Editor Teks Atom Akan Resmi Mati Akhir Tahun Ini

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

GitHub/Atom

Atom adalah editor teks yang telah ada sejak 2011, dan untuk sementara waktu, itu adalah salah satu editor paling populer untuk programmer dan siapa pun yang membutuhkan pengeditan teks biasa yang kuat. Sayangnya, secara resmi akan dihentikan akhir tahun ini.

RELATEDMengapa Anda Membutuhkan Editor Teks Biasa

GitHub, perusahaan (sekarang dimiliki oleh Microsoft) di belakang Atom, mengumumkan “terbenamnya” Atom hari ini. “Atom tidak memiliki pengembangan fitur yang signifikan selama beberapa tahun terakhir,” kata perusahaan itu, “meskipun kami telah melakukan pembaruan pemeliharaan dan keamanan selama periode ini untuk memastikan kami menjadi pengelola proyek dan produk yang baik. Karena alat berbasis cloud baru telah muncul dan berevolusi selama bertahun-tahun, keterlibatan komunitas Atom telah menurun secara signifikan.”

GitHub/Atom

Atom adalah editor teks lintas platform, yang dirancang agar cukup fleksibel untuk digunakan untuk segala hal mulai dari teks sederhana hingga seluruh pengembangan perangkat lunak proyek. Survei tahunan Stack Overflow melaporkan pada tahun 2016 bahwa Atom digunakan oleh 12,5% pengembang perangkat lunak, berdasarkan tanggapan dari lebih dari 46.000 orang. Tahun berikutnya, Atom digunakan oleh 20% pengembang web, 20,7% administrator sistem, dan 15,9% ilmuwan data. Saat itulah Visual Studio Code mulai populer, yang kurang lebih merupakan penerus resmi Atom — dikembangkan oleh Microsoft, pemilik GitHub, dan memiliki banyak fitur GitHub terintegrasi.

RELATEDMengapa Teks Sublime Bagus Untuk Penulis, Bukan Hanya Programmers

Atom juga mendapatkan tempat dalam sejarah komputasi sebagai aplikasi besar pertama yang menggunakan kerangka kerja Electron, yang sekarang menjadi salah satu cara paling populer untuk mengembangkan aplikasi desktop lintas platform. Slack, Discord, Skype, Facebook Messenger, dan banyak aplikasi desktop lainnya yang dibuat dengan Electron.

Atom akan dihentikan pada 15 Desember 2022. Kemungkinan akan tetap tersedia untuk diunduh setelah itu, tetapi tidak ada versi baru yang akan dirilis. Namun, Atom adalah perangkat lunak sumber terbuka, jadi ada kemungkinan seseorang akan mengambil proyek dan melanjutkan pengembangan. Sublime Text mungkin bisa menjadi pengganti bagi sebagian orang, serta Visual Studio Code atau Notepad++.

Sumber: GitHub

Itulah berita seputar Editor Teks Atom Akan Resmi Mati Akhir Tahun Ini, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.