Cara Menyinkronkan Kontak Dari Android ke Gmail

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Memiliki semua kontak yang dapat diakses dari akun Gmail adalah hal yang mudah. Ini menghilangkan kerumitan perlu merujuk ke kontak yang disimpan di Android kapan pun Anda ingin mengirim email ke salah satu dari mereka. Ini juga berfungsi sebagai cadangan tambahan.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menyinkronkan kontak Android dan iPhone ke akun Gmail Anda. Selain itu, kami memiliki delapan kiat pemecahan masalah untuk dicoba jika Anda mengalami masalah saat menyinkronkan kontak Android Anda.

Sinkronkan Kontak Dari Android ke Gmail

Untuk menyinkronkan kontak dari perangkat Android Anda ke akun Gmail Anda, akun Gmail Anda harus dipasang dengan sinkronisasi diaktifkan:
Open aplikasi “Pengaturan”. Pilih “Google”, “Setelan untuk Google Apps”, lalu “Sinkronisasi Kontak Google.” Ketuk “Sinkronkan juga kontak perangkat” lalu “Cadangkan & sinkronkan kontak perangkat secara otomatis.” Aktifkan “Cadangkan & sinkronkan secara otomatis kontak perangkat.”Pilih akun Gmail Anda.
Kontak Anda sekarang akan disinkronkan ke akun Gmail Anda. Dan selanjutnya, kontak tambahan apa pun yang Anda simpan ke perangkat Android Anda akan secara otomatis disinkronkan ke akun Gmail Anda. Untuk menghentikan penyimpanan kontak, nonaktifkan “Cadangkan & sinkronkan kontak perangkat secara otomatis.”

Untuk mengimpor kontak yang disimpan di kartu SIM perangkat Android Anda ke akun Gmail, ikuti langkah-langkah berikut:
Pastikan kartu SIM yang ingin Anda impor dari kontak dimasukkan di ponsel Anda. Ketuk aplikasi “Kontak”. Di sudut kanan, ketuk menu tiga titik horizontal. Pilih “Kelola” lalu “Impor Kontak.” Pilih “kartu SIM” lalu pilih akun Gmail untuk mengimpor kontak.
Sync Kontak Dari iPhone ke Gmail

Untuk mentransfer kontak iPhone ke akun Gmail Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
Luncurkan aplikasi “Pengaturan”. Ketuk “Mail” lalu buka “Akun”. Pilih “Tambah Akun” lalu “Google.” Masukkan informasi akun Gmail Anda lalu “Selanjutnya.” Setelah verifikasi akun Anda berhasil, ketuk “Simpan.” Untuk menyinkronkan kontak iPhone Anda ke Gmail, aktifkan “Kontak” lalu “Simpan.”
Atau , Anda dapat menyinkronkan kontak iPhone Anda menggunakan iCloud, berikut caranya:
Buka “Pengaturan,” ketuk nama Anda, lalu “iCloud” dan aktifkan “Kontak.” Di laptop atau PC Anda, kunjungi iCloud.com dan masukkan kredensial ID Apple Anda. Pilih “Kontak” lalu pilih kontak yang ingin Anda sinkronkan dari iPhone ke Gmail. Pilih ikon roda gigi lalu ketuk “Ekspor vCard.” Masuk ke Google Kontak. Di panel kiri, pilih “Impor Kontak…” lalu di jendela baru , pilih “Choose File.” Pilih vCard yang Anda ekspor dari iCloud, lalu pilih “Import.”
Transfer Kontak Dari Android ke iPhone Melalui Gmail

Untuk mentransfer kontak Android ke iPhone melalui Gmail, Anda harus terlebih dahulu menyinkronkan kontak Android ke akun Gmail Anda. Untuk melakukannya:
Buka aplikasi “Pengaturan”. Pilih “Google”, “Pengaturan untuk aplikasi Google”, lalu sinkronisasi Kontak Google.” Pilih “Sinkronkan juga kontak perangkat”, lalu “Cadangkan & sinkronkan kontak perangkat secara otomatis”. Cadangkan & sinkronkan kontak perangkat secara otomatis.”Pilih akun Gmail yang ingin Anda transfer kontaknya.
Selanjutnya, untuk mentransfer kontak ke iPhone Anda:
Ketuk aplikasi “Pengaturan”. Pilih “Kata Sandi & Akun.” Pilih “Tambah Akun” lalu “Google.” Selesaikan instruksi untuk menambahkan akun Gmail Anda ke iPhone Anda. Semua info Google Anda akan disinkronkan, termasuk kontak.
Memecahkan Masalah Kontak Google yang Tidak Disinkronkan Dengan Android

Masalah sinkronisasi kontak antara Google dan Android adalah hal biasa. Coba perbaikan cepat ini melalui perangkat Android Anda untuk menyelesaikan masalah:

Catatan: Beberapa langkah mungkin berbeda tergantung pada merek dan model perangkat Anda.
1. Reboot Phone
AndaMulai dengan restart telepon dasar untuk menghapus/memperbaiki gangguan sementara yang mungkin menyebabkan masalah bagi kontak Google untuk sync.
2. Nonaktifkan dan Aktifkan Kembali Sinkronisasi Kontak Di sini Anda dapat memeriksa apakah opsi sinkronisasi otomatis diaktifkan. Jika demikian, nonaktifkan kemudian aktifkan kembali, berikut caranya:
Buka “Pengaturan.” Klik “Akun.” Pilih “Google” lalu pilih akun Google Anda. Pilih “Sinkronisasi Akun” lalu nonaktifkan “Sinkronkan Kontak.” Ketuk sakelar ke aktifkan kembali.3. Hapus data Cache dan Data
Cached Anda juga bisa menjadi penyebabnya. Berikut cara menghapus cache dan data Anda:
Luncurkan “Pengaturan.” Arahkan ke bagian “Aplikasi”. Pilih aplikasi “Kontak”. Ketuk “Penyimpanan” lalu “Hapus Cache” dan “Data.”4. Paksa Kontak untuk Sync
Karena masalah sementara, fitur sinkronisasi akun Google mungkin berhenti. Lakukan hal berikut untuk memaksanya memulai ulang:
Ketuk “Pengaturan” lalu “Akun.” Gunakan sakelar sakelar untuk mengaktifkan kembali opsi “Sinkronkan Data Aplikasi Secara Otomatis”.5. Nonaktifkan Saver Mode
Pada sebagian besar perangkat Android, setelah mode hemat daya atau baterai diaktifkan, untuk menghemat energi, fitur sinkronisasi akan dinonaktifkan untuk sementara. Nonaktifkan “Penghemat Baterai” untuk melihat apakah itu menyelesaikannya:
Ketuk “Pengaturan,” “Baterai,” lalu “Penghemat Baterai.”6. Verifikasi Tanggal dan WaktuMemiliki pengaturan tanggal dan waktu yang salah pada perangkat Anda juga dapat menyebabkan kontak Google berhenti menyinkronkan. Bahkan jika pengaturannya benar, Google merekomendasikan untuk mengubahnya untuk memaksa sinkronisasi. Begini caranya:
Buka “Pengaturan.” Buka “Tanggal dan Waktu.” Nonaktifkan “Tanggal & waktu otomatis” dan “Zona waktu otomatis.” Setel tanggal dan waktu salah. Tutup “Pengaturan” dan buka layar beranda. Kembali ke pengaturan “Tanggal dan Waktu”. Ubah pengaturan ke tanggal dan waktu yang benar. Aktifkan “Tanggal & waktu otomatis” dan “Zona waktu otomatis.”7. Perbarui Google Kontak
Jika Google Kontak adalah aplikasi buku telepon default ponsel Anda, coba perbarui ke versi terbaru dengan mengunjungi Google Play Store.

Jika ponsel Anda menggunakan aplikasi kontak lain, periksa apakah versi terbaru telah diinstal. Atau, coba gunakan Google Kontak sebagai kontak default Anda.
8. Hapus dan Tambahkan Kembali Akun Google Anda Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus akun Google Anda:
Buka “Pengaturan.” Buka “Akun,” “Google,” lalu pilih akun Google Anda. Pilih “Hapus” lalu konfirmasi. Setelah akun Anda dihapus , tambahkan kembali lalu aktifkan sinkronisasi kontak.
Kontak Android Disinkronkan

Fitur pencadangan dan sinkronisasi otomatis Google, memungkinkan Anda menyinkronkan kontak yang tersimpan di ponsel atau SIM ke akun Gmail dengan mudah. Setelah pengaturan diaktifkan di Google, setelah sinkronisasi awal, kontak baru akan secara otomatis disinkronkan ke akun Gmail Anda. Pengaturan ini dapat dinonaktifkan kapan saja.

Setelah semua kontak Anda berada di satu tempat, Anda akan menghemat waktu mencari informasi kontak melalui aplikasi tambahan dan juga memiliki cadangan kontak ponsel Anda.

Beri tahu kami pendapat Anda tentang pencadangan otomatis Google dan sinkronkan fitur di bagian komentar di bawah.