Cara Ping Alamat IP dari PC atau Perangkat Seluler

Tautan Perangkat
AndroidiPhoneChromebookMacWindowsMenggunakan Situs WebPerangkat Hilang?
Dengan permintaan bandwidth internet yang tinggi saat ini, penting untuk mengetahui apakah koneksi jaringan Anda berfungsi dengan baik atau tidak. Jika Anda pernah mengalami masalah dengan koneksi Anda, cara teraman untuk mengujinya adalah dengan menggunakan perintah “ping”. masalah. Misalnya, Anda mungkin tidak dapat melakukan streaming film Netflix dengan benar, tetapi Anda dapat masuk dan menjelajah dengan baik. Itulah skenario ketika ping mungkin berguna, memungkinkan Anda untuk menentukan sumber masalahnya.

Cara Ping Alamat IP di Windows

Melakukan tes ping di Windows relatif mudah, apa pun versinya. Yang perlu Anda lakukan adalah membuka Command Prompt atau Windows PowerShell dan ketik perintah yang tepat. Begini caranya:
Tekan tombol Windows pada keyboard Anda lalu mulailah mengetik “command prompt” dan pilih Command Prompt. Sekarang, ketik “ping google.com” dan tekan Enter. Untuk menguji koneksi antara komputer Anda dan router rumah Anda, masukkan alamat IP router. Dalam kebanyakan kasus, router Anda akan memiliki alamat default 192.168.1.1. Untuk melakukan ping, Anda harus mengetikkan “ping 192.168.1.1” dan tekan Enter.
Setelah Anda memulai ping, komputer Anda akan mengirim paket data uji ke host yang diinginkan dan akan menunggu tanggapan. Untuk memastikan tes tersebut relevan, komputer akan mengirimkan empat ping. Setelah respons tiba, Anda akan melihat hasil tes di jendela Command Prompt.
Tepat di bawah perintah ping Anda, Anda akan melihat balasan dari server yang telah Anda ping. Ini menunjukkan berapa banyak byte yang dimiliki setiap paket, dan seberapa cepat responsnya dalam milidetik. Di bawah bagian itu, Anda akan melihat statistik pengujian. Ini menunjukkan berapa banyak paket yang telah dikirim komputer Anda, berapa banyak yang diterima kembali, dan jumlah paket yang hilang karena koneksi yang buruk. Tes yang baik akan memiliki empat paket yang dikirim dan diterima, dengan nol paket yang hilang. Di bagian bawah, bagian statistik waktu menunjukkan seberapa cepat data bolak-balik, juga dalam milidetik. Anda akan mendapatkan waktu perjalanan pulang pergi minimum dan maksimum, serta waktu rata-rata.
Cara Ping Alamat IP dari Mac

Serupa dengan Windows, Mac menggunakan aplikasi Terminalnya untuk memproses perintah teks.
Buka Finder di Mac Anda.Klik Aplikasi dari menu di sebelah kiri. Jika Anda tidak melihatnya, tekan tombol Command + A pada keyboard Anda secara bersamaan. Selanjutnya, klik dua kali Utilitas dan mulai aplikasi Terminal. Sekarang, ketik perintah ping: ping 192.168.1.1 dan tekan Enter pada keyboard.Ini akan memulai tes ping antara komputer Anda dan router rumah Anda.Untuk mengakhiri tes, tekan tombol Command + C pada keyboard Anda secara bersamaan.
Alih-alih alamat IP, Anda juga dapat mengetikkan nama domain, seperti “instagram.com”, “google.com”, atau domain valid lainnya. Jika Anda ingin menggunakan alamat IP eksternal untuk menguji koneksi Anda, Anda dapat menggunakan salah satu server DNS Google seperti 8.8.8.8.

Setelah pengujian selesai, Anda akan melihat hasilnya. Ini menunjukkan kepada Anda berapa banyak paket yang dikirim komputer Anda dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan respons dari server yang Anda ping. Di bawahnya, Anda akan melihat statistik ping yang menunjukkan berapa banyak paket yang telah Anda kirim, berapa banyak yang Anda terima, dan jika ada paket yang hilang dalam perjalanan kembali. Sambungan yang baik tidak akan kehilangan paket.

Cara Ping Alamat IP dari Chromebook

Pada Chrome OS Anda tidak akan menemukan aplikasi khusus untuk tes ping dan Anda juga tidak dapat menemukan layanan seperti itu di menu mana pun. Terlepas dari itu, Anda harus tahu bahwa Chromebook hadir dengan layanan ping bawaan. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginisialisasinya:
Tekan tombol Ctrl + Alt + T pada keyboard Anda secara bersamaan. Ini akan membuka Command Prompt. Ketik “ping google.com” atau “ping 8.8.8.8” untuk menguji koneksi Anda dengan Google. Tekan Enter pada keyboard Anda. Chromebook Anda sekarang akan memulai serangkaian tes koneksi.
Sama seperti dengan Windows 10 dan Mac, Anda akan mendapatkan hasil yang menunjukkan apakah koneksi berfungsi dengan baik atau tidak. Jika Anda mendapatkan paket yang hilang, coba lagi tes. Jika masih ada beberapa paket yang hilang, mungkin ada yang salah dengan koneksi Anda. Dalam hal ini, yang terbaik adalah menghubungi bagian layanan pelanggan penyedia internet Anda. Jika Anda bekerja di jaringan bisnis, maka Anda harus menghubungi administrator jaringan atau sistem Anda.

Cara Ping Alamat IP dari iPhone

Sayangnya, iOS tidak memiliki aplikasi bawaan yang memungkinkan Anda melakukan tes ping. Sebagai gantinya, Anda harus menginstal aplikasi yang didedikasikan untuk menguji koneksi jaringan. Beberapa aplikasi yang paling populer adalah “Ping – utilitas jaringan,” “Pingify,” dan “Network Ping Lite.”

Tentu saja, jika Anda mengalami masalah dengan koneksi Wi-Fi Anda, sebaiknya putuskan sambungan dan gunakan data seluler Anda. jaringan untuk menginstal salah satu aplikasi. Ini berlaku untuk masalah dengan koneksi seluler Anda juga. Dalam hal ini, Anda harus menemukan jaringan Wi-Fi yang berfungsi untuk mengakses App Store.

Cara Ping Alamat IP dari Perangkat Android

Sama seperti iOS, sistem operasi Android tidak dilengkapi dengan cara untuk melakukan ping ke router lain atau server secara default. Untungnya, ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang memungkinkan Anda melakukan ini. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan termasuk “Ping,” “Ping & Net,” dan “PingTools Network Utilities.”

Sementara “Ping” dan “Ping & Net” menyediakan opsi ping dasar, “PingTools Network Utilities” jauh lebih aplikasi canggih. Muncul dengan banyak alat diagnostik jaringan yang berguna yang dapat memberikan informasi rinci tentang koneksi yang Anda gunakan. Anda juga dapat memeriksa penggunaan jaringan untuk setiap aplikasi di ponsel Anda, memindai port jaringan, memeriksa pemilik domain, dan banyak lagi.

Cara Ping Alamat IP menggunakan Layanan Web Online

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi, lakukan tes ping , ada banyak situs web yang memungkinkan Anda melakukannya. Harap dicatat bahwa layanan ini memungkinkan Anda untuk melakukan ping ke server publik saja, dan Anda tidak akan dapat melakukan ping ke router jaringan rumah Anda. Tidak, kecuali jika memiliki alamat IP statis.

Beberapa layanan online yang dapat Anda coba termasuk “Site24x7”, “IPAddressGuide”, “Ping.EU”, “Network Tools”, dan “Wormly”. Semua ini benar-benar gratis untuk digunakan.

Menguji Koneksi Anda

Mudah-mudahan, Anda telah mempelajari cara menggunakan perintah “ping” pada perangkat Anda. Mengetahui cara menguji koneksi Anda adalah hal yang cukup berguna, terutama saat lalu lintas Internet di komputer Anda lambat. Dan jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi lain di perangkat seluler Anda, Anda dapat menggunakan salah satu layanan ping online.

Apakah Anda berhasil menggunakan perintah ping? Apakah Anda mendapatkan “paket nol hilang” atau tidak? Silakan bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.