Cara Streaming Langsung di Facebook dan YouTube Secara Bersamaan

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Facebook dan YouTube sejauh ini merupakan dua platform media sosial paling populer di seluruh dunia. Akun pengguna Facebook untuk 2,85 miliar pengguna aktif bulanan, sementara YouTube di tempat kedua dengan 2,29 miliar. Kedua situs tersebut menawarkan layanan streaming langsung, yang memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk menjangkau jutaan orang secara potensial.

Tetapi bagaimana Anda melakukan streaming langsung di kedua platform secara bersamaan?

Prosesnya relatif mudah. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara menyiarkan di berbagai platform secara bersamaan menggunakan perangkat lunak dan layanan streaming yang berbeda.

Terus membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Memulai

Jika Anda berencana untuk melakukan streaming langsung di Facebook dan YouTube, hal terpenting yang Anda butuhkan adalah terdaftar akun di kedua platform. Setelah selesai, Anda dapat mulai menyiapkan fitur streaming langsung.

Facebook menyediakan opsi untuk melakukan streaming langsung langsung ke profil atau grup Anda. Berikut cara melakukannya:
Masuk ke akun Facebook Anda dari perangkat yang Anda pilih. Buka halaman, profil, atau grup tempat Anda ingin melakukan streaming. Tekan tombol “Langsung” yang terletak di bawah komposer pos dan tambahkan deskripsi. Pilih “Mulai video langsung”. Pilih “Selesai” ketika Anda siap untuk mengakhiri siaran Anda.
Di YouTube, Anda harus mengaktifkan fitur streaming langsung. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
Buka YouTube dari perangkat pilihan Anda.Klik atau ketuk “Buat”. Pilih “Siarkan Langsung”. Setelah diaktifkan, Anda akan dapat memulai streaming secara instan.
Untuk menggabungkan kedua platform, Anda akan membutuhkan bantuan perangkat lunak yang menawarkan kemampuan multi-streaming. Ada banyak layanan gratis di luar sana yang dapat melakukan ini. Pada dasarnya, yang Anda pilih semuanya tergantung pada preferensi pribadi.

Penting juga untuk memastikan bahwa layanan tersebut kompatibel dengan perangkat yang Anda pilih. Setelah Anda memilih perangkat lunak multi-streaming yang diinginkan, Anda harus menghubungkannya ke platform media sosial Anda.

Cara Melakukan Streaming Langsung di Facebook dan YouTube Menggunakan PC Anda?

OBS Studio adalah perangkat lunak sumber terbuka gratis yang menawarkan plugin yang memungkinkan Anda melakukan streaming video di berbagai platform secara bersamaan. Meskipun Anda dapat menggunakan OBS Studio di Mac dan PC, plugin ini hanya tersedia di Windows.

Setelah Anda membuat akun di situs web, Anda harus mengunduh plugin “Multiple RTMP Outputs”.

Sebelum menggunakan layanan ini, penting untuk memastikan bahwa koneksi internet kuat untuk menangani bandwidth tambahan.

Berikut cara memulai streaming di Facebook dan YouTube menggunakan OBS dari PC Anda:
Luncurkan OBS.Dari bilah kiri atas pilih, “Lihat” lalu “Dok, ” dan pilih “Beberapa Output.” Anda dapat menempatkan panel pengaturan yang muncul di sebelah kanvas Anda untuk akses mudah. ​​Dari panel kontrol kanan bawah, pilih “Pengaturan.” Pilih opsi “Aliran” dari sisi kiri. Anda akan diminta memasukkan kunci aliran dari Facebook. Di Facebook, klik “Langsung” lalu “Gunakan Kunci Aliran”. Salin dan tempel Stream Key ke OBS. Anda sekarang dapat melakukan streaming langsung ke Facebook. Untuk menambahkan YouTube, kembali ke halaman OBS utama Anda dan pilih “Tambahkan Target Baru.” Pada tab Pengaturan Streaming yang muncul, beri nama folder (Misalnya, YouTube), lalu masuk ke akun YouTube Anda di browser terpisah. Klik “Siarkan Langsung”, lalu buka halaman streaming Anda. Salin dan tempel URL streaming Anda ke OBS di sebelah “Server RTMP.” Lakukan hal yang sama dengan Stream Key Anda; hanya tempel di mana dikatakan “Kunci RTMP.” Pilih “Mulai Streaming” dari panel kontrol kanan bawah untuk memungkinkan Anda melakukan streaming di Facebook. Tekan “Mulai” di sebelah tempat tertulis “YouTube” pada panel Pengaturan. Anda kemudian akan dapat melakukan streaming secara bersamaan di kedua platform.
Bagaimana Melakukan Streaming Langsung di Facebook dan YouTube Menggunakan Restream Studio?

Restream Studio adalah perangkat lunak andal yang secara bersamaan memungkinkan Anda melakukan streaming langsung ke Facebook, YouTube, dan platform lainnya. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan banyak fitur untuk meningkatkan pengalaman multi-streaming Anda, termasuk streaming langsung HD, berbagi layar, menambahkan grafik khusus, dan banyak lagi.

Hal hebat tentang Restream Studio adalah ia bekerja secara efisien dari PC dan Mac dan mudah untuk digunakan apakah Anda seorang profesional atau pemula. Berikut cara melakukannya:
Dari desktop Anda, buka situs Restream dan buat akun. Setelah masuk, pilih tombol “Tambah Saluran”. Hubungkan akun Facebook Live dan YouTube Live Anda ke Restream. Di menu sebelah kiri, pilih “Live Studio”.Dalam “Setelan”, pastikan mikrofon dan kamera Anda telah disiapkan. Pilih “Siarkan Langsung” dan mulai streaming di Facebook dan YouTube.
Tanya Jawab Tambahan
Peralatan Apa yang Diperlukan untuk Streaming Langsung?

Jika Anda berencana untuk streaming langsung, sangat penting untuk memiliki peralatan yang tepat. Ini termasuk kamera yang berfungsi, mikrofon, dan, tentu saja, beberapa layanan streaming atau perangkat lunak.

Dimungkinkan untuk menggunakan perangkat seluler atau komputer Anda untuk ini, tetapi Anda mungkin ingin berinvestasi dalam peralatan terpisah yang lebih canggih untuk konten berkualitas tinggi .
Apa Manfaat Streaming Langsung di Berbagai Platform?

Beberapa tahun terakhir telah terlihat pertumbuhan yang signifikan dalam konten streaming langsung. Lebih banyak orang membuang langganan TV kabel mereka untuk pasar video online yang terus berkembang. Dengan streaming di beberapa platform secara bersamaan, ini memberikan streamer akses ke audiens yang lebih luas.

Tidak hanya itu, tetapi streaming langsung di Facebook dan YouTube secara bersamaan memungkinkan pengguna untuk mempromosikan bisnis, menumbuhkan pengikut, dan memberikan peluang untuk jaringan dan monetisasi.

Life Tidak lain adalah Livestream

Live streaming telah menjadi bagian penting dari pemasaran dan penyiaran online. Industri live streaming diprediksi akan mencapai $70 miliar pada akhir tahun 2021. Pandemi tahun 2020 juga memainkan peran penting dalam peningkatan jumlah penonton dan kreator live streaming.

Dengan semakin populernya live streaming, penting untuk mengetahui cara streaming di seluruh beberapa platform global seperti Facebook dan YouTube berhasil. Melakukannya membantu meningkatkan jangkauan pemirsa, meningkatkan kesadaran merek, dan menghemat waktu.

Apakah Anda menikmati streaming langsung? Sudahkah Anda mencoba streaming langsung di Facebook dan YouTube secara bersamaan? Bagaimana Anda menemukan pengalaman itu? Kami ingin mendengar dari Anda. Beri tahu kami pendapat Anda di bagian komentar di bawah.