Cara Overclock Monitor Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk melakukan overclock pada monitor Anda, tingkatkan kecepatan refreshnya dengan peningkatan 5Hz menggunakan utilitas chipset kartu grafis atau perangkat lunak khusus. Ingatlah bahwa tidak semua monitor dapat menerima overclock, dan bahkan dua monitor yang tampaknya identik dengan model yang sama dapat bekerja secara berbeda saat di-overclock. Anda mungkin pernah mendengar tentang overclocking CPU dan GPU, tetapi tahukah Anda bahwa monitor Anda juga dapat di-overclock? Inilah mengapa Anda mungkin ingin mencobanya, dan bagaimana Anda melakukannya. Apa Itu Monitor Overclocking? Kecepatan penyegaran adalah berapa kali monitor disegarkan dalam satu detik, diukur dalam hertz (Hz). Semua monitor memiliki kecepatan refresh yang diiklankan, mulai dari 60Hz untuk monitor kantor dan naik ke 240Hz, 360Hz, dan 500Hz atau lebih tinggi dalam contoh paling ekstrem. Banyak dari monitor peringkat teratas kami sebenarnya menggunakan kecepatan refresh 60Hz standar.

Kecepatan refresh yang diiklankan adalah yang seharusnya Anda terima dari monitor saat melakukan pembelian. Anda dapat memilih kecepatan penyegaran ini di pengaturan tampilan Windows standar tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan apa pun untuk melakukannya.

Untuk melakukan overclock pada monitor yang Anda beli, Anda harus menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk memaksakan sinyal dengan peningkatan penyegaran kecepatan. Anda dapat melakukan ini dengan perangkat lunak yang disediakan oleh pabrikan GPU Anda (NVIDIA, AMD, atau Intel) atau aplikasi yang disebut CRU (Custom Resolution Utility), yang akan kami jelaskan di bawah. Seperti jenis overclocking lainnya, mendorong monitor Anda melampaui batas yang diiklankan adalah permainan coba-coba. Pada titik tertentu, Anda akan mencapai langit-langit di mana monitor tidak akan menerima sinyal apa pun yang Anda kirimkan. Saat Anda harus berhenti dan menyelesaikan.

Apakah Semua Monitor Mendukung Overclocking?

Tidak semua monitor mendukung overclocking. Anda kemungkinan besar dapat melakukan overclock monitor yang dirancang untuk para gamer, dengan beberapa iklan bahkan mengiklankan bahwa monitor tersebut dapat di-overclock dalam materi pemasaran. Banyak monitor kantor 60Hz standar mungkin kesulitan untuk melebihi kecepatan penyegaran aslinya.

Untuk lebih memperumit masalah, mungkin ada tingkat perbedaan antara unit yang berbeda. Anda dapat memiliki dua monitor dengan model yang sama, dari pabrikan yang sama, dan Anda dapat mencapai kecepatan refresh yang lebih tinggi pada salah satunya. Toleransi manufaktur dapat membuat perbedaan. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah monitor Anda dapat di-overclock adalah dengan mencobanya sendiri.

Dengan pertimbangan tersebut, banyak monitor yang dapat menerima overclock sederhana. Anda mungkin dapat mendorong monitor 60Hz ke 75Hz, yang terasa seperti peningkatan besar dalam hal kelancaran secara keseluruhan. Namun, tidak cukup hanya melakukan overclock dan menyebutnya sehari. Setelah mencapai kecepatan refresh yang lebih tinggi, Anda sebaiknya menguji overclock untuk memastikan bahwa monitor Anda tidak melewatkan frame.

Saat melakukan overclock, resolusi yang Anda pilih dapat membuat perbedaan pada peluang keberhasilan Anda. Resolusi yang lebih rendah mungkin dapat memanfaatkan kecepatan penyegaran yang lebih tinggi, jadi jika Anda ingin meningkatkan kecepatan penyegaran, mungkin ada baiknya bereksperimen dengan menurunkan resolusi.

Terakhir, bandwidth dapat menimbulkan hambatan. Sinyal 8-bit 4K (UHD) pada 60Hz menggunakan 17,82 Gbps. Jika Anda menyambungkan ke komputer melalui kabel HDMI 2.0b, bandwidth maksimum yang tersedia adalah 18 Gbps. Bandwidth cadangan tidak akan cukup untuk mengakomodasi laju penyegaran yang lebih tinggi, bahkan jika monitor Anda mendukungnya.

Otoritas Lisensi HDMI

Anda mungkin dapat menyiasatinya menggunakan DisplayPort (DP). Standar DP 1.4 memiliki throughput maksimum 32,4 Gbps, sementara DP 1.2 dapat mengelola 21,6 Gbps.

Cara Melakukan Overclock Monitor

Untuk mengakses kecepatan penyegaran yang tidak tersedia untuk Anda di pengaturan tampilan Windows, Anda harus menggunakan perangkat lunak pihak ketiga . Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan utilitas kartu grafis.

Saat melakukan overclocking, sebaiknya tingkatkan dengan peningkatan sekitar 5 Hz. Ini juga pintar untuk me-reboot komputer Anda setelah Anda menyelesaikan overclock dan kemudian menjalankan utilitas ini lagi untuk memastikan pengaturan khusus Anda sedang digunakan. Setelah Anda mendapatkan overclock, saatnya beralih ke verifikasi overclock pada langkah berikutnya.

Gunakan NVIDIA Control Panel untuk Overclock Monitor Anda

Jika Anda memiliki kartu grafis NVIDIA, unduh aplikasi NVIDIA Control Panel dari Windows store dan meluncurkannya. Dengan aplikasi terbuka, perluas menu “Tampilan” dan pilih “Ubah Resolusi” lalu klik tombol “Buat Resolusi Kustom”.

Di jendela yang muncul, masukkan resolusi pilihan Anda dalam piksel horizontal dan vertikal, diikuti dengan kecepatan penyegaran di hertz. Anda kemudian dapat menekan “Test” untuk mencoba pengaturan baru Anda. Jika monitor Anda tidak menjadi hitam dan menampilkan gambar, Anda dapat menyimpan resolusi khusus Anda atau melanjutkan pengujian hingga Anda mencapai batas panel Anda.

Jika layar menjadi hitam dan tidak dapat menyimpan gambar, tunggu beberapa saat dan pengaturan Anda sebelumnya akan dikembalikan.

Gunakan Pengaturan AMD Radeon untuk Overclock Monitor Anda

Untuk kartu grafis AMD, pastikan Anda telah menginstal AMD Radeon Adrenalin. Dari sini, klik kanan pada desktop dan pilih “Pengaturan AMD Radeon” dan pilih tab “Tampilan” saat jendela terbuka. Klik tombol “Buat” di sebelah “Resolusi Kustom” dan masukkan resolusi dan kecepatan penyegaran yang Anda inginkan. Tekan “Simpan” untuk menguji dan mengaktifkan pengaturan baru Anda.

Gunakan Panel Kontrol Intel HD Graphics untuk Overclock Monitor Anda

Jika Anda memiliki Intel HD Graphics, Anda juga dapat membuat resolusi khusus. Panel Kontrol Intel HD Graphics harus diinstal bersama driver Anda, jadi buka dan klik “Display” diikuti dengan tombol “Custom Resolutions”. Dari sini Anda dapat memasukkan resolusi dan kecepatan penyegaran yang diinginkan, lalu klik “Tambah” untuk menguji.

Gunakan CRU untuk Mengoverclock Monitor Anda

Pilihan lain daripada menggunakan alat pabrikan Anda adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang disebut CRU (atau Custom Resolution Utility) untuk atur resolusi khusus dan tingkat penyegaran untuk monitor Anda. Dengan CRU, Anda dapat menambahkan resolusi khusus ke pengaturan tampilan Windows Anda.

Untuk menggunakan aplikasi ini, unduh file CRU ZIP dari tautan di atas dan ekstrak isinya. Kemudian, klik kanan CRU.exe, pilih “Run as Administrator”, dan tunggu aplikasi diluncurkan.

Gunakan drop-down di bagian atas layar untuk memilih tampilan mana yang ingin Anda overclock. Dari sini, klik “Tambah” di sebelah kotak “Resolusi Standar”. Di jendela yang muncul, masukkan resolusi dan kecepatan penyegaran yang Anda inginkan. Klik “OK” untuk menyimpan, kemudian reboot komputer Anda.

Ketika Windows reboot, klik kanan pada desktop dan pilih “Display Settings” diikuti oleh “Advanced Display” dan kemudian di bawah monitor pilihan Anda pilih “Display Adapter Properties” diikuti oleh Tab “Monitor”, di mana Anda dapat menyetel laju penyegaran baru diikuti dengan “Terapkan” untuk menguji. Sekarang saatnya memastikan bahwa monitor Anda menampilkan semua frame yang Anda kirimkan. Beberapa monitor mungkin menerima sinyal dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi daripada yang didukung secara resmi, tetapi monitor mungkin kesulitan menampilkan semua bingkai. Hal ini dapat menyebabkan bingkai terlewati.

Saat bingkai dilewati, Anda mungkin melihat gerakan yang tidak rata dan kegagapan yang nyata. Overclocking monitor Anda dimaksudkan untuk menghasilkan hasil yang lebih baik dalam penanganan gerakan tetapi melewatkan bingkai dapat membuat seluruh pengejaran sia-sia.

Untungnya, Anda dapat menguji melewatkan bingkai menggunakan Blur Busters Frame Skipping Check. Tes ini melibatkan pengambilan foto layar Anda menggunakan kecepatan rana lambat, yang dapat Anda lakukan dengan sebagian besar kamera smartphone modern. Anda memerlukan akses ke kontrol kamera manual karena Anda harus menyetel kecepatan rana ke sepersepuluh (1/10) detik.

Luncurkan Pemeriksaan Pemindahan Bingkai di browser web Anda dan tunggu hingga Anda melihat tanda “Siap” berwarna hijau ” pemberitahuan di bagian bawah layar. Sekarang atur kecepatan rana kamera Anda ke 1/10 detik (Anda dapat menambah apertur atau menurunkan ISO untuk menyeimbangkan eksposur) dan mengambil gambar.

Tim Brookes / How-To Geek

Sekarang lihat foto yang telah Anda ambil . Jika Anda melihat garis kotak cahaya yang tidak terputus seperti gambar di atas, Anda tidak melewatkan bingkai. Jika Anda melihat bingkai hitam di antara bingkai cahaya (sesuai gambar contoh “buruk” Blur Busters), monitor Anda melewatkan bingkai.

Jika Anda menemukan bingkai yang dilewati, Anda harus mencoba mengurangi kecepatan penyegaran dan menjalankan pengujian lagi sampai Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Apakah Ada Risiko untuk Overclocking?

Overclocking melibatkan mendorong monitor di luar batas operasi standar pabrikan, jadi selalu ada beberapa risiko bawaan yang terlibat (seperti overclocking CPU atau GPU). Overclocking dapat menempatkan monitor Anda di bawah tekanan tambahan dan menghasilkan lebih banyak panas saat beroperasi pada kecepatan refresh yang lebih tinggi. Hal ini dapat menyebabkan umur keseluruhan yang lebih pendek, tetapi sulit untuk mengatakan dengan pasti.

TERKAITMengapa Anda Harus Melakukan Overclock pada RAM Anda (Mudah!) keuntungannya sepadan. Jika Anda suka mengotak-atik dan mendorong sesuatu hingga batasnya, Anda mungkin ingin mencobanya. Jika Anda melihat perbedaan besar antara 60Hz dan 75Hz yang membuat waktu yang Anda habiskan di depan monitor menjadi lebih menyenangkan, risiko pengurangan kecil dalam masa pakai mungkin sepadan.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk hanya menjalankan monitor pada kecepatan refresh yang di-overclock saat keuntungan terasa dibenarkan, seperti saat bermain game. Kemudian ketika Anda hanya browsing dan melakukan pekerjaan kantor, Anda kembali ke kecepatan refresh biasa. Ingin Kecepatan Refresh Lebih Tinggi? Beli Monitor Baru

Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari overclocking monitor Anda mungkin hanya kecil. Jika Anda serius ingin meningkatkan kecepatan penyegaran, Anda harus mempertimbangkan untuk berinvestasi pada monitor dengan kecepatan penyegaran tinggi, seperti salah satu monitor game yang kami rekomendasikan. Sebelum membeli, pastikan Anda memilih monitor yang kecepatan penyegarannya sesuai dengan penggunaan dan kinerja komputer Anda. Anda mungkin juga melihat beberapa manfaat menggunakan kecepatan refresh tinggi di desktop.

Monitor Gaming Terbaik 2022 KeseluruhanMonitor Gaming TerbaikLG Ultragear 27GP950-BAmazon$775,97 $899,99 Hemat 14%

Monitor Gaming Anggaran TerbaikAcer Nitro XF243YBelanja SekarangMonitor Gaming 4K TerbaikLG C2 Series 42-Inch Class OLED evo Gallery Edition Smart TV OLED42C2PUA, 2022 – AI-Powered 4K, Alexa Built-inAmazon$849.99$895.50 Save 5%

Best Curved Gaming MonitorDell Alienware AW3423DW Amazon$1206.28

Best 144Hz Gaming MonitorGigabyte M27QAmazon$299.99

Best 240Hz Gaming MonitorSamsung Odyssey G7Amazon$649.99 $699.99 Save 7%

Disadur dari HowToGeek.com.