Cara Scan Virus dengan Microsoft Defender di Windows 11

Perangkat lunak Antivirus Microsoft telah berkembang jauh sejak zaman Microsoft Security Essentials. Microsoft Defender bersaing dengan antivirus pihak ketiga terbaik yang tersedia. Inilah cara Anda dapat menggunakannya untuk memindai PC.

Microsoft Defender Antivirus Anda, dan semua opsi pemindaian, dapat ditemukan di dalam jendela Keamanan Windows. Ada beberapa cara untuk membuka Windows Security.

Buka Windows Defender dari Task Bar

Windows Security menempatkan ikon di taskbar setiap PC Windows 11. Ikonnya adalah perisai biru kecil. Jika Anda memiliki pemberitahuan terkait keamanan, mungkin ada hal tambahan, seperti segitiga kuning kecil.

Klik ikon untuk membuka Keamanan Windows, lalu klik “Perlindungan Virus & Ancaman.”

Buka Antivirus Pembela Windows dari Menu Mulai

Anda juga dapat mengakses Windows Antivirus Pembela dari menu Mulai. Klik tombol Start, ketik “Windows Security” ke dalam bilah pencarian, lalu tekan Enter atau klik “Open.”

Kemudian, klik “Virus & Threat Protection” untuk membuka jendela Windows Defender Antivirus.

Cara Menjalankan Scan

Klik “Cepat Pindai” jika Anda tidak punya banyak waktu untuk menjalankan pemindaian. Pemindaian cepat hanya akan memeriksa folder mulai dan registri untuk memastikan tidak ada yang berbahaya bersembunyi di kedua tempat.

Fasilitas Lebih Lanjut dari Windows Defender

Pemindaian cepat bukan satu-satunya pemindaian yang tersedia untuk Anda. Klik “Opsi Pindai” untuk membuka lebih banyak pilihan.

Inilah yang dilakukan semua opsi:

  • Pemindaian Cepat – Pemindaian cepat memeriksa folder startup dan registri Anda untuk virus.
  • Pemindaian Penuh – Pemindaian penuh akan memindai setiap file dan folder di komputer Anda, registry, semua item startup Anda, dan juga dapat dikonfigurasi untuk memindai drive yang terhubung ke jaringan. Pemindaian penuh dapat memakan waktu berjam-jam tergantung pada seberapa banyak penyimpanan yang Anda miliki dan seberapa cepat komputer Anda — Anda mungkin harus menunggu dan menjalankan pemindaian penuh saat Anda tidak memerlukan komputer Anda selama beberapa jam.
  • Pemindaian Khusus – Pemindaian khusus dapat dilakukan atur untuk menargetkan folder apa pun yang Anda inginkan.
  • Pemindaian Offline Microsoft Defender – Pemindaian offline digunakan ketika malware sulit dihapus saat sistem operasi, Windows 11, aktif. Menjalankan pemindaian offline memindai komputer untuk mencari malware sebelum sistem operasi dimuat, memberi antivirus kesempatan untuk menghapus virus saat tidak dapat melindungi dirinya sendiri. Malware mungkin telah menulis dirinya sendiri ke tempat yang tidak dapat dihapus oleh antivirus, atau mungkin secara aktif memblokir antivirus agar tidak menghapusnya dalam keadaan normal.

Pilih jenis pemindaian yang Anda inginkan, lalu klik “Pindai Sekarang”.

Berikan waktu pemindaian untuk berlari. Jika malware terdeteksi, Microsoft Defender akan menyarankan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Anda harus mengikuti rekomendasi. Anda mungkin ingin menjalankan pemindaian offline juga, agar aman.

Jika Anda ingin pendapat kedua, lihat program antivirus pihak ketiga favorit kami. Itu selalu merupakan ide yang baik untuk memindai dengan beberapa alat antimalware jika Anda khawatir Anda mungkin terinfeksi dan alat pertama tidak menemukan apa-apa.

Itulah berita seputar Cara Memindai Dengan Antivirus Microsoft Defender di Windows 11, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.