Cara Menyetem Gitar Anda Dengan Google Tuner

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk menyetem gitar Anda, cari Google untuk “google guitar tuner”. Di applet yang muncul, ketuk atau klik ikon mikrofon untuk memberikan izin mikrofon, lalu mainkan setiap senar gitar yang ingin Anda setel, sesuaikan hingga Google menunjukkan bahwa Anda telah mencapai nada yang benar. Perlu menyetel gitar Anda? Aplikasi tuner bisa mahal, dan melupakan tuner fisik Anda di rumah adalah hal terakhir yang Anda butuhkan saat akan memulai pertunjukan. Google Guitar Tuner gratis dapat dicari di browser Anda dan dapat bekerja dengan baik dalam keadaan darurat.

Cara Menemukan Google Guitar Tuner

Untuk mengakses Google tuner, mulailah dengan membuka browser Anda. Kami menguji menggunakan Safari dan Chrome. Arahkan ke halaman penelusuran Google, ketik google guitar tuner ke dalam kotak penelusuran, dan klik atau tap tombol telusuri. Applet ini akan muncul di bagian atas hasil pencarian.

Dalam pengujian kami, cukup mengetik “gitar tuner” tidak memanggil applet. Ini berbeda dengan applet lain, seperti Kalkulator Google, yang akan muncul di bagian atas hasil pencarian meskipun Anda hanya mencari “kalkulator”.

Cara Menggunakan Google Tuner

Sebelum menggunakan Google Guitar Tuner, Anda harus memberikan situs web izin mikrofon. Anda akan melihat pesan “Press Mic to Begin Tuning.” Ketuk atau klik ikon mikrofon.

Anda akan melihat sembulan yang meminta izin untuk menggunakan mikrofon Anda. Pilih “Izinkan” untuk melanjutkan.

Anda sekarang akan melihat pesan di Google tuner yang mengatakan “Mendengarkan”, yang berarti aplikasi siap membantu Anda menyetel gitar Anda.

Mainkan senar terbuka yang ingin Anda pilih, dan penyetem akan menampilkan nada apa yang sedang disetel. Dalam hal ini, kami menyetel senar E rendah (dalam penyetelan standar EADGBE), dan Google Guitar Tuner menunjukkan bahwa kami sedikit menyimpang dari sana. Jika Anda menggunakan overdrive atau distorsi, matikan untuk hasil yang lebih baik.

Setel senar lebih tinggi atau lebih rendah sesuai kebutuhan sampai tuner menunjukkan Anda berada di nada yang benar dengan panah hijau.

Perlu diingat bahwa tuner Google adalah chromatic tuner. Dengan kata lain, itu akan menyetel nada apa pun dalam notasi musik Barat. Pada saat penulisan, tidak ada opsi untuk menyetelnya ke penyetelan gitar tertentu, jadi Anda harus mengetahui nada mana yang ingin Anda setel dan apakah itu lebih tinggi atau lebih rendah dari nada yang ditampilkan saat ini.

Seberapa Akurat Google Guitar Tuner? mungkin bertanya-tanya apakah Anda dapat memercayai Google tuner untuk menyetel secara akurat. Dalam praktiknya, kualitas mikrofon di perangkat Anda dapat memengaruhi keakuratan aplikasi tuner. Tetapi karena ini mendengarkan frekuensi sederhana, itu harus bekerja dengan benar di hampir semua perangkat.

Kami menggunakan Google Tuner bersama aplikasi GuitarTuna yang populer, tuner bawaan pada gitar akustik, dan terintegrasi tuner di pedal multi-efek. Mereka semua memberikan hasil yang persis sama dengan applet tuner Google, jadi kami yakin ini akan bekerja cukup baik untuk semua kecuali musisi yang paling cerdas.

Setelah gitar Anda selaras, mengapa tidak memasukkan kata “metronom” ke Google untuk applet metronom mereka? Ini adalah alat yang sempurna untuk melatih tangga nada Anda, dan seperti Google Guitar Tuner, sepenuhnya gratis untuk digunakan.

Disadur dari HowToGeek.com.