Eksperimen Terbaru Chrome Membuat Aplikasi Web Terlihat Lebih Baik

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google telah mengerjakan lusinan fitur baru untuk aplikasi web di Chrome selama beberapa tahun terakhir, memungkinkan perangkat lunak seperti Photoshop untuk berjalan di browser. Ada peningkatan lain yang saat ini sedang dikerjakan: jendela tanpa batas untuk aplikasi web.

Tim Google Chrome hari ini mengumumkan “niat untuk membuat prototipe” untuk “mode tanpa batas untuk aplikasi web desktop yang terpasang”, yang akan memungkinkan aplikasi web yang dipasang ke komputer untuk sepenuhnya mengontrol ( dan ubah tampilan) bilah judul. Saat ini, sebagian besar aplikasi web menggunakan bilah judul sistem default saat dipasang, yang juga memiliki tombol untuk membuka menu Chrome. Aplikasi web memiliki opsi untuk menutupi beberapa area bilah judul sekarang, tetapi tidak seluruh area.

Contoh ‘Hamparan Kontrol Jendela’ Google

Fitur baru akan memungkinkan aplikasi web membuat tombol tutup, perkecil, dan maksimalkan sendiri, dan tambahkan kontrol apa pun ke area bilah judul. Sebagian besar aplikasi web tidak memerlukan fungsi ini, tetapi beberapa mungkin menggunakannya untuk menyesuaikan lebih banyak konten di area bilah judul, seperti aplikasi desktop asli. Misalnya, aplikasi seperti Slack, Discord, dan Microsoft Excel menggunakan bilah judul lengkap untuk tombol dan kontrol tambahan.

Jika fitur ini diluncurkan dalam pembaruan Chrome, ini dapat menyebabkan aplikasi web terlihat dan terasa lebih mirip dengan aplikasi asli. Banyak game juga menggunakan jendela tanpa bingkai sebagai alternatif untuk mode layar penuh.

Microsoft Excel di Mac, contoh aplikasi desktop dengan bar

judul yang disesuaikanRencana saat ini adalah untuk jendela tanpa bingkai di aplikasi web memerlukan pemberian izin, karena akan menyembunyikan info keamanan dan panel ekstensi yang ditambahkan Chrome ke semua jendela. Ini juga tidak akan berfungsi kecuali Anda menginstal aplikasi web terlebih dahulu, jadi kedua perlindungan tersebut harus mencegah aplikasi web berbahaya menggunakan fitur tersebut (misalnya menyamarkan jendela sebagai prompt keamanan atau layanan sistem lainnya).

Belum jelas apakah browser web lain akan mengimplementasikan fitur tersebut, dengan asumsi pengujian terbatas di Chrome tidak mengalami masalah.

Sumber: Google Groups

Itulah berita seputar Eksperimen Terbaru Chrome Membuat Aplikasi Web Terlihat Lebih Baik, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.