Chrome Akan Memaksa Perubahan pada Ekstensi Mulai Januari 2023

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google Chrome 88 memperkenalkan Manifest V3 API untuk ekstensi, yang tidak hanya secara signifikan mengubah cara kerja beberapa ekstensi, tetapi juga akan segera menjadi wajib. Google kini telah membagikan garis waktu yang diperbarui untuk switch.

Manifest V3 adalah platform perangkat lunak baru untuk ekstensi Chrome, yang dimaksudkan untuk membuat ekstensi lebih cepat dan lebih aman. Perubahan tersebut menjadi kontroversial karena Google menghapus webRequest API, yang digunakan oleh ekstensi pemblokir konten untuk menyaring lalu lintas jaringan. API diganti dengan declarativeNetRequests, yang memiliki batas atas jumlah aturan (sekitar 30.000 saat ini). Banyak pemblokir konten memiliki ratusan ribu aturan, itulah sebabnya ekstensi uBlock Origin yang populer saat ini sedang dikerjakan ulang untuk memenuhi persyaratan Google, sedangkan versi AdGuard yang kompatibel dengan V3 tidak mendukung aturan pemfilteran yang sama seperti sebelumnya. Pembatasan baru pada tugas latar belakang juga akan membuat beberapa ekstensi kurang berguna, atau merusaknya sama sekali.

Google sudah berhenti menerima ekstensi Manifest V2 baru pada Januari 2022, dan sekarang perusahaan telah membagikan garis waktu yang lebih spesifik pada transisi ke V3. Mulai Januari 2023, dengan dirilisnya Chrome 112, Google akan mulai menguji eksperimen yang menonaktifkan semua ekstensi Manifest V2 di saluran Canary, Dev, dan Beta. Nanti pada Juni 2023, Toko Web Chrome akan membatalkan publikasi semua ekstensi V2, dan Chrome akan mulai bereksperimen dengan mematikan ekstensi V2 di saluran stabil. Terakhir, pada Januari 2024, semua ekstensi Manifest V2 akan sepenuhnya dihapus dari Toko Web Chrome.

Google masih berupaya menyempurnakan Manifest V3 untuk mengatasi keluhan pengembang, termasuk dukungan untuk ekstensi skrip pengguna (seperti Tampermonkey), meningkatkan penyimpanan, dan memulihkan kemampuan ekstensi untuk membuat halaman latar belakang untuk beberapa tugas. Namun, beberapa peningkatan tidak akan siap hingga mendekati tanggal penonaktifan untuk Manifest V2, yang tidak memberikan banyak waktu bagi pengembang untuk menguji dan merilis pembaruan.

Browser lain yang mendukung ekstensi Chrome juga bekerja pada dukungan Manifest V3, tetapi beberapa di antaranya tidak lagi menggunakan webRequest API. Safari 15.4 menambahkan Manifest V3, dan Firefox sedang mengerjakannya.

Sumber: Chrome Blog

Itulah berita seputar Chrome Akan Memaksa Perubahan pada Ekstensi Mulai Januari 2023, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.