Cara Menyalin dan Menempel di Chromebook

Chromebooks adalah komputer portabel yang sangat serbaguna. Mereka menjalankan Chrome OS yang merupakan sistem operasi ringan dan meskipun memiliki fungsi yang terbatas dibandingkan dengan macOS, Windows, atau Linux, Chromebook telah menjadi lebih dan populer selama bertahun-tahun. Chromebook tidak memanfaatkan banyak ruang penyimpanan karena menggunakan penyimpanan cloud untuk sebagian besar penyimpanan file.

Chromebook adalah alternatif yang terjangkau untuk Windows atau Mac. Tombol pintas dan perintah berbeda dari yang digunakan kebanyakan orang di Windows dan macOS. Salah satu fungsi penting dari setiap OS adalah kemampuan untuk menyalin dan menempelkan informasi dengan cepat dari satu tempat ke tempat lain. Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menyalin dan menempel di Chromebook dalam artikel ini.

Mari kita pelajari.

Cara Menyalin & Menempel di Chromebook

Ada tiga metode yang diterima secara luas untuk menyalin dan menempelkan data di Chromebook. Masing-masing memiliki fungsi yang sama, jadi hanya masalah mencari tahu mana yang lebih nyaman bagi Anda.
Hotkeys

Hotkeys adalah apa yang kami sebut kombinasi keyboard apa pun yang menghasilkan tindakan di komputer Anda. Kombinasi keyboard yang akan Anda gunakan untuk menyalin dan menempel di Chromebook adalah:

Ctrl + C Saat menggunakan kombinasi tombol pintas keyboard ini, kombinasi tersebut akan menyalin teks yang disorot yang Anda pilih dengan trackpad.

Untuk menempelkan teks yang telah disalin, Anda’ akan menggunakan Hotkeys Ctrl + V pada keyboard Anda.
Gunakan Browser Chrome

Jika Anda ingin menyalin teks, sorot dengan trackpad Anda.

Selanjutnya, pergi ke kanan atas browser Chrome Anda ke tiga titik dan klik di atasnya dengan trackpad Anda. Kemudian, gerakkan kursor Anda ke bawah untuk menyalin dan klik di atasnya. Ini menyalin teks yang telah Anda soroti.

Saat Anda siap menempelkan teks, navigasikan ke tiga titik di kanan atas Browser Chrome Anda lagi. Klik tiga titik dengan trackpad Anda lalu, navigasikan ke bawah ke Tempel dan klik di atasnya.

Itu akan memasukkan teks yang telah Anda salin ke tujuan yang Anda inginkan. Jika Anda tidak sengaja menempelkan konten di tempat yang salah, cukup gunakan Ctrl+X untuk menghapusnya dan tempel ulang di tempat yang seharusnya.
Gunakan trackpad

Untuk menggunakan trackpad Chromebook Anda untuk menyalin dan menempelnya juga mudah. Pertama, sorot teks yang Anda perlukan untuk disalin.

Selanjutnya, gunakan fungsi klik kanan Chromebook untuk mengakses menu tarik-turun. Jika Anda tidak terbiasa dengan cara “mengklik kanan” di Chromebook, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda dapat menahan tombol Alt pada keyboard Anda dan pada saat yang sama mengklik trackpad Anda. Kedua, Anda dapat menggunakan dua jari untuk menekan trackpad.

Kemudian menu perintah muncul di layar dalam kotak pop-up. Klik trackpad Chromebook Anda pada perintah salin. Ini, pada gilirannya, menyalin pilihan teks Anda yang disorot.

Klik di tempat Anda ingin menyisipkan teks dan gunakan metode klik kanan pilihan Anda untuk mengakses menu. Kemudian, cukup pilih tempel untuk mentransfer teks ke halaman Anda.

Opsi ini memungkinkan Anda menyalin dan menempelkan teks di Chromebook. Anda punya tiga pilihan. Anda dapat menggunakan tombol pintas di keyboard Chromebook. Gunakan menu browser Chrome atau gunakan trackpad Chromebook bersama dengan tombol Alt.

Salin dan Tempel Gambar

Mungkin Anda perlu menyalin dan menempel gambar, bukan hanya teks. Itu juga bisa dilakukan di Chromebook. Untuk menyalin dan menempelkan gambar, tahan penunjuk Anda di atas gambar, tekan tombol ALT pada keyboard Anda. Selanjutnya, klik trackpad Anda di Chromebook sambil tetap menahan tombol ALT.

Kotak dengan berbagai opsi muncul di layar Chromebook Anda. Pindahkan penunjuk Anda ke tempat yang tertulis Salin gambar dan klik dengan trackpad Anda.

Untuk menempelkan gambar, buka halaman atau dokumen tempat Anda ingin memasukkannya. Tahan tombol ALT dan tekan pada trackpad Chromebook Anda yang menampilkan kotak tempat Anda akan menggulir ke klik ‘tempel’ untuk menempatkan gambar Anda.

Itu saja. Anda sekarang telah melakukan copy dan paste gambar juga.

Fungsi Salin & Tempel Berhenti Bekerja

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa fungsi salin dan tempel mereka berhenti bekerja. Mungkin ada beberapa alasan untuk ini dari pembaruan ke pengaturan.

Hal pertama yang harus dicoba adalah metode salin dan tempel lainnya. Jika hotkey Anda tidak berfungsi, coba metode trackpad, dan seterusnya.

Selanjutnya, Anda dapat mengatur ulang pengaturan sistem ke default. Tidak sepenuhnya tidak pernah terdengar bahwa ada sesuatu yang rusak dalam pengaturan sehingga melakukan ini akan mengembalikan semua pengaturan Anda ke default.

Buka browser Chrome, ketuk menu tiga titik vertikal, pilih Pengaturan, dan pilih Lanjutan. Dari sini, pilih opsi untuk Pulihkan atau Atur Ulang Pengaturan.

Pilih opsi untuk menyetel ulang setelan ke default aslinya.

Pertanyaan Umum
Bagaimana cara mengeklik kanan Chromebook?

Membiasakan fungsi Chromebook bisa sangat sulit jika Anda pernah menggunakan Mac atau PC sebelumnya. Karena trackpad tidak memiliki tombol ‘klik kanan’, mencari tahu cara mengklik kanan bisa jadi sulit. Untungnya, ada dua cara untuk mengklik kanan pada Chromebook.

Anda dapat menggunakan opsi Alt+Trackpad. Cukup tahan tombol Alt lalu klik trackpad.

Atau, Anda bisa menggunakan dua jari untuk mengklik trackpad. Ini mirip dengan cara Anda menggulir di Chromebook, tetapi sekarang Anda menekan trackpad.

Apakah Chromebook memiliki Alat Pemotong?

Ya. Jika Anda ingin memotong gambar dan menempelkannya di tempat lain, Chromebook juga membuatnya sangat sederhana. Menggunakan pintasan keyboard Ctrl+Shift+Tombol sakelar jendela. Kursor Anda akan berubah menjadi tanda silang kecil dan memungkinkan Anda untuk memotong gambar dari konten yang ingin Anda tempel di tempat lain atau menyimpan sebagai gambar ke awan.

Bagaimana cara mengakses Clipboard di Chromebook?

Sistem operasi lain memiliki apa disebut Papan Klip. Setiap kali Anda menyalin sesuatu, itu disimpan di papan klip sistem untuk sementara waktu sehingga Anda dapat mengambilnya kembali.

Sayangnya, Chromebook tidak memiliki papan klip. Anda hanya dapat menyalin dan menempel satu hal dalam satu waktu. Chrome OS adalah sistem operasi yang sangat ringan dan mendasar dan benar-benar muncul saat fitur seperti ini tidak ada.

Menyelesaikan

Sekarang Anda memiliki pengetahuan untuk menyalin dan menempelkan teks dengan tiga cara berbeda saat menggunakan Chromebook. Anda dapat menggunakan Hotkeys, Browser Chrome, dan trackpad Chromebook Anda untuk menyelesaikannya.

Hal lain yang telah Anda pelajari adalah Anda juga dapat menyalin dan menempelkan gambar dengan Chromebook dengan mudah. Jadi, Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk menjadi master salin dan tempel di Chromebook.