Cara Windows 11 Tidak Mendeteksi Printer

Beberapa dari kita memiliki printer di rumah untuk bekerja atau bersantai, dan komputer kita biasanya mengenali perangkat ini secara permanen. Namun, beberapa pengguna menemukan bahwa memperbarui ke Windows 11 menyebabkan sistem mereka tidak mendeteksi printer mereka. Oleh karena itu, mereka tidak dapat membuat salinan cetak dokumen.

Untungnya, ada beberapa cara untuk mengatasi kesalahan ini pada Windows 11. Mereka mencoba dan benar tetapi tidak akan menjamin perbaikan yang lengkap. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut.

Pemecahan Masalah Pertama

Windows 11 hadir dengan banyak pemecah masalah seperti pendahulunya, memungkinkan pemilik untuk mencoba dan mengatasi masalah secara mandiri. Printer tidak terkecuali, jadi Anda masih dapat mencoba dan memecahkan kesalahan perangkat lunak apa pun.

Sebelum memecahkan masalah printer, pastikan printer dicolokkan ke catu daya dengan benar dan memiliki koneksi yang aman ke PC Anda. Harus ada kertas di baki dan beberapa tinta atau toner tersisa di kartrid.

Berikut ini cara menggunakan pemecah masalah.
Buka Menu Mulai Windows. Buka “Pengaturan.” Klik “Sistem.” Pilih “Pemecah Masalah” dari daftar pilihan.Pilih “Pemecah Masalah Lainnya.” Jalankan pemecah masalah Printer. Ikuti petunjuk perangkat lunak jika ada kesalahan yang tampak.
Solusi ini cenderung mengatasi beberapa masalah kecil dengan perangkat lunak. Namun, itu mungkin tidak mendeteksi semua masalah Anda. Jika demikian, coba solusi lain.

Periksa Pembaruan Windows Baru

Di masa lalu, build KB5006746 Windows 11 diketahui menyebabkan masalah printer. Mereka yang terjebak dalam versi ini harus segera memperbarui.

Periksa versi Windows 11 Anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan.
Buka Start Menu dan buka menu “Pengaturan”. Buka bagian “Sistem”. Gulir ke bawah dan temukan ” Tentang” opsi. Di bawah “Spesifikasi Windows” adalah build.
Anda Jika itu KB5006746, Anda harus memperbarui PC Anda. Meskipun tidak, tetap lebih baik untuk beralih ke versi terbaru, karena Anda juga mendapatkan fitur keamanan terbaru.
Tekan “Windows Key + I” untuk segera membuka menu “Pengaturan”. Cari “Windows Update.” Buka bagian itu dan klik “Periksa Pembaruan.” Windows akan memperbarui jika ada versi baru. Tunggu hingga PC Anda selesai menginstal pembaruan. Nyalakan ulang komputer Anda dan coba jika printer masih tidak terdeteksi. Windows 11 membangun. Microsoft merekomendasikan ini kecuali yang terbaru memiliki kesalahan fatal. Dalam hal ini, Anda juga dapat memutar kembali ke versi yang lebih lama.

Namun, Anda hanya dapat melakukan ini jika Anda dalam waktu 10 hari setelah memperbarui versi Windows 11 Anda.
Buka menu “Pengaturan”. Buka “Sistem.”Lihat untuk “Pemulihan.” Klik “Kembali.” Jawab pertanyaan dan klik “Berikutnya.” Pilih “Tidak, Terima kasih.” Baca peringatan dan klik “Berikutnya” untuk dua layar berikutnya. Pilih “Kembali Ke An Pembuatan Sebelumnya.”Tunggu hingga proses selesai.Periksa printer Anda.
Kami tidak menyarankan untuk sering memutar kembali, karena metode ini tidak selalu tersedia untuk pengguna. Namun, ada beberapa kasus saat pengembalian lebih membantu.

Sebelum Anda mengembalikan, coba cari online untuk kasus serupa. Jika banyak pengguna mengatakan versi terbaru memperkenalkan bug yang menonaktifkan printer, Anda dapat mengembalikan atau menunggu.

Perbarui Driver Printer Anda

Driver printer memungkinkan perangkat bekerja dengan PC, dan harus selalu diperbarui. Jika tidak, bisa terjadi malfungsi. Kegagalan untuk mendeteksi adalah salah satu masalah tersebut.
Klik kanan “Start Menu” pilih “Device Manager.” Gulir dan cari “Print Queues.” Klik kanan pada “Microsoft Print to PDF.” Pilih “Perbarui Driver.” Pilih ” Cari Driver Secara Otomatis.”Jika ada yang baru, Windows akan memperbaruinya.
Jika ini tidak berhasil, coba metode manual.
Dari Langkah 4 di atas, pilih “Properties” sebagai gantinya.Buka “Details.”Cari “Device Instance Path ” dan salin “Value.” Buka situs web ini. Tempel Nilai di kotak pencarian dan unduh driver terbaru. Instal driver.
Printer Anda akan terdeteksi, karena driver lama sekarang telah diganti.

Jika Anda memiliki perangkat lunak yang membantu periksa driver yang sudah ketinggalan zaman, Anda dapat menggunakannya sebagai gantinya. Program-program ini cenderung membuat pekerjaan lebih nyaman. Ikuti petunjuk untuk perangkat lunak saat memperbarui driver ini.

Setel Ulang Print Spooler

Driver tidak selalu menjadi masalah, karena faktor lain dapat membuat perangkat ini tidak berfungsi. Berikut cara me-restart print spooler.
Tekan “Windows Key + R.” Di kotak dialog Run, ketik “services.msc.” Cari “Print Spooler.” Klik dua kali pada Print Spooler. Hentikan Print Spooler. Ikuti ini path: C:Windowssystem32spoolsv.exeDalam folder “spool”, hapus semua yang ada di dalamnya. Kembali ke “Services.” Mulai Print Spooler lagi. Nyalakan kembali PC Anda dan uji printer Anda.
Windows sekarang seharusnya mendeteksi printer. Menavigasi ke jalur itu mudah karena Anda hanya perlu mengklik folder dan lokasi yang benar.

Setel Printer Default Anda

Jika Anda telah menggunakan lebih dari satu printer di komputer, Windows 11 terkadang menetapkan satu sebagai printer default. Pilihan Anda saat ini mungkin bukan pilihan utama, jadi sistem tidak mempertimbangkannya. Anda dapat memilih perangkat pencetakan default baru dan membuat Windows memilihnya terlebih dahulu untuk memperbaikinya.
Buka Start Menu. Arahkan ke “Control Panel.” Cari “Devices And Printers.” Cari printer PDF Anda saat ini dan klik kanan. .Pilih “Set As Default.”
Terkadang, melakukan ini membantu. Jika tidak, ikuti petunjuk berikut:
Klik kanan pada printer default Anda lagi.Pilih “Properties” kali ini.Buka “Ports.”Cari jenis port yang cocok dengan koneksi printer Anda.Klik “Configure Port.” Pilih “Terapkan ” dan kemudian “OK.”
Semuanya sekarang akan berfungsi. Beberapa printer terhubung menggunakan kabel Ethernet, jadi Anda harus menemukan koneksi yang tepat di Langkah 4.

Disable Firewalls

Firewalls membantu melindungi komputer kita dari malware dan ancaman berbahaya lainnya, namun terkadang mencegah kita memainkan game tertentu atau menggunakan perangkat. Jika firewall Anda memblokir printer, pertimbangkan untuk mematikannya.
Buka menu “Pengaturan”. Buka “Privasi & Keamanan.” Buka “Keamanan Windows.” Pilih “Firewall & Perlindungan Jaringan.” Nonaktifkan firewall Anda. Kembali dan matikan firewall untuk jaringan pribadi dan publik.
Jika firewall adalah penyebabnya, printer Anda sekarang seharusnya berfungsi.

Pemulihan Sistem

Jika tidak ada opsi di atas yang membantu, Anda dapat mencoba Pemulihan Sistem Windows. Ini adalah cara untuk mengembalikan Windows ke tahap ketika Anda tahu printer Anda berfungsi.
Arahkan ke Panel Kontrol. Cari “Pemulihan” di kotak pencarian. Klik “Buka Pemulihan Sistem.” Lanjutkan di kotak dialog dengan mengklik ” Selanjutnya.”Pilih titik pemulihan.Klik “Berikutnya” dan kemudian “Selesai.” Konfirmasikan pilihan Anda dengan memilih “Ya.”
Windows 11 belum menjadi sistem operasi yang paling stabil, karena banyak pengguna masih melaporkan kesalahan yang membingungkan dan masalah lainnya . Jika tidak satu pun dari opsi ini berfungsi, itu mungkin masalah printer. Mungkin sudah waktunya untuk menggantinya dengan yang baru.

Kembali ke Normal

Dengan printer Anda kembali normal, Anda sekarang dapat mencetak lembaran musik, skrip, atau apa pun yang Anda inginkan. Solusi ini tidak hanya untuk Windows 11 karena telah diketahui berfungsi untuk versi Windows yang lebih lama selama bertahun-tahun. Anda akan menemukan mereka efektif untuk sebagian besar.

Solusi apa yang membantu komputer Anda mendeteksi printer Anda? Apakah Anda tahu cara lain untuk mengatasi masalah ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.