Cara Menyimpan Rute di Google Maps

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
AndroidChromebookMacWindowsPerangkat Hilang?
Mengetahui cara menyimpan rute di Google Maps bisa sangat berguna jika Anda merencanakan perjalanan. Fitur ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk merencanakan perjalanan Anda secara efisien, tetapi juga dapat mencegah Anda tersesat di sepanjang jalan. Anda bahkan dapat mengunduh peta untuk dilihat secara offline, jadi Anda tidak perlu koneksi internet untuk melihat ke mana Anda harus pergi.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara menyimpan rute di Google Maps di ponsel dan PC Anda . Selain itu, kami akan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang rute Google Maps.

Cara Menyimpan Rute di Google Maps di Setiap Perangkat

Meskipun Anda dapat merencanakan dan membuat rute sendiri di Google Maps hingga detail terakhir, Anda hanya dapat menyimpan rute di perangkat Android Anda. Namun, setelah Anda membuat rute di PC, Anda dapat mengirim petunjuk arah ke ponsel Anda, tempat mereka dapat disimpan.

Di Android

Untuk menyimpan rute di Google Maps di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Buka Google Maps di ponsel Anda .Ketik tujuan Anda di bilah pencarian.Ketuk Petunjuk Arah di sudut kiri bawah layar Anda.Ketik lokasi Anda saat ini atau lokasi di mana Anda akan memulai rute.Pilih bagaimana Anda akan bepergian (mengemudi, sepeda motor, transit , berjalan, bersepeda, dan bersepeda).Buka Navigasi di pojok kanan bawah layar.Ketuk Pin di toolbar bawah.
Anda juga dapat menyimpan tujuan. Untuk melakukan ini, ketik arah di bilah pencarian dan ketuk Simpan di bilah alat bawah. Google Maps akan menanyakan apakah Anda ingin rute disimpan dalam folder berikut: Favorit, Ingin Pergi, Tempat Berbintang, Bookmark, atau jika Anda ingin membuat daftar baru. Saat Anda ingin membuka peta dan memulai rute, cukup buka Google Maps dan buka tab Tersimpan di bilah alat bawah.

Jika Anda tidak puas dengan rute yang direncanakan Google Maps untuk Anda, Anda dapat meninjau rute lain yang memungkinkan . Saat Anda memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda, cukup ketuk aplikasi tersebut.

Google Maps biasanya sudah diinstal sebelumnya di Android Anda, tetapi jika Anda tidak memiliki aplikasi dan tidak ingin menginstalnya, Anda masih dapat menggunakannya pada versi web. Jika Anda memiliki iPhone, Anda dapat mengunduh Google Maps dan mengikuti langkah yang sama untuk menyimpan rute. Selain dari komputer Anda, Anda juga dapat menyimpan rute di Google Maps di tablet Anda.

Pada PC

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda tidak dapat menyimpan rute di Google Maps pada PC Anda, tetapi Anda dapat mengirimkannya ke ponsel Anda atau perangkat lain. Begini caranya:
Buka Google Maps di browser Anda. Di bilah pencarian Google Maps, ketik tujuan Anda. Klik Petunjuk Arah di sisi kiri layar Anda. Ketik lokasi Anda saat ini, atau di mana Anda akan memulai perjalanan. Anda akan melihat semua rute ke tujuan itu; rute yang disarankan akan berwarna biru.Pilih opsi perjalanan Anda (bus, kereta bawah tanah, sepeda, kereta api, trem, atau berjalan kaki).Buka Kirim petunjuk arah ke ponsel Anda.Pilih apakah Anda ingin petunjuk arah dikirim langsung ke ponsel Anda, melalui email , atau melalui text.
Anda akan segera mendapatkan notifikasi dari Google Maps di ponsel Anda. Meskipun Anda tidak dapat menyimpan rute di Google Maps di PC Anda, Anda dapat menyimpan tujuan. Begini caranya:
Buka Google Maps.Ketik tujuan Anda di bilah pencarian.Klik Simpan di bawah gambar tujuan.Pilih daftar tempat Anda ingin menyimpan tujuan (Favorit, Ingin Pergi, Tempat Berbintang, Bookmark, atau daftar baru yang Anda buat).
Anda juga dapat membuat peta Anda sendiri di Petaku Google Maps. Begini caranya:
Telusuri Petaku di Google.Buka Buat Peta Baru di sudut kiri atas layar Anda.Pilih Tambahkan petunjuk arah di bawah bilah pencarian.Ketik tempat yang ingin Anda tuju.Tambahkan lokasi awal Anda.Pilih caranya Anda akan sampai di sana (berjalan, mengemudi, bersepeda, dll.).
Anda dapat memilih item, menambahkan penanda, menggambar garis, mengukur jarak, memberi nama peta, dan menulis deskripsi setelah selesai. Anda dapat membagikannya dengan siapa pun yang Anda inginkan melalui tautan atau melalui Google Drive.

FAQ Tambahan
Apakah rute tersimpan Google Maps saya pernah kedaluwarsa?

Saat Anda menyimpan rute di Google Maps di ponsel atau tablet, rute tersebut memiliki tanggal kedaluwarsa 30 hari. Itulah mengapa kami menyarankan Anda untuk merencanakan rute di bulan yang sama saat Anda akan melakukan perjalanan. Namun, rute umumnya mudah dibuat dan disimpan, jadi meskipun kedaluwarsa, Anda dapat menyimpannya kembali dalam beberapa saat.

Bepergian Lebih Baik Dengan Google Maps

Sekarang Anda tahu cara menyimpan rute di Google Maps di ponsel Anda dan caranya untuk berbagi rute dari PC Anda. Anda juga tahu cara menyesuaikan rute dan menyimpan peta sehingga Anda dapat menggunakannya secara offline. Setelah Anda menyimpan semua rute dan peta yang diperlukan, perjalanan Anda dapat dimulai.

Pernahkah Anda menyimpan rute di Google Maps sebelumnya? Apakah Anda menggunakan metode yang sama dengan yang kita bahas dalam panduan ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.