Cara Menyetel Ulang Pabrik Windows 11 PC

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Mem-boot ulang Windows 11 Anda ke pengaturan pabrik adalah ide yang bagus karena beberapa alasan. Pengaturan asli mungkin tidak lagi berfungsi, atau Anda mungkin mengalami masalah dengan kinerja PC Anda. Atau, Anda mungkin berencana untuk menjual perangkat Anda dan ingin menghapus file Anda. Either way, reset pabrik adalah solusi sempurna, tetapi bagaimana Anda melakukan proses ini?

Entri ini akan memberi tahu Anda cara mengatur ulang pabrik komputer Windows 11 Anda. Kami akan memberi Anda beberapa cara untuk mem-boot ulang perangkat Anda sehingga Anda dapat mengatasi berbagai situasi dengan OS Anda.

Cara Menyetel Ulang Pabrik Windows 11

Jika komputer Anda berfungsi dengan baik dan Anda dapat masuk ke akun Anda, me-reboot PC Windows 11 Anda seharusnya tidak menantang. Inilah metode reset pabrik yang paling sederhana:
Tekan tombol Windows Anda dan temukan fungsi “Reset”. Pilih perintah untuk mereset PC Anda. Cara lain untuk mengakses fitur ini adalah dengan menggunakan pintasan “Windows key + I” dan pergi ke “System,” diikuti oleh “Recovery.” Jelajahi jendela “Recovery” dan tekan “Reset PC.” Pilih untuk menyimpan file Anda. Dengan cara ini, Anda akan menginstal ulang Windows 11 dengan menghapus semua program yang diinstal, tetapi Anda akan menyimpan folder dan file Anda dari semua drive kecuali untuk C. Semua konten folder “Unduhan”, “Dokumen”, dan “Desktop” akan hilang, jadi pastikan untuk mencadangkannya terlebih dahulu. Jika Anda ingin menyingkirkan semuanya (termasuk semua file), klik “Hapus semuanya.” Pilih “Instal ulang lokal” untuk menginstal OS yang sama dengan yang sedang Anda jalankan, yang membutuhkan waktu lebih sedikit. Anda juga dapat mengatur ulang komputer dan memperbarui sistem dengan menekan “Unduhan awan.” Opsi ini mengunduh sekitar 5GB data dan biasanya membutuhkan lebih banyak waktu. Buka “Pengaturan tambahan” untuk membuat perubahan yang diperlukan dan tekan “Berikutnya.” Baca ringkasannya. Pilih “Setel Ulang”, dan komputer Anda akan mulai reboot. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses dan mengatur akun Anda.
Jika komputer Anda tidak bisa boot, Anda hanya memiliki satu opsi untuk mem-boot ulang Windows 11 Anda – menggunakan metode “Pemulihan”. Itu akan muncul secara otomatis jika PC Anda tidak berfungsi, tetapi jika tidak, mengatur ulang perangkat Anda ketika logo Windows muncul harus melakukan trik. Terus atur ulang hingga Anda dapat melihat bagian “Pemulihan”. Dari sana, prosesnya relatif mudah:
Klik “Opsi lanjutan.” Arahkan ke “Troubleshoot” dan “Reset this PC.” Untuk menyimpan file Anda, pilih “Instal ulang lokal” atau pilih “Hapus semuanya” untuk menghapus program dan file Anda. Atau, pilih “Cloud download” untuk menginstal ulang versi terbaru dari web. Komputer sekarang akan reboot dan reset pabrik Anda akan dimulai. Gunakan petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses dan mengatur OS Anda.
Cara Reset Pabrik Windows 11 Dengan Drive USB

Mengatur ulang Windows 11 dengan drive eksternal adalah metode yang paling rumit. Prosedur ini mengharuskan Anda untuk mengunduh gambar disk ke drive USB atau penyimpanan eksternal lainnya dari PC lain. Selain itu, pastikan ada cukup ruang pada drive eksternal (setidaknya 8GB) untuk mengunduh file ISO. Terakhir, memiliki koneksi internet yang stabil akan mempercepat proses secara dramatis.

Jika PC Anda memenuhi semua persyaratan, saatnya untuk memulai reboot:
Buka situs web Microsoft dan navigasikan ke halaman unduhan ini. Temukan bagian “Unduh Gambar Disk” dan tekan “Pilih Unduh.” Pilih “Windows 11,” diikuti oleh “Unduh.” Pilih bahasa pilihan Anda dan tekan “Konfirmasi” untuk memulai unduhan. Ini harus menghasilkan tautan unduhan. Jika tidak, coba lagi setelah 24 jam atau gunakan PC lain jika ada pesan kesalahan. Pilih “Unduh 64-bit”. Anda hanya dapat menggunakan Windows 11 dengan prosesor jenis ini. Pengaturan ulang pabrik perangkat Anda ke unit 32-bit mungkin tidak tersedia. Colokkan drive USB Anda ke komputer setelah unduhan selesai. Buka situs web Rufus dan unduh perangkat lunaknya. Ini adalah solusi yang dapat diandalkan untuk mengatur drive USB. Jalankan Rufus pada perangkat dan secara otomatis akan mendeteksi PC Anda. Arahkan ke jendela “Perangkat” dan pilih “Pilih” untuk melanjutkan. Temukan file ISO di komputer Anda, pilih, dan tekan “Buka.” Buka “Opsi Format” dan masukkan nama drive yang dapat di-boot di “Volume” Anda label” box. Tekan “Start” untuk mengatur drive. Tekan “OK” untuk menghapus semua konten pada drive USB Anda. Jika Anda ingin mengembalikan dan mencadangkan data, tekan “Batal.” Nyalakan komputer yang ingin Anda reboot dan tekan F2 untuk mencapai pengaturan BIOS. Pada beberapa PC, Anda mungkin perlu menekan F1, F10, atau F12. Jika tidak ada yang berhasil, hubungi pabrikan perangkat Anda atau ikuti instruksi manual. Saat berada di bagian BIOS Anda, buka “Keamanan.” Temukan “Boot Aman” dan nonaktifkan. Simpan perubahan Anda dengan menekan F10. Tinggalkan BIOS dan reset komputer. Tekan F12 untuk mengakses “Boot Manager.” Anda mungkin perlu menekan tombol ini berulang kali. Buka “Opsi Booting” dan pilih drive USB Anda. Tekan “Enter” untuk memuat file pengaturan Anda. Ikuti petunjuknya untuk menyelesaikan instalasi Windows 11 Anda. Tekan “Install Now” untuk meluncurkan reboot pabrik.
Apa yang harus Anda lakukan setelah reset pabrik Windows 11?

Setelah Anda me-reboot PC Windows 11 Anda, menginstal ulang aplikasi Anda bukanlah satu-satunya hal pada daftar tugas Anda. Anda juga ingin memastikan Anda tidak melewatkan fitur penting apa pun. Langkah pertama adalah memeriksa pembaruan terbaru dan menginstalnya:
Luncurkan “Pengaturan.” Klik “Pembaruan Windows.” Pilih prompt untuk memeriksa pembaruan Windows 11. Tunggu hingga sistem mengunduh dan menginstal pembaruan apa pun.
Selanjutnya, Anda harus periksa driver yang hilang:
Buka “Mulai.” Gunakan opsi pencarian untuk menemukan “Pengelola Perangkat.” Klik hasil pertama untuk meluncurkan aplikasi. Konfirmasikan tidak ada bagian “Perangkat lain”, yang umumnya menunjukkan perangkat dengan driver yang hilang. Namun, jika cabang muncul, kunjungi situs web dukungan PC Anda, dan unduh driver yang diperlukan.
Akhirnya, Anda ingin memulihkan file cadangan Anda. Jika Anda telah mencadangkannya dengan drive eksternal, sambungkan dan ikuti langkah-langkah berikut:
Mulai “File Explorer”Pilih “This PC” di bagian kiri layar. Temukan “Devices and driver.” Klik dua kali driver dengan file cadangan. Pilih folder dan file. Klik “Salin.” Buka folder tujuan Anda dan klik “Tempel” untuk menyelesaikan pemulihan.
File History adalah metode pemulihan cadangan lain yang dapat Anda gunakan:
Pasang drive dengan file cadangan ke PC Anda. Ketik “Control Panel” di kotak pencarian Anda dan klik dari hasil. Arahkan ke kotak pencarian di jendela baru dan masukkan “File History.” Pilih prompt untuk menyimpan salinan cadangan Anda menggunakan File History. Kembalikan file Anda dengan mengikuti petunjuk di layar.
Terakhir, Anda dapat memulihkan file Anda ke Windows 11 dengan fitur “Cadangkan dan Pulihkan”:
Hubungkan drive eksternal Anda. Buka bilah tugas dan temukan kotak pencarian. Ketik “Panel Kontrol” dan klik hasilnya .Pilih “Cadangkan dan Pulihkan.” Pilih folder cadangan yang ingin Anda kembalikan ambil file dari dan pilih lokasi perangkat eksternal.Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan pemulihan.
Kembali ke Jalur Dengan Reboot Cepat

Tidak perlu membiarkan Windows 11 yang lamban menghalangi pekerjaan dan permainan Anda. Gunakan salah satu metode di atas untuk mengembalikan sistem ke pengaturan pabrik, dan Anda akan segera melihat perbedaannya. PC Anda akan berjalan dengan lancar, membuat pengalaman Anda lebih menyenangkan.

Pernahkah Anda mengembalikan Windows 11 ke pengaturan pabrik? Bagaimana kinerja OS setelah reboot? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.