Cara Mentransfer Kepemilikan Akun Google Drive

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google Drive adalah cara yang bagus untuk menyimpan dan berbagi file dengan orang lain. Tetapi apa yang terjadi ketika Anda ingin mentransfer kepemilikan file ke orang lain?

Meskipun tidak mungkin untuk mentransfer akun Google Drive itu sendiri, file atau folder tertentu dapat ditransfer hanya dalam beberapa langkah.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara melakukannya go about it.

Cara Mentransfer Kepemilikan Google Drive ke Akun Lain

Dengan Google Drive, pengguna dapat membuat dan menyimpan dokumen, spreadsheet, presentasi, dan lainnya di cloud. Ini berarti file dapat diakses dari perangkat apa pun dengan koneksi internet, menjadikannya cara yang nyaman untuk berkolaborasi dengan orang lain dan bekerja dari jarak jauh.

Selain itu, Google Drive menawarkan berbagai fitur yang menjadikannya alat yang ampuh baik untuk penggunaan pribadi maupun profesional. Misalnya, pengguna dapat mengundang orang lain untuk melihat, mengedit, menambahkan komentar ke file, atau bahkan menyisipkan gambar dan video.

Secara default, Anda adalah pemilik file apa pun yang Anda buat atau unggah di Google Drive. Itu bisa berupa formulir, dokumen, lembar, atau bahkan dek slide yang telah Anda kerjakan untuk sementara waktu. Sebagai pemilik, Anda dapat memberikan hak istimewa kepada orang lain untuk melihat atau mengedit file. Namun, ada situasi di mana Anda mungkin ingin mentransfer kepemilikan file atau folder tertentu.

Misalnya, saat meninggalkan pekerjaan secara permanen, Anda mungkin perlu menyerahkan kendali atas dokumen Anda kepada rekan kerja. Atau, jika Anda tidak lagi dapat mengerjakan proyek, mentransfer kepemilikan akan memungkinkan orang lain untuk mengambil alih. Mentransfer kepemilikan juga dapat terjadi saat Anda kehabisan ruang di akun Drive Anda.

Apa pun alasan Anda mentransfer kepemilikan, melakukannya mudah dan hanya membutuhkan beberapa langkah.

Mentransfer Kepemilikan File Tertentu di Google Drive

Jika Anda ingin mentransfer file tertentu , katakanlah lembar Google, Anda dapat melakukannya dalam dua tahap:

Tahap 1: Bagikan File

Sebelum transfer kepemilikan file, Anda perlu berbagi file dengan orang yang ingin Anda transfer filenya.

Berikut cara melakukannya:
Buka beranda Google Drive. Jika belum masuk, Anda harus memasukkan kredensial Anda untuk melakukannya. Arahkan ke file yang ingin Anda transfer. Klik kanan pada file dan pilih “Bagikan” dari menu popup. Pada titik ini, jendela Bagikan akan diluncurkan. Masukkan alamat email orang yang ingin Anda transfer kepemilikan filenya. Tekan “Kirim.” Jika Anda ingin orang tersebut diberi tahu melalui email, centang kotak di samping “Beri tahu Orang” di sudut kanan atas jendela Bagikan.
Tahap 2: Transfer Kepemilikan

Setelah Anda membagikan file dengan orang yang dituju, sekarang Anda dapat melanjutkan dan mentransfer kepemilikan file:
Buka beranda Google Drive dan temukan file yang Anda miliki. baru saja dibagikan. Klik kanan pada file dan klik “Bagikan” untuk membuka jendela Bagikan. Jendela harus diisi dengan semua orang yang telah Anda bagikan file. Temukan pemilik baru file dan klik menu tarik-turun di sebelah nama mereka. Klik “Transfer Kepemilikan.” Klik “Kirim Undangan” untuk mengonfirmasi keputusan .
Dan hanya itu!

Penting untuk diperhatikan bahwa setiap kali permintaan transfer kepemilikan dikirim, pemilik yang menunggu keputusan akan segera ditingkatkan versinya menjadi Editor kecuali Anda telah menetapkan mereka sebagai salah satunya. Selain itu, mereka akan menerima pemberitahuan email yang menanyakan apakah mereka ingin menerima transfer. Jika ya, Anda akan diturunkan ke Editor. Jika tidak, Anda akan tetap menjadi pemiliknya.

Mentransfer Kepemilikan Folder di Google Drive

Mentransfer Kepemilikan Google Drive secara Massal

Untuk mentransfer kepemilikan beberapa file sekaligus di Google Drive, Anda harus mengikuti langkah-langkah sederhana ini:
Head over ke beranda Google Drive. Pilih semua file yang ingin Anda transfer. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kotak centang di sebelah setiap file. Klik tombol “Bagikan” di bagian atas layar. Di jendela Bagikan, masukkan alamat email orang yang ingin Anda bagikan file, lalu tekan tombol “Kirim”. Pada titik ini, pilih semua file yang dibagikan lagi, klik kanan di mana saja pada pilihan Anda, dan pilih “Bagikan” dari menu popup. Klik “Transfer Kepemilikan.” Klik “Kirim Undangan” untuk konfirmasi keputusan.
Segera setelah Anda mengirim permintaan transfer, pemilik baru file akan menerima pemberitahuan email dan pemberitahuan dalam aplikasi yang memberi tahu mereka tentang transfer tersebut. Kepemilikan file akan berubah dalam beberapa detik, tetapi transfer mungkin memakan waktu lebih lama tergantung pada jumlah dan ukuran file yang terlibat.

Jika pemilik baru menyetujui transfer, mereka dapat mengedit, membagikan, atau menghapusnya sesuka mereka.

Berbagi Apakah Peduli

Apakah Anda meninggalkan pekerjaan atau hanya meneruskan proyek ke orang lain, mentransfer hak ke file Google Drive adalah cara yang pasti untuk memastikan kelangsungan proyek. Ingat bahwa Anda tidak dapat membatalkan permintaan kepemilikan transfer file setelah pemilik baru mengambil alih kepemilikan.

Apakah Anda penggemar Google Drive? Kami ingin mengetahui apakah Anda telah mencoba mentransfer file ke pemilik baru. Jangan ragu untuk membagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.