Cara Mentransfer EPUB ke Kindle

Kindle eReader tidak terbatas pada buku dari Amazon Store. Saat Anda mendapatkan eBuku dari sumber lain, format file yang umum adalah EPUB. Kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode untuk memasukkan file-file ini ke Kindle.

EPUB Anda benar-benar format yang sangat umum untuk eBook, tetapi sayangnya tidak kompatibel dengan Kindle eReaders. Kabar baiknya adalah cukup mudah untuk mengonversi EPUB ke MOBI, yang merupakan format file yang dapat digunakan Kindles. Ada beberapa cara untuk melakukannya.

Opsi 1: Konversi dan Transfer dengan Calibre

Pertama, Anda dapat menggunakan alat sumber terbuka gratis yang disebut Calibre. Ini tersedia di Windows, Mac, dan Linux dan mengemas banyak fitur untuk eBook. Salah satu fitur tersebut adalah kemampuan untuk mengonversi EPUB ke MOBI. Ini juga dapat digunakan untuk mentransfer eBuku ke Kindle Anda secara bersamaan.

  • Pertama, ikuti panduan kami untuk menyiapkan Kaliber, lalu sambungkan Kindle Anda ke komputer menggunakan kabel USB yang disertakan—kabel yang sama yang Anda gunakan untuk mengisi daya—atau yang mirip. Di Kaliber, mulailah dengan mengklik “Tambah Buku” dan pilih EPUB dari pengelola file Anda.
  • Kita tidak perlu mengonversi EPUB secara manual. Kaliber akan mengurusnya selama transfer. Klik kanan buku dan pilih Kirim ke Perangkat > Kirim ke Memori Utama dari menu.
  • Pesan pop-up akan menanyakan apakah Anda ingin mengonversi buku secara otomatis sebelum mengirimnya ke Kindle Anda. Klik “Ya” untuk melanjutkan.

Buku akan dikonversi dan dikirim ke Kindle Anda semua dalam satu langkah—Anda dapat melacak kemajuan dari “Pekerjaan” di sudut bawah. Itu saja!

Opsi 2: Konversi dan Email

Anda dapat mengirim e-book ke Kindle menggunakan sistem alamat email @kindle.com Amazon. Namun, jika Anda ingin mentransfer file EPUB dengan cara ini, Anda harus mengonversinya menjadi file MOBI terlebih dahulu.

Konversi EPUB ke MOBI Online

Tidak ingin mengunduh aplikasi dan menyiapkannya? Ada banyak konverter web online untuk eBook. Salah satu yang kami sukai adalah yang bernama “EPUB to MOBI Converter.” Anda dapat mengakses situs web ini di komputer atau ponsel cerdas Anda.

Catatan: Jika mau, Anda juga dapat mengunduh Calibre dan menggunakannya untuk mengonversi ebook menjadi file di komputer Anda sebelum mengirimkannya melalui email daripada mengandalkan alat berbasis web.

Cukup klik atau ketuk tombol unggah besar dan pilih file EPUB Anda.

File akan dikonversi dan setelah selesai Anda dapat memilih “Unduh [nama file].”

Itu dia! Sekarang mari transfer file itu ke Kindle.

Transfer ke Kindle Dengan Email

Anda tidak perlu mengotak-atik Calibre atau menghubungkan ponsel Anda ke PC untuk mentransfer eBook ke Kindle Anda. Setiap eReader Kindle memiliki alamat email khusus sendiri. Anda dapat mengirim file eBuku ke alamat email ini untuk mentransfernya secara nirkabel.

  • Pertama, buka amazon.com/myk di browser web di PC atau ponsel cerdas Anda. Pilih Kindle yang ingin Anda gunakan dari tab “Perangkat” dan klik nama perangkat di menu yang diperluas.
  • Pada halaman berikutnya, Anda akan melihat alamat email “@kindle.com” untuk Kindle Anda. Anda dapat memilih “Edit” untuk mengubah alamat jika Anda mau. Ingat alamat email ini.
  • Sekarang, yang perlu dilakukan hanyalah mengirim email ke alamat itu dengan eBook MOBI Anda terlampir!
  • Setelah Anda mengirim email, Anda akan mendapatkan email dari Amazon yang meminta Anda untuk “Verifikasi Permintaan.” Ini hanya untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin mengirim eBook ke Kindle.
  • Anda eBook akan dikirim ke Kindle eReader Anda. Anda dapat memaksa Kindle untuk memeriksa buku baru dengan membuka menu layar beranda dan mengetuk tombol “Sinkronkan”.

Anda mungkin perlu menunggu beberapa menit, tetapi tidak perlu waktu lama hingga buku muncul di Perpustakaan Kindle Anda.

Amazon tentu saja dapat mempermudah memasukkan eBuku EPUB ke Kindle Readers, tetapi bukan tidak mungkin jika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Sekarang Anda bebas mendapatkan eBuku dari sejumlah sumber luar.

Itulah berita seputar Cara Mentransfer EPUB ke Kindle, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.