Chromecast vs. Firestick—Mana yang Harus Anda Beli?

Device Links
ChromecastFire TVPerangkat Hilang?
Perangkat seperti Google Chromecast dan Amazon Firestick sepenuhnya mengubah cara semua orang melihat dan menggunakan TV mereka. Jika Anda ingin mendapatkan salah satu perangkat streaming ini untuk menonton film dan mengubah TV Anda menjadi TV pintar, artikel ini akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui untuk membuat pilihan yang tepat.

Perincian

Mari kita lihat lebih dekat apa itu Chromecast dan Fire TV Stick yang ditawarkan, menunjukkan pro dan kontra dari kedua seri perangkat. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Baik Chromecast dan Firestick bagus untuk streaming TV, tetapi ada beberapa perbedaan yang harus Anda ketahui sebelum menentukan pilihan. Pada akhirnya, kami lebih memilih Firestick untuk streaming sehari-hari, dan Chromecast jika Anda perlu mencerminkan sesuatu dari PC atau Ponsel Anda.
Google Chromecast

Chromecast adalah perangkat kecil yang terhubung ke TV Anda dengan kabel HDMI. Anda harus mencolokkannya ke port USB TV Anda karena memerlukan daya, meskipun Anda dapat menggunakan adaptor daya yang disertakan untuk kinerja maksimum. Ide awal di balik Chromecast adalah untuk memungkinkan Anda mengubah perangkat TV apa pun menjadi TV pintar dan menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai pengontrol. Anda juga dapat mentransmisikan aplikasi dan streaming situs web seperti YouTube, Hulu, Netflix, dan lainnya dari ponsel Anda ke TV.

Google Chromecast Pros

Google mengembangkan Chromecast, dan karena itu, kinerjanya sangat baik, dan mudah digunakan. Anda dapat menyembunyikannya di balik TV Anda, dan Anda tidak memerlukan remote untuk mengontrolnya (tetapi Anda membutuhkan smartphone). Chromecast juga dapat bekerja sinkron dengan perangkat Google Home, yang berarti Anda dapat menggunakan kontrol suara untuk memberi tahu apa yang harus dilakukan.
1. Setup
Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkan aplikasi Google Home. Yang harus Anda lakukan adalah mencolokkan perangkat ke TV Anda, mengunduh aplikasi Google Home, memverifikasi proses dengan kode yang akan Anda terima, dan Anda siap untuk pergi.
2. Gunakan Ponsel Cerdas Anda sebagai Pengontrol
Anda dapat mentransmisikan video atau situs web apa pun dari ponsel cerdas Anda ke TV dengan mengetuk ikon transmisi. Fitur ini sempurna untuk menonton Netflix, membaca artikel, dan bermain game. Anda bahkan dapat menggunakan Chromecast untuk bekerja. Kemungkinannya hampir tak terbatas.
3. Kontrol Suara Karena Chromecast kompatibel dengan Google Home, Anda dapat memasangkan keduanya dan mendapatkan fitur yang lebih berharga. Pertama, jika Anda memiliki TV HDMI CEC, Anda dapat mengontrolnya melalui Google Home. Anda dapat menyalakan dan mematikan TV, dan Anda dapat mengubah volume menggunakan suara Anda. Anda juga dapat memberi tahu Google Home untuk memutar acara TV favorit Anda, dan TV akan otomatis menyala dan memutarnya untuk Anda.

Kekurangan Google Chromecast

Jika Anda sudah menggunakan Google Home untuk mengontrol berbagai perangkat, Chromecast adalah pilihan terbaik untuk Anda. Namun, ada beberapa kelemahan untuk memahami.
1. Stream Sources
Chromecast adalah perangkat yang sangat baik, tetapi bergantung pada perangkat lain untuk mencerminkan aplikasi dan layanan. Chromecast tidak memiliki aplikasi bawaan untuk layanan seperti Netflix, Hulu, Paramount+, dll. Anda menggunakan ponsel cerdas untuk melakukan streaming di Chromecast, yang sering kali membatasi penggunaan ponsel lainnya saat Anda menonton acara TV atau film favorit.
2. Size
Chromecast kecil dibandingkan dengan perangkat elektronik lainnya, tetapi terkadang tidak cukup kecil untuk muat di belakang perangkat TV apa pun. Jika Anda tidak memiliki cukup ruang di belakang TV atau di sekitar port HDMI, Anda mungkin mengalami masalah saat menyambungkannya. Port USB gratis di TV Anda, ini juga diperlukan untuk menyalakan Chromecast, kecuali Anda menggunakan kabel USB panjang dengan adaptor daya yang disediakan.
3. Tidak Ada Remote
OpsionalJika Anda ingin menggunakan Chromecast sebagai sumber TV utama, Anda harus menggunakan ponsel cerdas untuk mengontrolnya, yang menurut sebagian pengguna mengganggu. Sebagai perbandingan, Firestick dilengkapi dengan remote, jadi Anda tidak perlu ponsel untuk berpindah saluran.
Tentang Chromecast dengan Google TV

Selain model Chromecast standar, Anda juga memiliki Chromecast dengan Google TV sebagai pilihan perangkat yang menambahkan fungsi Google TV ke Chromecast.

Sejauh ini, perangkat Chromecast dengan Google TV lebih baik dibandingkan dengan jajaran Fire TV Stick/Cube daripada Chromecast, terutama karena fitur aplikasi pada perangkat dan berjalan di Google TV OS, bukan variasi Android.

Chromecast dengan Google TV Pros
1. Sumber Aplikasi Streaming Berlimpah Karena Chromecast dengan Google TV menampilkan aplikasi Google/Play Store, Anda mendapatkan sebagian besar aplikasi streaming langsung di perangkat daripada menggunakan ponsel cerdas Anda untuk mencerminkan atau mentransmisikannya. Manfaat ini berarti Anda dapat dengan bebas menggunakan ponsel sambil menikmati serial TV terbaru atau film aksi favorit.
2. Pembaruan Sering
Chromecast dengan Google TV berjalan di Sistem Operasi Google TV. Oleh karena itu, Anda mendapatkan banyak pembaruan rutin dan perbaikan keamanan untuk perangkat. Jika ada aplikasi atau game streaming baru yang dikembangkan, perangkat ini memang akan memilikinya.

Pembaruan: Mulai 18 Februari 2021, aplikasi Apple TV+ yang sangat diminati telah tersedia di Chromecast dengan perangkat Google TV, cocok dengan Fire TV Stick dan Fire Cube ketersediaan perangkat.
3. Fungsi Jarak Jauh Seperti model Amazon Fire TV Stick dan perangkat Fire TV Cube, Chromecast dengan Google TV menyertakan remote untuk menavigasi sistem, yang tidak dimiliki perangkat Chromecast biasa. Ukuran remote yang kecil dan ringkas ini penuh dengan fungsionalitas, termasuk kontrol suara Google, tombol daya/volume HDMI CEC dan tombol input untuk TV Anda, tombol akses cepat Netflix dan YouTube, dan banyak lagi. Ya, remote ini memiliki tombol input TV!

Chromecast dengan Google TV Cons
1. Penyiapan
Meskipun fungsionalitas dan fitur Chromecast dengan Google TV sangat mengesankan, penyiapannya sedikit lebih rumit daripada perangkat Firestick dan Fire TV Cube. Sebagian besar proses penyiapan memerlukan ponsel cerdas Anda, dan menghubungkan Wi-Fi dan perangkat bisa jadi rumit.
2. Kurangnya Apple TV+ Casting dari iPhone
Meskipun Chromecast dengan Google TV menampilkan aplikasi streaming paling populer dan mendapatkan yang baru lebih cepat dibandingkan dengan pesaing, itu tidak memungkinkan casting Apple TV+ atau Apple Music atau Apple TV membeli konten dari iPhone. Namun, itu memungkinkan Anda melakukan streaming dari aplikasi Apple TV+ di perangkat.
Amazon Fire TV Stick

Amazon Firestick sangat mirip dengan Chromecast, karena juga dicolokkan ke port HDMI TV Anda dan mengubah perangkat TV Anda menjadi perangkat pintar. Anda juga dapat menggunakan suara Anda untuk mengontrolnya, tetapi dilengkapi dengan remote ekstra. Alih-alih Google Home, Anda akan memerlukan kontrol suara Alexa untuk dapat beralih saluran.

Fire TV Stick Pros

Firestick adalah satu-satunya pesaing nyata Chromecast, karena ia menawarkan fitur serupa yang dirancang untuk rumah pintar. Mudah disiapkan, dan Anda dapat menggunakan kontrol suara untuk mengoperasikan perangkat TV dan kamera keamanan.
1. Setup
Anda dapat mengatur Firestick dalam hitungan menit. Cukup tancapkan ke perangkat HDMI TV Anda, masukkan beberapa baterai ke remote Alexa, sambungkan ke Wi-Fi Anda, dan selesaikan penyiapan di layar TV Anda.
2. Remote control Alexa Remote
Firestick mengubah cara kita melihat fungsionalitas jarak jauh. Ini hanya memiliki beberapa tombol yang dapat Anda gunakan untuk perintah dasar, serta asisten suara bawaan yang memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal dengan menggunakan suara Anda. Ini ideal untuk orang tua, karena mudah digunakan.
3. Transmisikan dari Ponsel Anda Sama seperti Chromecast, Firestick juga dilengkapi dengan fitur seperti fitur transmisi – ini memungkinkan Anda untuk mencerminkan layar ponsel ke TV. Ini tidak sebagus fitur pemeran Google Chromecast, tetapi menyelesaikan pekerjaannya.

Fire TV Stick Cons

Firestick adalah perangkat yang berguna, tetapi kelemahannya ada di software.
1. Secara Asli Hanya Bekerja dengan Amazon App Store
Karena Firestick adalah pesaing langsung Chromecast Google, Anda hanya dapat menggunakannya untuk aplikasi Amazon kecuali Anda cukup paham teknologi untuk mengatasi batasan. Itu berarti tidak ada Play Store, tidak ada fitur Android tambahan, dan UI yang kikuk. Perangkat lunak ini terkadang lambat dan membingungkan.

Sebagai penutup, baik Chromecast/Chromecast dengan Google TV dan Amazon Fire Stick/Fire Cube dengan mudah mengintegrasikan TV Anda dengan perangkat Android atau iPhone dan menawarkan fungsionalitas ke banyak produk rumah pintar lainnya. Mereka memiliki fitur dan fungsi yang serupa, tetapi Chromecast menyediakan lebih banyak aplikasi dan layanan karena ini adalah OS populer yang ditargetkan oleh banyak pengembang. Firestick, sebagai perbandingan, terbatas pada ekosistem Amazon, jadi Anda tidak akan dapat menggunakan beberapa fitur yang disertakan dengan Google. Di sisi lain, banyak yang menganggap Firestick lebih nyaman digunakan.