Cara Menyematkan ke Bilah Tugas di

Menyematkan sesuatu ke bilah tugas adalah fitur praktis dan menghemat waktu di Windows. Windows 11 tidak terkecuali, memungkinkan Anda untuk menyematkan hampir semua hal ke bilah tugas. Bilah tugas di Windows 11 sekarang memungkinkan Anda untuk menyematkan file, folder, drive, dan situs web.

Tapi bagaimana Anda bisa menyematkan sesuatu ke bilah tugas? Untungnya, dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menyematkan hampir semua hal ke Taskbar Anda di Windows 11.

Cara Menyematkan Aplikasi yang Terbuka ke Taskbar

Anda akan menemukan menu Start (dan Task View dan Widgets) disematkan ke taskbar Windows 11 secara default. Namun, Anda juga dapat menambahkan aplikasi tambahan ke dalamnya, bahkan yang sedang berjalan di komputer Anda saat ini. Ikon bilah tugas muncul setiap kali Anda meluncurkan aplikasi baru. Sematkan aplikasi ke bilah tugas dengan mengikuti langkah berikut:
Klik kanan atau tekan dan tahan ikon aplikasi bilah tugasPilih “Sematkan ke bilah tugas.”
Cara Menyematkan Aplikasi dari Menu Mulai

Jika Anda sering menggunakan aplikasi dari menu Mulai, Anda dapat menghemat satu langkah dengan menyematkannya ke bilah tugas.
Buka menu Mulai.Klik kanan pada tombol menu Mulai aplikasi atau sentuh dan tahan ikonnya.Pilih “Sematkan ke bilah tugas.”
Menu Mulai di Windows 11 terbatas pada beberapa program, jadi Anda mungkin tidak dapat menyematkan program yang Anda inginkan. Jika Anda ingin melihat lebih banyak aplikasi untuk menyematkannya, berikut caranya:
Klik tombol “Semua aplikasi” yang terletak di kanan atas layar.Klik kanan atau tekan dan tahan aplikasi di daftar Semua Aplikasi.Cukup pilih “Lainnya” lalu “Sematkan ke Bilah Tugas” dari menu tarik-turun.
Cara Menyematkan Aplikasi dari Menu Konteks

Desktop dan menu konteks dapat digunakan untuk menyematkan aplikasi ke bilah tugas untuk akses cepat.
Klik kanan aplikasi yang Anda inginkan tetap di bilah tugas di desktop atau di File Explorer. Pada menu “Show more options”, pilih “Pin to taskbar.”
Cara Menyematkan Folder ke Bilah Tugas di Windows 11

Penyematan bilah tugas memungkinkan Anda mengakses folder yang paling sering digunakan dengan cepat, seperti pekerjaan, musik, atau foto. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Temukan folder yang ingin Anda sematkan. Klik kanan padanya. Pilih “Show more options” diikuti oleh “Send to” dan “Desktop (create shortcut).” Klik kanan atau tekan dan tahan pintasan folder dan pilih “Properties” dari menu yang muncul di desktop Anda. Tambahkan kata “explorer” dan spasi di tab pintasan di depan “Target.” Klik “Terapkan.” Klik atau tekan tombol “Ubah icon” button.Masukkan “imageres.dll” di kolom pencarian dan klik Enter. Pilih ikon folder yang Anda sukai dari opsi pertunjukan, lalu klik/ketuk “OK.” Pilih “OK” dari menu Properti Folder. Ikon pintasan Anda harus diubah menjadi ikon yang Anda pilih di desktop. Dengan menekan dan menahan pintasan folder, Anda akan melihat “Tampilkan opsi lainnya” dan kemudian “Sematkan ke bilah tugas.”
Folder yang Anda pilih telah ditambahkan ke bilah tugas sebagai pintasan. Ini sesederhana mengklik atau menggesek. Saat Anda mengarahkan penunjuk mouse ke ikon folder yang disematkan di bilah tugas, Anda tidak akan melihat pratinjau gambar mini. Ikon untuk File Explorer akan mencerminkan this.

Cara Menyematkan File ke Taskbar

Atau, Anda dapat “menyematkan” file yang sedang Anda kerjakan agar selalu ada di ujung jari Anda. Langkah-langkahnya mirip dengan menyematkan folder ke bilah tugas di Windows 11.
Arahkan ke file yang ingin Anda sematkan. Klik kanan file tersebut. Pilih “Show more options,” lalu “Send to” dan “Desktop (create shortcut). ”Klik kanan atau tahan pintasan folder dan pilih “Properties” dari menu desktop yang muncul. Di tab pintasan, di depan jalur “Target”, ketik kata “explorer” dan tambahkan spasi.Klik tombol Tombol “Terapkan”. Pilih tombol berlabel “Ubah ikon.” Di area pencarian, ketik “imageres.dll” dan tekan Enter. Pilih ikon folder dari pilihan yang tersedia, dan klik/ketuk “OK.” Klik “OK” dari opsi Properti Folder. Ikon pintasan harus dimodifikasi agar sesuai dengan ikon yang Anda pilih di desktop. Dengan menekan dan menahan pintasan folder, “Show more options” dan “Pin to taskbar” akan muncul.
Cara Menyematkan Drive ke Taskbar

Dengan banyak drive yang terpasang di komputer, Anda dapat mengaksesnya dengan mudah dengan menyematkannya ke taskbar.
Launch File Explorer di komputer Anda. Temukan drive yang ingin Anda sematkan. Buat pintasan dengan mengklik kanan atau menekan dan menahan drive dan memilih “Kirim ke” dan “Desktop (buat pintasan).” Pintasan drive akan muncul di desktop. Klik kanan atau tahan pintasan drive lalu pilih “Properties” dari menu desktop yang dihasilkan. Di tab pintasan, ketik istilah “explorer” diikuti dengan spasi di depan ” Target” path.Klik Terapkan.”Pilih opsi “Ubah ikon”. Ketik “imageres.dll” di bidang pencarian dan tekan Enter. Pilih ikon folder dari kemungkinan yang tersedia lalu klik/ketuk “OK.” Dari jendela Properties, klik “OK.” Ikon pintasan harus diubah agar sesuai dengan ikon desktop yang Anda pilih. Pilih “Show more options”, lalu “Pin to taskbar” akan muncul saat Anda menekan dan menahan pintasan folder.
Cara Menyematkan Situs Web ke Taskbar

Tidak ada yang lebih baik daripada mengakses semua situs web yang Anda kunjungi setiap hari dengan satu klik. Untungnya, Microsoft Edge memudahkan untuk menambahkannya ke taskbar.
Buka browser Microsoft Edge.Buka situs web yang ingin Anda sematkan.Buka menu tiga titik dan pilih “Pengaturan dan lainnya,” diikuti oleh “Alat Lainnya dan “Sematkan ke Bilah Tugas.”
Anda dapat menyematkan situs web dan halaman web yang Anda jelajahi di Chrome, bukan di Microsoft Edge. Misalnya, Anda dapat mengatur pintasan sehingga ketika Anda mengklik ikonnya di bilah tugas, Chrome dan Gmail segera terbuka. Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
Di Google Chrome, buka Gmail.Ketik alamat email Anda dan pilih “Berikutnya” di halaman Masuk.Jangan masukkan kata sandi Anda di halaman berikutnya. Untuk mengakses menu 3 titik, klik atau sentuh di atasnya. Buka “Pengaturan dan lainnya” diikuti oleh “Alat Lainnya” dan “Buat Pintasan.” Anda akan diminta untuk memberi nama pintasan. Di bagian ini, Anda dapat menyesuaikan pintasan agar lebih mudah dikenali. Klik “Buat” setelah selesai. Anda akan melihat pintasan Gmail di desktop komputer. Untuk menyematkan pintasan ke bilah tugas, cukup klik kanan atau tekan dan tahan ikon pintasan.
Di bilah tugas, ikon halaman akan muncul sebagai logo “G” Google. Sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengkliknya dan memasukkan kata sandi Gmail Anda. Untungnya, Gmail bukan satu-satunya tempat Anda dapat menggunakan fungsi ini. Anda dapat dengan mudah menyematkan halaman web apa pun ke bilah tugas dengan mengikuti petunjuk ini.

Gunakan Bilah Tugas Anda Sepenuhnya

Dengan semua kemungkinan yang diberikan bilah tugas Windows 11 kepada penggunanya, mengakses file dan aplikasi masuk Anda menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Namun, disarankan untuk tidak mengacaukan bilah tugas Anda dengan terlalu banyak aplikasi. Sematkan hanya hal-hal yang paling sering Anda gunakan untuk menghindari hal ini.

Apakah Anda sering menyematkan sesuatu ke bilah tugas? Apa yang paling Anda pin? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!