Cara Menyinkronkan Kontak Dari iPhone ke Mac atau Sebaliknya

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
iPhoneMacDevice Missing?
Salah satu hal terbaik tentang ekosistem Apple adalah betapa mudahnya menyinkronkan semua perangkat Anda. Ini berlaku untuk semua jenis data, mulai dari foto dan kalender hingga kontak Anda.

Anda tidak perlu susah payah mengetik ulang semua nama kontak dan nomor telepon untuk mentransfernya dari iPhone ke Mac atau sebaliknya. Sebagai gantinya, Anda dapat menyinkronkan kontak Anda untuk berkomunikasi dengan teman dan kenalan Anda di kedua perangkat dengan mudah. Berikut cara melakukannya dalam tiga cara.

Cara Menyinkronkan Kontak Anda Antara iPhone dan Mac

Ada beberapa cara untuk memindahkan kontak Anda dari satu perangkat Apple ke perangkat Apple lainnya:
Menyinkronkan kontak Anda menggunakan iCloudMenyinkronkan kontak dengan koneksi USBAirdrop kontak satu per satu
Gunakan iCloud

Cara paling nyaman untuk sinkronisasi kontak Anda dari iPhone ke Mac Anda adalah dengan menggunakan layanan cloud Apple. Mengaktifkan opsi ini akan membuat daftar kontak Anda terus diperbarui, jadi Anda tidak perlu mengangkat jari lagi. Setiap kali Anda menambahkan atau mengedit kontak di iPhone atau Mac, perangkat lain juga akan mendapatkan memo.

Untuk mengatur penyelarasan iCloud, Anda harus memastikan bahwa Anda masuk ke akun Apple yang sama di iPhone dan Mac.

Selanjutnya, aktifkan sinkronisasi kontak di iPhone Anda:
Buka aplikasi “Pengaturan” iPhone Anda. Ketuk ID Anda di bagian atas, lalu “iCloud.” Temukan “Kontak” pada daftar aplikasi yang menggunakan iCloud dan pastikan sakelar aktif. Ketuk “Gabung” di peringatan sembulan.
Sekarang, buka Mac Anda untuk mengaktifkan sinkronisasi iCloud di sana juga:
Klik ikon Apple di sudut dan buka “Preferensi Sistem.” Tekan ID Apple Anda di bagian atas. Pilih ” iCloud” dari bilah sisi. Centang kotak di samping “Kontak” untuk menyinkronkan kontak Anda dengan iPhone.
Satu-satunya kelemahan menggunakan iCloud adalah ruang penyimpanan gratis Anda terbatas. Sebaiknya selektif dengan apa yang Anda simpan di iCloud sehingga penyimpanan yang berlebihan tidak akan mengganggu sinkronisasi kontak Anda.

Sinkronisasi Melalui USB

Jika Anda tidak menggunakan iCloud, Anda dapat menghubungkan iPhone ke Mac Anda untuk menyinkronkan kontak secara manual. Setelah Anda mengatur metode ini, Anda tidak perlu menggunakan kabel USB Anda di masa mendatang. Di macOS 10.15 dan yang lebih baru, Anda akan menggunakan aplikasi Finder untuk melakukan ini.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menyinkronkan kontak iPhone ke Mac menggunakan kabel USB:
Hubungkan iPhone ke Mac dengan kabel USB-nya.Luncurkan “Finder” dan pilih iPhone Anda di bawah “Lokasi” di bilah sisi. Temukan tombol “Info” di bilah menu. Centang “Sinkronkan kontak ke …” dan pilih “Semua grup” untuk menyinkronkan semua kontak Anda. Tekan “Terapkan.”
Jangan tutup Finder atau cabut telepon Anda dulu. Aktifkan koneksi melalui Wi-Fi dan aktifkan sinkronisasi otomatis sehingga Anda tidak perlu menggunakan kabel USB di masa mendatang. Ikuti langkah-langkah ini:
Beralih ke tab “Umum” di bilah menu. Centang kotak di samping “Show this iPhone when on Wi-Fi” dan “Automatically sync when this iPhone connected.” Terapkan perubahan, dan Anda done.
Airdrop Kontak

Anda tidak perlu menyinkronkan seluruh perpustakaan jika Anda hanya ingin mentransfer satu atau dua kontak. Dalam hal ini, solusi cepat hanya dengan mengirim kontak melalui udara.
Pastikan Mac dan iPhone Anda saling berdekatan. Buka aplikasi “Kontak” iPhone Anda dan buka kontak yang ingin Anda transfer. Ketuk “Bagikan Kontak”, lalu pilih ” AirDrop.”
Pemecahan Masalah

Jika Anda mengalami masalah saat menyinkronkan kontak melalui iCloud, salah satu alasan berikut biasanya yang harus disalahkan:
Anda masuk dengan akun yang berbeda di kedua perangkat.Penyimpanan iCloud Anda penuh, mencegah sinkronisasi.Sinkronisasi kontak tidak diaktifkan di kedua ujungnya.
Jika Anda telah mengonfirmasi bahwa tidak satu pun dari masalah ini yang terjadi, coba perbaikan berikut:
Keluar dari akun Anda di kedua perangkat, lalu masuk kembali.Sinkronkan kontak secara paksa dengan menyegarkan daftar kontak di iPhone Anda. Buka aplikasi “Kontak” Anda dan tarik layar ke bawah untuk menyegarkan. Gunakan metode lain, seperti USB atau Airdrop, untuk mentransfer kontak Anda.
Tetap di Sentuh

Lupakan nomor tak dikenal dan informasi kontak yang hilang. Dengan iCloud, menyinkronkan kontak Anda adalah pekerjaan satu kali. Aktifkan opsi ini di pengaturan Anda, dan setiap kontak baru yang Anda tambahkan akan disinkronkan secara otomatis. Jika Anda tidak menggunakan iCloud, mentransfer kontak secara manual juga merupakan opsi.

Bagaimana cara agar kontak tetap sinkron di antara perangkat Apple? Pernahkah Anda mengalami masalah sinkronisasi sebelumnya? Beri tahu kami di komentar di bawah.