Cara Menyembunyikan Bilah Tugas di

Meskipun Windows 11 seharusnya menjadi sistem operasi Microsoft yang paling kuat, bilah tugas baru ini berbeda dari pendahulunya. Itu melekat secara permanen ke bagian bawah layar, dan Anda tidak dapat memposisikannya ulang. Namun, ada cara untuk menyembunyikan bilah tugas dan membuat ruang desktop ekstra.

Terus membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Windows 11 – Cara Menyembunyikan Bilah Tugas

Bilah tugas Windows 11 menutupi ujung bawah desktop, menampung menu Mulai dan pintasan aplikasi, dan memungkinkan Anda untuk melihat aplikasi terbuka yang berbeda. Beberapa pengguna mungkin merasa terlalu banyak menggunakan antarmuka dan ingin menghapusnya. Untungnya, menghapusnya dari desktop relatif mudah. ​​

Untuk menyembunyikan bilah tugas di Windows 11, lakukan hal berikut:
Letakkan kursor di atas bilah tugas dan klik kanan. Klik opsi “Pengaturan Bilah Tugas”. Pilih “Perilaku Bilah Tugas”. Ketuk kotak di samping tab “Secara otomatis menyembunyikan Bilah Tugas”.
Bilah tugas sekarang akan menghilang dari desktop Anda.

Metode lain untuk mendapatkan lebih banyak real estat desktop adalah menggunakan aplikasi “Pengaturan” Windows 11.
Tekan tombol “Mulai” dan ketik “Pengaturan” di kolom pencarian. Setelah aplikasi muncul di hasil pencarian, ketuk untuk meluncurkannya. Atau, Anda dapat pergi ke “Pengaturan” dengan menekan “Windows + I.” Klik pada opsi “Personalisasi”. Pilih “Bilah Tugas.” Ketuk bagian “Perilaku Bilah Tugas”. Klik pada kotak di samping “Secara otomatis menyembunyikan bilah tugas” untuk aktifkan fitur.
Jika Anda ingin membuka program tertentu dengan cepat, Anda mungkin ingin akses cepat ke pintasan yang terletak di bilah tugas. Dalam hal ini, Anda dapat menariknya ke atas untuk sementara.
Menavigasi ke bagian bawah antarmuka untuk melihat bilah tugas.Ketika Anda memindahkan kursor menjauh dari ujung bawah desktop, bilah tugas akan hilang lagi.
Menyembunyikan bilah tugas sangat membantu untuk bermain game, rapat online, penelitian, dan situasi lain di mana Anda ingin mendeklarasikan desktop dan menghilangkan gangguan yang tidak perlu. Namun, bilah tugas adalah fitur Windows penting yang memberi Anda kontrol lebih besar atas PC Anda. Setelah Anda selesai dengan permainan Anda atau telah menyelesaikan tugas Anda, Anda dapat memulihkan bilah tugas dan mengembalikan tampilan desktop Windows 11 default.

Berikut cara mengambil bilah tugas Windows 11:
Ketuk tombol “Mulai” dan temukan aplikasi “Pengaturan” menggunakan bilah pencarian. Anda juga dapat meluncurkan aplikasi dengan menahan “Windows + I.” Pilih “Personalisasi.” Klik pada bagian “Taskbar” di bagian kanan layar. Pilih “Taskbar Behavior.” Hapus centang pada kotak di samping “Secara otomatis menyembunyikan bilah tugas ” opsi untuk menonaktifkan fitur.
Bilah tugas akan muncul kembali di posisi defaultnya.

Ini juga memungkinkan untuk menonaktifkan fitur sembunyikan otomatis langsung dari bilah tugas. Berikut cara melakukannya:
Arahkan kursor ke bilah tugas dan lakukan klik kanan. Ketuk “Pengaturan Bilah Tugas.” Pilih opsi “Perilaku Bilah Tugas”. Batalkan pilihan tab “Secara otomatis menyembunyikan bilah tugas” untuk memulihkan bilah tugas. melaporkan bahwa fitur sembunyikan otomatis tidak selalu menghapus bilah tugas. Dalam hal ini, ada beberapa cara untuk menyelesaikan masalah.

Memulai Ulang File Explorer

Ketika PC Anda gagal menghapus bilah tugas setelah Anda mencoba menyembunyikannya secara otomatis, memulai ulang File Explorer akan memperbaiki masalah.
Tahan “Ctrl + Shift + Esc” untuk meluncurkan Task Manager. Jika jendela baru muncul, klik “More Details.” Pilih opsi “Processes”. Arahkan ke tab “Apps”, letakkan kursor di atas “Windows Explorer,” dan klik kanan. Pilih kartu “Mulai Ulang” dari menu tarik-turun.
Tindakan ini akan menyegarkan Windows Explorer dan bilah tugas. Buka bagian bawah layar dan periksa apakah bilah tugas telah hilang.

Menghapus Notifikasi Aplikasi

Terkadang fitur sembunyikan otomatis tidak berhasil karena bilah tugas penuh dengan notifikasi yang belum dibuka dari program yang berbeda. Untuk mencegah masalah bilah tugas, yang terbaik adalah membuka notifikasi dan menghapusnya segera setelah muncul. Saat Anda membuka semua notifikasi, bilah tugas akan menghilang secara otomatis dan muncul kembali setiap kali ada notifikasi aplikasi baru masuk.

Berikut cara menentukan apakah notifikasi yang belum dibaca menghalangi bilah tugas agar tidak menghilang:
Navigasi ke bilah tugas Windows 11. Pindai ikon aplikasi ke lihat apakah ada program yang menampilkan peringatan notifikasi.
Menonaktifkan Opsi Tampilkan Lencana

Pesan yang belum dibaca adalah kendala lain yang membuat bilah tugas tetap pada posisi defaultnya. Setelah Anda menonaktifkan penghitung pesan agar tidak muncul, Anda akan mengoptimalkan bilah tugas, memungkinkannya untuk tetap tersembunyi. Untuk melakukannya:
Ketuk “Windows + I” untuk membuka aplikasi “Pengaturan”. Klik “Personalisasi” di bagian kiri jendela baru. Gulir ke bagian bawah jendela dan pilih kartu “Bilah Tugas”. Pilih “Bilah Tugas”. perilaku.” Pada halaman “Perilaku tugas”, batal pilih kotak “Tampilkan lencana (penghitung pesan yang belum dibaca) pada aplikasi bilah tugas” untuk menonaktifkan peringatan pesan dari aplikasi yang disematkan. Pastikan bahwa kotak “Sembunyikan bilah tugas secara otomatis” dipilih. Jika tidak, ketuk untuk mengaktifkannya.Keluar dari aplikasi “Pengaturan”.
Sistem seharusnya sekarang tidak mengalami kesulitan menghapus bilah tugas.

Memulai ulang PC

Windows 11 adalah perangkat lunak paling canggih Microsoft, artinya sistem operasi menjalankan banyak proses latar belakang kompleks yang memungkinkan Anda untuk menggunakan komputer Anda. Proses-proses ini terkadang dapat mengganggu satu sama lain dan mencegah perangkat Anda menyelesaikan tindakan tertentu seperti menyembunyikan bilah tugas.

Glitches perangkat lunak kecil tidak menyebabkan kerusakan jangka panjang pada PC, jadi me-reboot komputer akan mengatasi masalah tersebut. Setelah PC aktif dan berjalan kembali, periksa apakah bilah tugas masih berada di bagian bawah desktop.

Menyembunyikan Bilah Tugas di Windows 11 Saat Menjadi Layar Penuh

Ketika Anda memasuki mode layar penuh di Windows 11, sistem secara otomatis menghapus bilah tugas. Jika masih terlihat, Anda mungkin lupa memilih opsi sembunyikan otomatis. Selain itu, pemberitahuan dan pesan yang belum dibuka dapat menyumbat bilah tugas dan mencegahnya menghilang. Sebelum mengaktifkan opsi sembunyikan otomatis, pastikan Anda telah melalui semua program yang disematkan ke bilah tugas dan membuka semua peringatan.

Menyembunyikan dan Memulihkan Bilah Tugas di Windows 11 pada Monitor Kedua

Windows 11 memungkinkan pengguna memperbesar tampilan hingga menutupi dua monitor. Saat Anda menyiapkan monitor kedua, Anda dapat menyesuaikan tampilan bilah tugas. Anda mungkin ingin tetap terlihat hanya di monitor pertama, atau Anda dapat mengaktifkannya untuk muncul di kedua desktop. Selain itu, Anda dapat memilih fitur sembunyikan otomatis dan menghapus bilah tugas dari kedua layar. Saat hilang, memindahkan kursor di sepanjang ujung bawah kedua monitor akan memicu bilah tugas dan itu akan muncul kembali.

Namun, Windows 11 terkadang kesulitan untuk mengambil bilah tugas monitor kedua setelah Anda menyembunyikannya, dan menggoyangkan kursor tidak berhasil. Dalam kasus seperti itu, aplikasi yang disematkan adalah penyebabnya. Untuk melepas sematan aplikasi dari bilah tugas, lakukan hal berikut:
Buka bilah tugas dan gerakkan mouse ke atas ikon yang disematkan.Klik dan pilih opsi “Lepas sematan dari Bilah Tugas”.
Ulangi proses hingga Anda melepas sematan semua aplikasi. Saat Anda menyelesaikan tugas, bilah tugas akan berfungsi dengan benar.

FAQ Tambahan
Bagaimana cara menghapus ikon bilah tugas?

Jika Anda puas dengan penempatan default bilah tugas tetapi merasa itu berisi terlalu banyak ikon, Anda dapat mendeklarasikannya dengan menghapus ikon yang tidak diinginkan.

1. Buka bilah tugas dan klik kanan pada ruang kosong.

2. Pilih “Pengaturan Bilah Tugas.”

3. Navigasikan ke “Item bilah tugas”, temukan item yang ingin Anda hapus, dan nonaktifkan.

4. Gulir ke “Taskbar corner overflow” dan pilih ikon yang ingin Anda sembunyikan dari taskbar.

Taskbar sekarang akan berisi lebih sedikit tombol dan pintasan aplikasi.

Jauhkan Bilah Tugas Janda 11 Dari Penglihatan

Meskipun bilah tugas Windows 11 tidak memiliki fitur yang sangat pengguna- desain yang ramah, ada beberapa cara untuk menyembunyikannya dan mendeklarasikan desktop Anda. Saat Anda ingin mengakses aplikasi yang disematkan, memulihkan tata letak desktop asli hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana, dan bilah tugas akan muncul kembali.

Sudahkah Anda menghapus bilah tugas Windows 11 dari desktop? Apakah Anda kesulitan menyembunyikannya? Manakah dari metode di atas yang memperbaiki masalah? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.