menu Start di Windows 10 Cara memperbaiki semua masalah Windows 10 Anda yang lain Cara menonaktifkan Cortana di Windows 10 Cara mendefrag di Windows 10 Cara mendapatkan bantuan di Windows 10 Cara memulai Windows 10 dalam Safe Mode Cara mencadangkan Windows 10 Cara menghentikan Windows 10 dari downloading
Ada beberapa hal yang membuat kami tidak nyaman selain pembaruan perangkat lunak. Pengguna Windows sering membuat lelucon tentang pembaruan yang mereka terima karena butuh waktu lama untuk diselesaikan (ya, Anda harus memulai pembaruan dalam semalam). Seperti halnya perangkat lunak yang bagus, pembaruan adalah bagian penting dari kesehatan dan keamanan komputer kita. Namun, terkadang itu tidak praktis untuk dilakukan saat ini, dan di lain waktu dapat menyebabkan masalah untuk perangkat lunak lain yang Anda jalankan.

Seperti kebanyakan teknologi saat ini, pembaruan Windows dilakukan secara otomatis. Dasarnya adalah bahwa pengembang sangat menyukai perangkat lunak yang mereka rancang, dan mereka tidak sepenuhnya yakin bahwa pengguna akhir akan melakukan pembaruan itu sendiri. Jadi, pembaruan otomatis diterapkan untuk membuat hidup Anda lebih mudah sekaligus menjaga agar sistem Anda tetap beroperasi dengan lancar.

Pembaruan otomatis dengan waktu yang tidak tepat benar-benar dapat menyebabkan sakit kepala. Apakah pembaruan menyebabkan masalah dan gangguan pada PC Anda, atau dimulai saat Anda bekerja, artikel ini akan memandu Anda melalui semua yang perlu Anda ketahui tentang menghentikan pembaruan dan membalikkannya jika perlu.

Cara Menonaktifkan Pembaruan Windows 10

Meskipun menonaktifkan Pembaruan Windows 10 tidak permanen, kecuali Anda terputus dari internet, ada beberapa cara untuk menonaktifkan sementara pembaruan Windows. Kami tidak di sini untuk membahas pendekatan agresif Windows 10 untuk pembaruan, lagipula, ini adalah OS yang paling banyak digunakan di dunia, yang juga menjadikannya yang paling ditargetkan untuk peretas jahat.

Bahkan dengan Windows 10 yang memiliki kemampuan untuk memungkinkan pembaruan terjadi bahkan setelah mengubah pengaturan, ikuti terus untuk solusi terbaik saat ini untuk mencegahnya. Catatan, Anda mungkin ingin membuat skrip atau file batch untuk mengotomatiskan salah satu solusi sementara ini.

Menonaktifkan Pembaruan Windows 10 Menggunakan Services.msc

Anda dapat menonaktifkan pembaruan Windows 10 dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Menggunakan pintasan keyboard Win+R ketik “services.msc ” untuk mengakses pengaturan layanan PC Anda. Selanjutnya, gulir ke bawah dan klik dua kali pada Pembaruan Windows untuk mengakses pengaturan Umum. Sekarang, pilih Dinonaktifkan dari menu tarik-turun Jenis Startup. Setelah selesai, klik Ok dan kemudian restart PC Anda. Melakukan tindakan ini akan menonaktifkan pembaruan otomatis Windows secara permanen. Jika Anda ingin mengaktifkannya lagi, ikuti langkah-langkah yang sama seperti di atas dan alihkan opsi ke Automatic.

Nonaktifkan Pembaruan Windows Melalui Menu Pengaturan

Opsi lain yang lebih dikenal adalah mengubah pengaturan Pembaruan Windows melalui Pengaturan Windows PC Anda yang sebenarnya. Opsi ini mungkin lebih sederhana untuk beberapa orang tergantung pada seberapa paham teknologi Anda, tetapi ini bukan solusi permanen.

Untuk menonaktifkan pembaruan Anda melalui pengaturan, lakukan ini:
Buka menu Mulai Windows Anda dan klik roda Pengaturan.Sekarang, di dalam halaman Pengaturan, klik Perbarui & Keamanan. Selanjutnya, klik tab Opsi Lanjutan. Kemudian, Anda dapat memilih tanggal dari tarik-turun yang ingin Anda hentikan pembaruan otomatisnya. Catatan, pada pengeditan ini, Windows hanya memungkinkan Anda untuk menjeda pembaruan selama sekitar 6 minggu. Seperti yang dinyatakan di atas, ini bukan solusi permanen tetapi bagus untuk mengetahui apakah Anda hanya perlu menjeda pembaruan untuk sementara waktu. Menjeda pembaruan Anda berarti tidak ada kekhawatiran bahwa PC Anda akan ketinggalan zaman karena pembaruan otomatis pada akhirnya akan hidup kembali dengan sendirinya.

Cara Menghentikan Pengunduhan Windows 10 Melalui Registry

Instruksi awal sangat bergantung pada versi Windows yang Anda gunakan. digunakan kembali, tetapi metodenya pada dasarnya sama. Untuk menghentikan pembaruan otomatis menggunakan Registri, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka menu Mulai, ketik “regedit”, lalu klik Editor Registri. (TIP TOP: Atau Anda cukup menahan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run) dan kemudian ketik “regedit”. Sekarang Registry Editor terbuka, Anda dapat memeriksa kunci yang mencatat apakah sistem Anda siap untuk mengunduh Windows 10. Menggunakan opsi di sisi kiri, klik dua kali sebagai berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > Microsoft > Windows > CurrentVersion > WindowsUpdate > OSUpgradeSetelah Anda menavigasi ke kunci yang benar, Anda harus menambahkan nilai yang memberi tahu sistem bahwa Anda tidak ingin mengunduh Windows 10. Untuk melakukannya, klik kanan pada nama kunci, pilih submenu Baru lalu pilih DWORD (32-bit) Value. Anda akan melihat bahwa nilai baru dibuat bernama New Value #1, ganti namanya menjadi AllowOSUpgrade. Langkah terakhir di Registry Editor adalah memastikan bahwa fitur Upgrade OS dimatikan. Untuk melakukannya, klik dua kali file dan periksa apakah nilainya 0, pastikan bahwa kotak heksadesimal dicentang. Untuk menyelesaikan proses, segarkan halaman lalu tutup regedit.
Banyak pengguna telah menyatakan bahwa metode ini tidak langsung berpengaruh atau berfungsi. Satu (walaupun aneh) solusi untuk ini adalah membuka Pengaturan lagi dan klik ‘Periksa Pembaruan.’ Melakukan ini akan memaksa perubahan untuk diterapkan.

Sekarang Anda harus dapat menggunakan Pembaruan Windows tanpa harus memeriksa apakah Windows 10 Peningkatan telah menyelinap ke daftar pemutakhiran Opsional dan mencentang sendiri untuk diunduh. Result!

Atur Koneksi Terukur untuk Menghentikan Pembaruan Windows 10

Opsi lain yang mungkin mencegah pembaruan sementara PC Windows 10 Anda adalah dengan menyetel koneksi internet terukur, pembaruan otomatis biasanya tidak akan dilakukan. Untuk mengatur koneksi terukur, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka menu Start dan klik ikon Settings. Sekarang, klik Jaringan & Internet. Kemudian, klik Wifi di sisi kiri layar.
4. Selanjutnya, klik Kelola jaringan yang dikenal. Pada halaman baru yang terbuka ini, klik jaringan wifi yang Anda gunakan dan klik Properties.

5. Dari sini, alihkan Atur sebagai koneksi terukur ke On.

Ini mungkin bukan solusi yang tepat untuk Anda karena sistem lain seperti OneDrive juga akan gagal memperbarui atau mencadangkan informasi. Tapi, itu harus menghentikan pembaruan otomatis pada PC Anda.

Menggunakan Kebijakan Grup untuk Menghentikan Pembaruan Windows 10

Bagi mereka yang memiliki versi Windows 10 yang bukan Home Edition, bagian ini akan berfungsi untuk Anda.
Baik buka menu Start atau tekan tombol Tombol Windows + S dan ketik “gpedit.msc” dan klik pada hasil teratas, “Edit kebijakan grup.” Selanjutnya, klik pada Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Updates. Sekarang, cari Configure Automatic Updates dan klik dua kali itu. Kemudian, centang Disabled dan klik Apply lalu OK.
How to Uninstall a Windows 10 Update

Mungkin Anda di sini karena Anda menyadarinya dan Update sudah diinstal dan Anda tidak puas dengan hasilnya. Tidak seperti sistem operasi lain, Windows memang memberi Anda opsi untuk menghapus pembaruan sesuai keinginan Anda.

Ikuti langkah yang sama seperti di atas, akses Pengaturan PC Anda, lalu klik Perbarui & Keamanan. Sesampai di sana, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik Pengoptimalan Pengiriman di daftar menu kanan, lalu klik Lihat Riwayat Pembaruan.
2. Sekarang, klik Uninstall Updates.

Dari sini Anda dapat memilih untuk menghapus pembaruan sesuai kebutuhan. Jika Anda melakukan ini karena pembaruan terbaru menyebabkan masalah dengan perangkat lunak lain di komputer Anda, ada baiknya meneliti sebelum langsung ke kegilaan uninstall.

Periksa driver Anda dan pembaruan lainnya untuk melihat apakah pelakunya terletak di tempat lain selain OS Windows.

Pertanyaan Umum
Dapatkah Saya Menonaktifkan Pembaruan Windows 10 Secara Permanen?

Ada banyak perselisihan mengenai kemampuan untuk menonaktifkan pembaruan Windows 10 secara permanen. Beberapa pengguna telah menyatakan bahwa Microsoft sangat gigih sehingga tidak ada cara untuk melakukannya. Setelah Anda me-restart komputer Anda, pembaruan dihidupkan kembali.

Meskipun ini mungkin terjadi pada beberapa versi perangkat lunak, ini berhasil untuk pengujian kami pada bulan Desember 2020 pada Windows Home versi 10.0.19041. Jika karena alasan tertentu metode yang Anda gunakan tidak berfungsi, coba salah satu metode lain yang kami cantumkan di atas, atau coba hapus instalan pembaruan yang bermasalah sesuai petunjuk yang kami berikan.
Haruskah Saya Menonaktifkan Pembaruan?

Seperti yang disebutkan sebelumnya , pembaruan sistem operasi sangat penting untuk kesehatan dan keamanan mesin Anda. Tapi, banyak pembaruan menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan saat pertama kali dirilis. Jika Anda lebih suka menunggu dan menginstal pembaruan pada waktu Anda sendiri, menonaktifkan pembaruan seharusnya tidak menjadi masalah.

Meskipun pembaruan sangat penting, pembaruan tidak selalu penting pada hari dirilis.

Pembaruan Windows 10 dan Menonaktifkannya

Untuk alasan apa pun yang Anda butuhkan untuk menghentikan Pembaruan Windows 10, artikel ini telah memberi Anda solusi terbaik, meskipun mungkin, untuk mencegahnya terjadi. Bahkan jika satu-satunya solusi permanen adalah terus-menerus memutar kembali ke versi Windows 10 sebelumnya atau tetap terputus dari internet, solusi tetap ada.

Apakah Anda tahu solusi yang lebih permanen untuk menonaktifkan pembaruan Windows 10? Bagikan pengalaman Anda di komentar di bawah.