Cara Merekam Audio Discord

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Discord telah menjadi platform pertemuan virtual favorit bagi banyak komunitas selama beberapa tahun sekarang. Awalnya digunakan secara eksklusif oleh para gamer, tempat ini memiliki banyak fasilitas yang membuatnya sempurna untuk mengobrol dan bertukar pendapat dengan orang-orang yang menyukai hal yang sama seperti Anda.

Salah satu fitur yang disukai pengguna Discord adalah kemampuan untuk merekam obrolan suara Anda, yang tidak bukan sesuatu yang dapat Anda lakukan di banyak platform di luar sana. Jika Anda belum pernah mencobanya, Anda mungkin tidak yakin bagaimana cara merekam audio. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang itu, baca panduan kami di bawah ini.

Cara Merekam Audio Discord di Perangkat iOS

Jika Anda menggunakan iPhone atau iPad untuk mengakses Discord, fitur perekaman bawaan Anda mungkin tidak berfungsi dengan platform ini. Tapi jangan khawatir, ada cara untuk merekam audio menggunakan bot perekaman Discord bernama Craig.

Salah satu fitur terbaik yang ditawarkan Craig adalah memungkinkan Anda merekam beberapa speaker sekaligus, dan menyimpan file secara terpisah. Dengan begitu, Anda tidak perlu membuang waktu untuk memangkas dan mengedit file secara manual, tetapi Anda masih memiliki opsi pengeditan jika Anda membutuhkannya.

Itu menjadikan Craig salah satu pilihan terbaik untuk podcast, dan juga untuk tujuan lain. Namun, sebelum Anda mulai merekam, pastikan semua pihak yang disertakan tahu bahwa mereka sedang direkam. Di beberapa negara bagian, merekam seseorang tanpa mereka sadari adalah ilegal.

Berikut cara menggunakan Craig.
Anda harus membuat server Discord terlebih dahulu. Setelah Anda melakukannya, navigasikan ke situs web resmi Craig Bot dan ketuk opsi “Undang Craig ke Server Perselisihan Anda”. Masuk untuk menggunakan bot. Undang ke server yang Anda buat dengan memasukkan perintah berikut: craig:, bergabung (nama server Anda). Ini akan mulai merekam obrolan suara yang diinginkan. Ketika Anda selesai merekam, masukkan perintah: craig:, tinggalkan (nama server Anda). Itu akan menyelesaikan rekaman, dan Anda akan menerima tautan untuk mengetuk dan mengunduh file audio. Pilih AAC atau FLAC, dan file akan disimpan langsung di iPhone Anda, di mana Anda dapat mengeditnya.
Cara Merekam Audio Discord di Android

The Craig bot yang dijelaskan di bagian sebelumnya juga berfungsi di ponsel Android. Langkah-langkah yang harus diambil sama seperti pada perangkat iOS.

Tapi seperti yang kami nyatakan, Anda hanya dapat menggunakan Craig jika Anda yang membuat server.

Jadi, dapatkah Anda merekam audio di server tempat Anda hanya menjadi anggota? Untungnya, ya. Ada berbagai aplikasi untuk diunduh dari Google Play store yang memungkinkan Anda merekam audio, seperti Camtasia yang populer. Ini juga bagus untuk merekam tutorial. Anda masih perlu memisahkan audio dari video saat selesai merekam jika Anda hanya membutuhkan suara.

Cara Merekam Audio Discord di Komputer

Anda juga dapat menggunakan bot Craig untuk merekam di komputer Anda. Dalam hal ini, Anda juga dapat menyimpan file (atau file) dalam format .wmv.

Ada metode lain untuk merekam audio di Discord di PC dengan komputer Windows atau Mac; jika Anda bukan pemilik server, Anda tidak dapat menggunakan Craig.

Cara Merekam Audio Discord dengan OBS

Salah satu alat paling umum untuk merekam audio dari Discord di komputer adalah perekam OBS. Ini gratis, tetapi Anda dapat memberikan donasi ke situs web sehingga mereka dapat terus mengizinkan unduhan gratis. Bahkan ada server di Discord yang didedikasikan untuk alat ini, sehingga Anda dapat bergabung dan menanyakan apa pun yang mungkin ingin Anda ketahui tentang alat tersebut.

OBS juga memungkinkan Anda merekam layar, sehingga Anda dapat mengatur alat tergantung pada apa yang perlu Anda buat.

Untuk merekam dengan OBS, lakukan hal berikut:
Buka perangkat lunak dan klik ikon “+” di bagian bawah jendela, di “Sumber.” Anda akan melihat menu baru di layar, di mana Anda perlu mengklik ” Audio Output Capture.” Di jendela baru, beri nama sumber audio desktop dan klik “OK” di bagian bawah untuk menyimpan pilihan Anda. Pilih apakah Anda menggunakan earphone atau speaker di “Properties.” Anda akan menemukan opsi di menu tarik-turun, jadi setelah Anda memilih satu perangkat keluaran, pilih “OK” untuk menyimpan. Ini tidak wajib, tetapi disarankan untuk menguji alat sebelum Anda mulai merekam untuk memastikan semuanya akan berfungsi. Di bawah “Audio Mixer”, Anda akan melihat penggeser audio. Mereka harus bergerak jika OBS mengambil audio. Anda dapat, misalnya, memutar musik di komputer Anda untuk menjalankan tes. Selama langkah ini, Anda juga dapat menyesuaikan volume rekaman. Sekarang Anda siap untuk merekam audio Anda, jadi navigasikan ke “Kontrol” di sudut kanan bawah dan pilih “Mulai Merekam.” Anda juga akan menemukan “Pengaturan” di sini, sehingga Anda dapat mengkliknya untuk memilih format file lain untuk menyimpan rekaman Anda. Setelah selesai, buka “File” di bagian atas layar, klik “Tampilkan Rekaman” untuk mengakses semua file yang telah Anda rekam. Mereka biasanya berupa file video kosong dengan audio saja, dan Anda akan mengidentifikasinya berdasarkan waktu dan tanggal yang terdapat dalam nama file.
Cara Merekam Audio Discord dengan Audacity

Audacity adalah alat gratis lainnya untuk perekaman audio Discord. Anda dapat menggunakannya dengan sistem operasi yang berbeda, termasuk macOS, Windows, dan Linux. Ini cukup serbaguna dalam hal format file dan kemampuan untuk merekam dari banyak output.

Namun, ingatlah bahwa hanya satu orang yang dapat direkam pada satu waktu. Ini tidak cocok untuk merekam beberapa speaker. Namun, jika Anda menginginkan alat praktis untuk merekam podcast di mana Anda adalah satu-satunya pembicara, Anda tidak bisa salah dengan Audacity. Berikut cara merekam menggunakan Audacity.
Unduh perangkat lunak ke komputer Anda dan instal. Luncurkan Audacity dan ketika jendela utama terbuka, klik “Edit.” Pilih “Preferensi” dan pilih “Perangkat.” Dari menu ini, pilih mikrofon Anda sebagai alat perekam. Sekarang saatnya membuka Discord dan bergabung dengan saluran suara. Pilih tombol merah untuk mulai merekam. Tombol kotak hitam akan menghentikan perekaman, dan Anda kemudian dapat mengklik “Ekspor” untuk memilih lokasi penyimpanan file Anda.
Cara Merekam Audio Discord dengan Windows Xbox Game Bar

Tahukah Anda bahwa Anda juga bisa merekam audio Discord menggunakan bilah permainan Windows Anda? Dan itu sangat sederhana. Berikut adalah petunjuknya.
Pada keyboard Anda, tekan tombol “Windows” dan kemudian “G.” Bilah permainan akan terbuka, dan Anda akan melihat semua opsi di layar. Anda akan melihat bagian “Audio” di sebelah kiri, jadi pilih audio yang ingin Anda rekam. Di atas itu, pilih ikon mikrofon untuk memutarnya aktif saat merekam.Klik tombol “Rekam” (atau gunakan tombol Windows + Alt + R pintasan). Saat Anda menghentikan perekaman dengan mengklik ikon di sudut kanan atas, file akan otomatis disimpan ke komputer Anda.
How untuk Merekam Audio Discord dengan Elgato

Elgato Sound Capture juga merupakan pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin merekam audio Discord mereka. Ini mudah digunakan dan ideal untuk merekam permainan, tetapi Anda perlu mengatur perangkat keras dan perangkat lunak sebelum Anda dapat melanjutkan untuk merekam audio.

Setelah menghubungkan perangkat keras dengan perangkat tempat Anda ingin merekam suara, unduh Elgato Game Capture HD perangkat lunak. Setelah Anda menginstalnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Buka perangkat lunak Elgato Game Capture HD dan buka “Pengaturan” untuk membuka Elgato Sound Capture. Pilih “Obrolan Tim” dari bilah di bagian atas. Pilih menu tarik-turun untuk menyesuaikan pengaturan. Pertama, pilih input audio yang diinginkan untuk mengatur mikrofon Anda. Langkah selanjutnya adalah memilih output yang sesuai sehingga Anda dapat mendengar speaker lain juga. Sekarang Anda dapat menutup program tetapi tetap membuka perangkat lunak Elgato Game Capture sehingga Anda dapat melacak recording.
Anda dapat memilih untuk membagikan rekaman Anda di media sosial atau menyimpannya ke komputer Anda dalam format yang berbeda, seperti MP4.

Akhirnya, mulailah merekam dengan mengklik tombol rekam merah di sudut kiri bawah.

Cara Merekam Audio Discord untuk a Podcast

Tergantung pada alat apa yang Anda gunakan untuk merekam audio Discord, Anda dapat membuat podcast yang luar biasa melalui platform ini. Tidak heran jika podcast ini sangat populer di kalangan penulis podcast karena Anda memiliki banyak kemungkinan untuk membuat dan menghemat waktu dalam prosesnya.

Bagaimana caranya? Nah, alat yang berbeda menawarkan fitur dan opsi pengeditan yang berbeda. Misalnya, Anda dapat mengunduh speaker yang berbeda dalam file terpisah, sehingga Anda tidak perlu mengedit seluruh rekaman beberapa kali. Di sisi lain, Anda dapat merekam seluruh acara dan kemudian mengeditnya sesuai keinginan Anda sambil menyimpannya dalam satu file.

Anda juga dapat dengan mudah memilih format di mana Anda ingin menyimpan rekaman. Itu membantu Anda memastikan semua platform dan alat yang Anda gunakan kompatibel, dan Anda tidak perlu menggunakan konverter.

FAQ Tambahan
Bagaimana Cara Merekam Panggilan Discord?

Panggilan di Discord tidak direkam secara otomatis. Namun, Anda dapat memilih salah satu cara yang kami sajikan dalam artikel untuk merekamnya jika perlu. Anda dapat menggunakan audio untuk membuat tutorial atau podcast YouTube, karena platform ini sangat cocok untuk itu.

Jangan lupa untuk memberi tahu semua orang yang berpartisipasi dalam panggilan bahwa Anda merekamnya untuk menghindari masalah hukum.

Dari Game hingga Pendidikan

Sebagai Anda dapat melihat, rekaman obrolan dari Discord dapat digunakan untuk banyak tujuan berbeda. Dari game hingga podcast pendidikan dan motivasi, kemungkinan Anda praktis tidak terbatas. Terserah Anda untuk memutuskan apa yang akan Anda lakukan dengan rekaman dan metode mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untungnya, Anda tidak dibatasi oleh perangkat yang Anda gunakan karena ada solusi untuk semua jenis: ponsel, tablet, dan komputer.

Bagaimana Anda akan merekam panggilan Discord Anda? Mengapa Anda membutuhkan rekaman itu? Bagikan ide Anda di bagian komentar di bawah.