Cara Menyesuaikan Kecerahan pada PC Windows 10

Pengaturan kecerahan layar adalah fitur penting, apa pun perangkat yang Anda gunakan. Tetapi sangat penting untuk mendapatkan tingkat kecerahan yang optimal jika Anda menghabiskan berjam-jam di depan komputer.

Untuk pengguna laptop Windows 10, biasanya ada tombol kecerahan khusus yang membuat pengaturan menjadi mudah. Tetapi pengguna desktop perlu menerapkan solusi solusi untuk mencapai tujuan yang sama.

Menyesuaikan kecerahan layar dapat membuat perbedaan dalam hal ketegangan mata dan kenyamanan secara keseluruhan, jadi penting untuk mengetahui cara mengelolanya dengan benar.

Cara Menyesuaikan Kecerahan di Monitor Desktop Anda

Anda dapat mengakses kecerahan tampilan di Windows 10 dengan menggunakan pintasan “Win key + I”. Rute ini membawa Anda ke pengaturan Tampilan lainnya juga, seperti cara mengatur ulang tampilan jika Anda menggunakan lebih dari satu.

Windows 10 laptop dan pengguna PC all-in-one akan menemukan penggeser kecerahan di pengaturan tampilan juga, tetapi jika Anda menggunakan monitor eksternal, fitur ini tidak akan muncul. Sebagai gantinya, Anda perlu masuk ke pengaturan monitor Anda untuk menyesuaikan tingkat kecerahan.

Sebagian besar monitor memiliki tombol fisik di area kanan bawah. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan opsi kecerahan dan memilih pengaturan yang sesuai untuk Anda.

Jika Anda mengalami masalah dalam menemukan pengaturan kecerahan pada monitor, Anda harus melihat dokumentasinya. Jika Anda belum menyimpannya, mungkin cari manual instruksi pabrikan secara online.

Cara Menyesuaikan Kecerahan Menggunakan Panel Kontrol Driver Tampilan

Komputer Anda memiliki driver tampilan yang disediakan oleh pabrikan, yang dapat Anda akses menggunakan panel kontrol khusus.

Misalnya, Anda dapat memiliki Panel Kontrol Grafis Intel UHD atau Panel Kontrol NVIDIA. Panel ini dapat diunduh dari situs web resmi atau Microsoft Store, dan Anda dapat menggunakannya untuk menyesuaikan tingkat kecerahan.

Meskipun, Anda harus terlebih dahulu mengetahui jenis kartu grafis yang dimiliki komputer Anda. Anda dapat memeriksa Device Manager untuk mendapatkan informasi yang benar:
Tekan “Win ​​key + X” secara bersamaan.Pilih “Device Manager.” Perluas bagian “Display adapters”.
Anda akan mendapatkan nama yang tepat dari kartu grafis Anda. Misalnya, jika Anda memiliki kartu grafis NVIDIA, Anda harus pergi ke toko Microsoft dan mencari “Panel Kontrol NVIDIA.” Setelah Anda mengunduh dan memasang panel kontrol, beginilah cara Anda menyesuaikan kecerahan:
Luncurkan panel kontrol NVIDIA. Di panel sisi kiri, pilih “Tampilan.” Pilih “Sesuaikan pengaturan warna desktop.” Di bawah ” Bagaimana Anda membuat penyesuaian warna?,” pilih “Gunakan pengaturan NVIDIA.” Pindahkan penggeser “Kecerahan” untuk menemukan yang optimal pengaturan.Pilih “Terapkan.”
Sesuaikan Kecerahan Menggunakan Keyboard

Solusi ini tidak menjamin keberhasilan, tetapi mungkin berhasil dalam beberapa situasi. Jika Anda memiliki model monitor yang lebih baru dan keyboard yang memiliki tombol penyesuaian kecerahan bawaan, Anda mungkin beruntung.

Periksa keyboard Anda untuk ikon kecerahan (bentuk seperti bunga atau matahari) dan ujilah. Jika berhasil, Anda akan segera melihat perubahan kecerahan.

Menggunakan Lampu Malam di Windows 10

Bekerja dengan layar yang sangat terang, terutama dalam gelap, dapat melelahkan, dan mata Anda dapat mengalami ketegangan yang berlebihan. Itu sebabnya Windows 10 memiliki fitur lampu malam bawaan untuk laptop dan komputer desktop. Jika Anda ingin menyalakan lampu malam di komputer Anda secara manual, inilah yang Anda lakukan:
Buka Windows 10 Action Center dengan mengklik sudut kanan bawah layar.Klik opsi “Lampu malam”.
Kecerahan layar akan otomatis sesuaikan, sehingga lebih nyaman untuk melihat layar di malam hari.

Namun, jika Anda ingin menyesuaikan pengaturan ini lebih lanjut atau membuat jadwal cahaya malam, Anda harus pergi ke Pengaturan tampilan Windows 10:
Gunakan pintasan “Win key + I” .Klik “Sistem”. Setelah Mengklik “Sistem” Tekan “Tampilan”. Di bawah opsi “Cahaya malam”, pilih “Pengaturan lampu malam.” Anda akan melihat bilah geser yang mewakili kekuatan cahaya malam. Pindahkan sampai Anda menemukan apa yang cocok untuk Anda. Ada sakelar sakelar “Jadwalkan lampu malam” di bawah penggeser. Pindahkan dari “Mati” ke “Aktif.” Anda dapat memilih opsi default, “Sunset to sunrise”, atau centang opsi “Set hours” untuk menyesuaikan jadwal.
Catatan: Opsi “Sunset to sunrise” menggunakan lokasi perangkat Anda dan aplikasi cuaca bawaan Windows 10 untuk menentukan kapan matahari terbenam dan matahari terbit berada di wilayah Anda.

Menyesuaikan Kecerahan Sesuai Preferensi Anda

Demikian pula, layar yang sangat terang tidak baik untuk Anda saat bekerja di malam hari; Anda membutuhkan semua kecerahan yang bisa Anda dapatkan saat tengah hari. Pengaturan Tampilan Windows 10 cukup mudah, terutama jika Anda adalah pengguna laptop. Pengguna

PC dibiarkan bergantung pada pengaturan monitor individual untuk menyesuaikan kecerahan sesuai keinginan mereka. Satu-satunya pengecualian untuk aturan ini adalah lampu malam, yang tersedia di semua perangkat yang beroperasi pada Windows 10.

Beberapa pengguna mungkin beruntung dan mendapatkan tombol kecerahan pada keyboard dan monitor yang kompatibel. Orang lain mungkin menemukan bahwa panel kontrol kepemilikan kartu grafis mereka menawarkan semua akses ke pengaturan tampilan yang mereka butuhkan.

Apa solusi yang paling efisien, menurut Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.