Cara Penjumlahan Angka di Google Spreadsheet

Anda dapat melakukan banyak operasi matematika yang berbeda di Google Spreadsheet, termasuk penambahan angka. Anda dapat menambahkan angka di seluruh kolom atau baris, atau bahkan angka di sel yang berbeda. Begini caranya.

Menambahkan Angka dalam Satu Sel

Anda dapat dengan cepat menambahkan angka dalam satu sel dengan menggunakan rumus =#+# . Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan jumlah 2+2, masukkan:

=2+2

Tekan Enter untuk mengembalikan hasilnya.

Itu saja!

Menambahkan Angka Satu Kolom atau Baris Menggunakan SUM Function

Anda bisa dengan cepat mendapatkan jumlah angka dalam satu baris atau kolom dengan menggunakan fungsi SUM. Katakanlah kita ingin mendapatkan jumlah angka dalam sel A2 hingga A6. Pertama, pilih sel yang ingin Anda hitung jumlahnya, dan masukkan rumus ini:

=SUM(A2:A6)

Fungsi ini memberi tahu Google Spreadsheet bahwa Anda ingin mendapatkan jumlah angka dari A2 hingga A6. Pastikan untuk menggunakan titik dua (:) di antara nomor sel. Jika Anda menggunakan tanda hubung (-) yang sering digunakan untuk menggambarkan “semua yang ada di antaranya”, maka Google Spreadsheet akan mengurangi sel input sebagai gantinya.

Setelah Anda memasukkan formula yang benar, tekan Enter dan hasilnya akan muncul.

Demikian pula, Anda dapat menambahkan angka berturut-turut dengan mengambil pendekatan yang sama. Katakanlah, alih-alih menambahkan angka dari Kolom A, kami ingin menambahkan angka di Baris 2 (A2 hingga E2). Pilih sel yang ingin Anda hitung jumlahnya lalu masukkan rumus ini:

=SUM(A2:E2)

Tekan Masukkan tampilan hasil.

Menambahkan Jumlah Beberapa Kolom atau Baris Menggunakan Fungsi SUM

Anda tidak perlu memasukkan kembali rumus berkali-kali. Jika Anda ingin cepat mendapatkan jumlah beberapa baris atau kolom, Anda dapat memasukkan rumus sekali dan kemudian menggunakan metode drag-and-drop untuk cepat mendapatkan hasil.

Pertama, masukkan fungsi SUM di sel untuk mendapatkan jumlah baris pertama (atau kolom). Jadi, jika Anda ingin mendapatkan jumlah sel A2 hingga C2, masukkan:

=SUM(A2:C2)

Tekan Enter untuk mendapatkan hasilnya. Kemudian, cukup klik sudut kanan bawah sel dan seret ke bawah. Google Spreadsheet akan secara otomatis memperbarui rumus SUM untuk setiap baris (atau kolom).

Menambahkan Jumlah Sel yang Berbeda Menggunakan Fungsi SUM

Anda bisa mendapatkan jumlah angka dari sel di kolom dan baris yang berbeda hanya dengan mengganti titik dua (:) dengan koma (,) dalam rumus SUM.

Misalnya, jika Anda ingin mendapatkan jumlah sel A2, B3, C5, dan D4, Anda harus memasukkan:

=SUM(A2,B3,C5,D4)

Tekan Enter untuk mendapatkan result.

Itulah berita seputar Cara Menambahkan Angka di Google Spreadsheet, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.