Cara Merencanakan Banyak Baris di Excel

Excel menawarkan cara sederhana untuk mengatur dan menampilkan data Anda, membuatnya mudah dibaca. Salah satu opsinya adalah membuat bagan untuk membantu Anda menyajikan atau membandingkan data yang dikumpulkan. Biasanya memerlukan lebih dari satu baris pada bagan yang sama, jadi Anda telah datang ke tempat yang tepat jika Anda tidak yakin tentang merencanakan beberapa baris di Excel.

Terus membaca untuk mempelajari cara membuat bagan Excel dengan beberapa garis plot.

Cara Plot Beberapa Baris di Excel

Excel memungkinkan Anda untuk memplot data dalam berbagai jenis bagan. Pengguna telah menemukan bagan sebar dan bagan garis sebagai yang paling berguna untuk menyajikan data dengan jelas.

Kedua jenis bagan ini terlihat serupa, tetapi pendekatannya berbeda dalam memplot data di sepanjang sumbu horizontal dan vertikal.

Bagan sebar tidak akan pernah menampilkan kategori pada sumbu horizontal , hanya nilai numerik. Faktanya, kedua sumbu menunjukkan kumpulan data numerik dan titik persimpangannya, sehingga menggabungkan nilai menjadi titik data tunggal.

Sebaliknya, bagan garis menampilkan titik data terpisah yang didistribusikan secara merata di sepanjang sumbu horizontal. Sumbu vertikal adalah satu-satunya sumbu nilai dalam bagan garis, sedangkan sumbu horizontal menunjukkan kategori data.

Dengan mengingat hal ini, Anda harus menggunakan bagan sebar untuk:
Menampilkan dan membandingkan nilai numerik dalam data statistik dan ilmiah.Menunjukkan hubungan antara nilai numerik dalam berbagai seri data.Merencanakan dua kelompok angka untuk menampilkan serangkaian koordinat XY.
Sebagai bagan garis, sebaiknya gunakan untuk:
Menampilkan data berkelanjutan dari waktu ke waktu terhadap skala umum.Menampilkan tren dari waktu ke waktu atau pada saat yang sama intervals.Nilai x non-numerik.
Cara Merencanakan Banyak Garis dalam Bagan Sebar

Bagan sebar adalah jenis bagan yang bermanfaat dan serbaguna. Yang terbaik dari semuanya, Anda dapat membuatnya dalam lima langkah sederhana.
Buka lembar kerja yang berisi data yang ingin Anda plot.Pilih datanya.Klik pada tab “Sisipkan”.Pilih “Sisipkan Sebar (X, Y) atau Bagan Gelembung” option.Ketuk “Menyebarkan.”
Sekarang saatnya memberi nama sumbu Anda sehingga siapa pun dapat memahami data yang ditampilkan:
Arahkan ke tab “Desain”. Tekan “Tambahkan Elemen Bagan.” Pilih “Judul Sumbu.” Beri nama sumbu horizontal Anda di bawah ” Horizontal Utama.”Pilih “Vertikal Utama” untuk menambahkan judul sumbu vertikal. Tekan “Enter.”
Cara terbaik untuk mengatur data Anda untuk plot sebar adalah dengan menempatkan variabel independen di kolom kiri dan dependen di kolom kanan.

Bagaimana untuk Memplot Banyak Garis dalam Bagan Garis

Bagan garis menawarkan cara langsung untuk memplot banyak baris di Excel, terutama bila data Anda menyertakan nilai non-numerik.

Ikuti langkah-langkah ini untuk memplot beberapa baris dalam bagan garis:
Buka lembar kerja dengan data yang Anda ingin membuat plot. Tempatkan setiap kategori dan asosiasinya nilai ted pada satu baris.Pilih data untuk diplot dalam diagram garis.Buka tab “Sisipkan”.Ketuk tombol “Sisipkan Garis atau Area Bagan” di bawah “Bagan”.Pilih bagan “Garis” di bawah “2- D Line” tab.
Sekarang Anda dapat melihat garis plot di bagan garis Anda. Anda dapat menambahkan legenda yang berisi judul bagan dan nama data Anda.
Klik pada bagan.Tekan tombol “Tambahkan Elemen Bagan” di kiri atas.Gulir ke bawah ke “Legenda.”
Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak data setelah membuat bagan, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik kanan pada bagan. Buka “Pilih Data …” Ketuk tombol “Tambah” di bawah “Entri Legenda (Seri).” Di pop-up “Edit Seri” jendela, ketik judul seri Anda di bidang “Nama seri”. Setel “Nilai Seri” dengan menyorot bidang yang diperlukan. Klik “OK.”
Cara Membuat Beberapa Baris di Excel Dengan Nilai X Berbeda

Jika Anda memiliki beberapa nilai X dan nilai Y tunggal, bagan sebar akan berhasil. Ini hanya masalah mengatur kolom Anda dengan benar.

Saat memasukkan data, lakukan hal berikut:
Masukkan nilai X terlebih dahulu, susun di kolom yang berdekatan.Letakkan nilai Y di kolom terakhir.
Sekarang data Anda siap digunakan di sebar chart.
Pilih kolom yang berisi data Anda.Buka tab “Sisipkan”. Ketuk opsi “Sisipkan Scatter (X, Y) atau Bubble Chart”. Pilih “Menyebar.”
Cara Membuat Banyak Baris di Excel Dengan Nilai Y Berbeda

Excel memungkinkan Anda untuk memplot beberapa nilai Y terhadap satu nilai X. Bagian penting adalah mendistribusikan data Anda dengan benar. Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk membuat diagram sebar.

Saat memasukkan data Anda, pastikan bahwa:
Nilai X terletak di kolom pertama.Nilai Y terletak di kolom yang berdekatan.
Untuk memplotnya garis, lakukan hal berikut:
Pilih data yang ingin Anda tampilkan di grafik.Klik pada tab “Sisipkan”.Pilih opsi “Sisipkan Scatter (X, Y) atau Bubble Chart”. Ketuk “Scatter.”
Cara Merencanakan Kelipatan Garis tren di Excel

Trendline biasanya digunakan untuk menampilkan pergerakan data dari waktu ke waktu atau korelasi antara dua set nilai. Mereka juga dapat digunakan untuk meramalkan tren.

Secara visual, garis tren mirip dengan bagan garis. Perbedaan utama adalah bahwa garis tren tidak menghubungkan titik data aktual.

Anda dapat menambahkan garis tren ke berbagai bagan Excel, termasuk:
ScatterBubbleStockColumnAreaLine
Ikuti langkah-langkah ini untuk menambahkan garis tren ke bagan sebar Anda:
Buat bagan sebar.Klik di mana saja di bagan .Ketuk tombol “silang” di sisi kanan bagan. Pilih kotak centang “Garis Tren”.
Kotak centang ini akan menambahkan garis tren linier default ke bagan Anda. Jika Anda ingin menyisipkan jenis lain, lakukan hal berikut:
Klik panah di sebelah kotak centang “Garis Tren”. Pilih “Opsi Lainnya”. Ketuk tab “Opsi Garis Tren” di jendela “Format Garis Tren”. Pilih jenisnya berdasarkan seri data yang diplot di bagan Anda.
Untuk menambahkan beberapa garis tren, cukup klik kanan setiap titik data yang diinginkan di bagan Anda dan ulangi langkah-langkah di atas.

Cara Membuat Garis Regresi Berganda di Excel

Garis regresi menampilkan hubungan linier antara dependen dan independen variabel. Mereka bertujuan untuk menunjukkan seberapa kuat hubungan antara berbagai faktor dan apakah itu signifikan secara statistik atau tidak.

Untuk memetakan regresi di Excel, lakukan hal berikut:
Sorot data Anda dan buat bagan sebagai plot sebar.Ketuk ikon “Tata Letak” dari Menu “Chart Tools”Pilih “Trendline” di kotak dialogKlik pada “Linear Trendline.”
Nilai R2 (R-kuadrat) menunjukkan seberapa cocok model regresi dengan data Anda. Nilai ini dapat berkisar dari 0 hingga 1. Secara umum, semakin tinggi nilainya, semakin baik kesesuaiannya.

Berikut cara menambahkan nilai R2 ke bagan Anda:
Klik “Opsi Garis Tren Lainnya” di bawah menu “Garis Tren”. Ketuk “Tampilkan nilai R-kuadrat” pada bagan.
Plot Keberhasilan Anda

Memplot data dengan benar adalah langkah penting dalam membuat bagan yang dapat dipercaya. Jika Anda gagal melakukannya, data Anda mungkin terlihat lebih baik atau lebih buruk dari yang sebenarnya, membuat perkiraan yang salah. Untuk menghindari hasil yang menyesatkan, ikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan kami untuk memplot garis dan variabel apa pun dengan benar.

Sudahkah Anda mencoba memplot banyak baris di Excel? Jenis grafik mana yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.